Menu

29 Jan 2019, 16:29 WIB

Minimalisir Pertamini Tak Resmi di Kabupaten Sukabumi, Kemendes Luncurkan Mesin Pertashop

Mesin Pershop di salah satu desa Kabuapaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Perdesaan (Kemendes) melalui bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), meluncurkan program Pertashop di sejumlah desa. Hal itu untuk meminimalisir penyebaran keberadaan Pertamini yang tidak resmi di Kabupaten Sukabumi.

"Saat ini ada delapan unit mesin Pertashop yang tersebar di beberapa desa dan sudah beroperasi," ujar Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Metrologi, Kabupaten Sukabumi, Doni Achmad kepada sukabumiupdate.com, Selasa (29/1/2019).

Delapan desa tersebut, kata Doni diantaranya Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Desa sukalarang Kecamatan Sukalarang, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung.

"Selain itu di Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Desa Cikiray, Kecamatan Cikidang, dan Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu," katantya.

Mesin Pertashop yang kini terebar di delapan desa tersebut, tambah Doni sudah mendapatkan ijin dari kementrian dan lulus tes uji standar Pertamina. Mesin Pertashop ini diisi dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Dengan kapasitas 1000 liter dan dikelolanya oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). 

BACA JUGA: Ingatkan Desa Soal Pemeriksaan BPK, Wabup Sukabumi Luncurkan Sipades

"Semuanya sudah lulus ijin dan tes, seperti ijin tipe infor, kelayakan, kelengkapan mesin dan kinerjanya juga stabil, mesin Pertahop ini dipasang pada 2018. Setelah melalui beberapa proses, baru awal Januari 2019 ini mulai beroperasi," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah perahu bagan milik nelayan Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi hancur setelah dihantam ombak, Kamis (16/5/2020) sekitar pukul 15.00 WIB.  Informasi yang dihimpun perahu bagan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tawuran remaja terjadi di Kabupaten Bogor. Akibatnya seorang pelajar SMP berinisial SS (15) asal Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat tewas. Dilansir suara.com, delapan pelaku diamankan Polsek Cileungsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi terus melakukan pelacakan atau tracing kasus Covid-19 meskipun telah memasuki level kewaspadaan zona hijau.  Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pihaknya terus melakukan tes swab...

SUKABUMIUPDATE.com - "Nama saya Almira dari gugus sembilan. Taraktakdung 2020, taraktakdung, taraktakdung, taraktak-tak-takdung. Pararunten akang teteh," ucap Almira dalam video. Bukan tanpa alasan Almira membuat video Tiktok tersebut. Video tersebut...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya