Light Dark

Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi Bantu Renovasi MCK Warga

News | 21 Feb 2019, 02:58 WIB
Fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) milik warga Kampung Tegal Nyamplung, RT 41 RW 10, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi yang direnovasi oleh mahasiswa teknik sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi (Nusa Putra University/NPU) bantu merenovasi fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) milik warga Kampung Tegal Nyamplung, RT 41/10, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Rencana Tingkat Lanjut (RTL) Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi.

BACA JUGA: 54 Mahasiswa jadi Anggota Baru UKM Universitas Nusa Putra Sukabumi

"Ini merupakan syarat bagi mahasiswa baru (Maba, red) jurusan Teknik Sipil yang ingin menjadi anggota HIMA. Bentuknya berupa pengabdian kepada masyarakat di bidang pembangunan yang kebetulan berhubungan dengan bidang akademik kita yakni Teknik Sipil,” tutur salah seorang pengurus HIMA Teknik Sipil UNP, Rahayu Mathar (angkatan 2016) kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/2/2019).

Adapun kegiatan ini berlangsung sejak 19 hingga 24 Februari 2019. Konsep kegiatan tersebut sepenuhnya dirancang dan diinisiasi oleh para maba Teknik Sipil angkatan 2018 yang baru.

“Waktu itu ada salah satu teman kita mengusulkan bahwa di desanya terdapat fasilitas MCK yang nampak memprihatinkan kondisinya dan tidak layak. MCK bagi warga di sana sudah menjadi kebutuhan pokok,” terang salah seorang anggota RTL HIMA Teknik Sipil UNP, Duta  Witana Darma Putra.

Ia menambahkan, sebanyak 26 mahasiswa yang terlibat terjun langsung ke lokasi dan melakukan koordinasi dengan pihak RT, RW dan warga setempat. Progres renovasi berjalan lancar dan baik meskipun terkadang terkendala masalah cuaca pada musim penghujan ini.

Lokasi MCK yang dibangun oleh himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi ini, berada di sekitaran empang dekat pekarangan warga yang kondisinya memang sangat membutuhkan renovasi secepatnya. "Respon warga juga sangat mendukung. Kita di sana saling gotong royong juga, alat dari kita sudah disiapkan," pungkasnya.

Image

Redaktur

Image

MUHAMMAD GUMILANG/ADV

Reporter

Image

Reporter