Menu

Jumat, 08 Pebruari 2019, 13:21 WIB

Warga Ciracap Sukabumi Keluhkan, Pipanisasi Belum Difungsikan

Bangunan pipanisasi mata air Batukarut di Kampung Ciputat, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Ciputat RT 04 /13 Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, mempertanyakan program pipanisasi air bersih di daerah ini yang belum juga difungsikan. Padahal fasilitas tersebut sudah rampung dibangun empat bulan yang lalu.

"Bangunan itu selesai empat bulan lalu, namun sampai saat ini belum pernah dicoba, apakah berfungsi atau tidak karena belum dicoba," kata Ketua RT 04, Sulaemi (52 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (8/2/2019).

BACA JUGA: Dua Desa di kecamatan Simpenan dapat Bantuan Pipanisasi dari BPBD Kabupaten Sukabumi

Dia menjelaskan bahwa pembangunan tersebut merupakan Program Pembangunan Partisipasi Kecamatan (P3K) 2018. Fasilitas pipanisasi yang sudah dibangun berupa bak penampungan, namun pompa dan listrik belum dipasang, sehingga belum berfungsi.

"Sumber airnya berasal dari mata air Batukarut di alirkan ke penampunan itu," katanya.

Sulaemi mengungkapkan, tidak tahu secara rinci soal anggaran untuk pembangunan pipanisasi tersebut. "Untuk anggaran kami tidak tahu, sebatas ikut kerja saja dan katanya itu program dari kecamatan," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat, Dadan menambahkan jika bangunan pipanisasi tersebut tidak difungsikan dapat menghambat aktifitas warga. Apalagi selama ini memanfaatkan sumber mata air Batu Karut.

"Kami berharap dengan adanya pipanisasi tersebut air bisa mengalir ke perkampungan, karena selama ini masyarakat memanfaatkan sumber air tersebut, baik untuk mandi mencuci, dan minum," singkatnya.

Sementara itu, Camat Ciracap Asep Mulyani mengungkapkan, pipanisasi tersebut memang merupakan Program Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) tahun anggaran 2018. Asep menyebutkan, penyebab fasilitas tersebut belum difungsikan karena mesin pompa air yang sebelumnya terpasang terlalu kecil sehingga tidak dapat menyedot air secara maksimal. Maka dari itu perlu mesin pompa yang lebih besar. 

"Kami ganti dengan mesin sedot yang besar biar mampu menyalurkan air ke tempat penampungan. Akhir bulan Maret dipastikan sudah bisa difungsikan," singkatnya.

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Camat Ciracap, Asep Mulyani, menanggapi kondisi pipanisasi yang belum difungsikan di Kampung Ciputat, RT 3 RW 14, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Ia mengaku akan bertanggung...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Perumahan Mayanti Residence, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, kecewa dengan pihak pengembang karena tidak memenuhi Fasilitas Umum (Fasum ) dan Fasilitas Sosial (Fasos). "Fasum dan fasos tersebut belum...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Kaumkaler RT 01/ 01, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, membagikan makanan gratis ke setiap orang yang melintas dan pulang beribadah salat Jumat. Ragam makanan disediakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dianulirnya Ai Susi Yusrianti dari hasil pemilihan anggota BPD Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, terjadi karena persoalan administrasi kependudukan. Dalam pemilihan BPD yang digelar Minggu (20/1/2019) itu,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya