Menu

17 Mar 2019, 13:19 WIB

UNsP Sukabumi, Sasar Kalangan Milenia Lestarikan Budaya Tarian Tradisional

Salah satu peserta lomba tari kategori tradisional yang digelar di area Kampus Universitas Nusa Putra, Cibolang Keler, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (16/3/2019) kemarin. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Semangat melestarikan budaya ini ditonjolkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkungan Seni Tari (LST) Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi melalui kegiatan lomba tari tradisional Jawa Barat.

BACA JUGA: Aksi Donor Darah Mahasiswa Teknik Informatika UNsP Sukabumi

Ketua pelaksana lomba, seorang mahasiswi jurusan Teknik Sipil, semester 6, Asti Mirdisnti menuturkan melalui kegiatan ini, diharapakan dapat menghasilkan bibit unggul dari segi kesenian tarinya, terutama kalangan milenial muda, baik yang masih SMP, SMA dan Umum yang masih semangat mempelajari dan menari tarian tradisional.

"Kita ingin memunculkan rasa kecintaan kepada kebudayaan Indonesia, khususnya budaya Jawa Barat melalui kesenian tari ini," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/3/2019).

Asti menilai acara tersebut sukses dan mengundang perhatian publik dari berbagai elemen masyarakat, terutama sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dan, Universitas Nusa Putra dapat membuktikan bahwa kampus mereka bisa menjadi wadah bagi para penari-penari berbakat peserta lomba tari tersebut.

"Yang mengikuti lomba kali ini sekitar 40 orang, belum lagi ada yang mengajak sanak keluarga dan sahabatnya. Selamat untuk para pemenang lomba juga, terimakasih kepada para peserta atas partisipasinya, berkat semuanya acaranya Alhamdulillah lancar, ramai dan sukses," tandasnya.

BACA JUGA: 15 Mahasiswa NPU Sukabumi Ikuti Diklatsar Resimen Mahasiswa di Bandung

Pihak Universitas Nusa Putra pun memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba juara 1-3 yakni berupa hadiah uang pembinaan, piala, sertifikat, dan untuk kategori tingkat SMA dan Umum, mendapatkan beasiswa voucher kuliah di Universitas Nusa Putra.

Berikut daftar pemenang lomba tari yang diadakan UKM LST Universitas Nusa Putra tahun 2019 kategori Tarian Tradisional :

Juara Tunggal Tradisional tingkat SMP 

1. SMPN 5 Kota Sukabumi

2. SMPN 2 Kota Sukabumi

3. SMPN 3 Kota Sukabumi

Juara Grup Tradisionl tingkat SMP

1. SMPN 1 Cikembar Kabupaten Sukabumi

2. SMPN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi

3. SMPN 1 Kota Sukabumi

Juara Tunggal Tradisional tingkat SMA

1. SMAN 1 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi

2. SMAN 1 Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi

3. SMK Mutiara Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Juara Tunggal Tradisional kategori Umum

1. Nisfianti

2. Rani

3. Haerul

Juara Grup Tradisional kategori Umum

1. Mask Art Company

2. STISIP Widyaputri 

3. SMAWAR

Juara Best Makeup Tradisional

SMAN 1 Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi

Juara Best Costume Tradisional

SMA Mutiara Terpadu Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Juara Terfavorit

1. SMPN 1 Kota Sukabumi

2. SMPN 5 Kota Sukabumi

 

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghukum inkumben yang menggunakan program penanganan pandemi Covid-19 untuk pencitraan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menu makanan dan minuman di Grand Inna Samudra Beach Hotel (GISBH) Palabuhanratu selalu ada yang baru. Untuk minuman, Samudra Lounge & Karaoke Terrace menyajikan Es Kopi Gula aren.  Es...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Bojongjengkol menanggapi permasalahan Rumah Tidak Layak Huni atau Rutilahu dan dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) milik janda di Kampung Segel RT...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, melaporkan penambahan kasus Covid-19 atau pasien terkonfirmasi positif Corona sebanyak 1.671 orang pada hari ini, 11 Juli 2020. "Sehingga total...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya