Menu

05 Mei 2018, 16:41 WIB

Sambut Ramadan, ZIS Desa Nanggerang Sukabumi Luncurkan ATM Beras 

Kades Nanggerang, Ade Daryadi menyerahkan bantuan kepada Janda jompo. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Menyambut datangnya bulan cuci ramadan, pengurus Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIS) Desa Nanggerang Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggelar santunan kepada 199 Janda jompo sekaligus launching ATM Beras  bagi warga kurang mampu di Ponpes Global Insan Mandiri (GIM) Kampung Karangsirna, Nanggerang, Sabtu (05/05/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi, para alim ulama dan tokoh masyarakat lainnya.

"Santunan Janda jompo ini merupakan  kegiatan rutin yang biasa digelar setiap tahun melalui program ZIS.  Di tahun kelima, kegiatan santunan hari ini sekaligus launching ATM Beras," ungkap Kepala Desa Nanggerang yang sekaligus Ketua ZIS Kabupaten Sukabumi, Ade Daryadi, kepada sukabumiupdate.com,  Sabtu (05/05/2018).

BACA JUGA:  Klinik ZIS Desa Nanggerang Sukabumi Bakal Jajaki Kerjama dengan RS BMC

Menurutnya, program ATM Beras ini merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat yang diberikan kepada empat kabupaten diantaranya Sukabumi, Subang, Indramayu dan Majalengka.

"Desa Nanggerang salah satunya yang dipilih oleh pemerintah untuk mengelola program ATM Beras itu yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik itu PKH, Rastra dan lainnya," terang Ade.

BACA JUGA: Mantap! Pengelolaan ZIS Desa Nanggerang Sukabumi Jadi Rujukan di Jawa Barat

Ade menambahkan, kendati program ATM Beras ini hanya untuk sebanyak 50 kepala keluarga  (KK) namun pihaknya akan mengkolaborasikan program tersebut dengan ZIS agar mampu memberikan kartu ATM beras itu kepada ratusan KK.

"Insya Allah ATM beras ini cukup untuk 200 sampai 300 KK bahkan bisa lebih, tergantung nanti dari para agniya atau donatur karena memang selama ini juga desa kami mampu menggratiskan raskin dengan menggunakan uang ZIS," paparnya.

Lebih lanjut Ade menjelaskan, kegiatan ZIS hari ini selain memberikan santunan kepada sekitar 199 janda jompo, kegiatan tersebut juga ikut dimeriahkan warga dari setiap ke RT-an dengan membawa dongdang yang berisi sayuran dan buah-buahan hasil tani.

BACA JUGA: Wagub Jabar Apresiasi Program ZIS di Nangerang Cicurug Sukabumi

"Semua warga desa berkumpul ikut memeriahkan kegiatan Gebyar ZIS hari ini. kami (Pemerintah desa) mengucapkan terimakasih kepada semua elemen yang senantiasa hadir khususnya kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi yang telah memberikan bantuan ATM beras," tuturnya.

"Mudah-mudahan program ATM Beras ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta bisa dikelola secara optimal. Kemudian kedepan kami dapat menambah ATM tersebut hingga ke setiap ke RT-an," harapnya.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO/ADV
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Para pemenang Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Sukabumi tahun 2019 hari ini, Jumat (13/12/2019) resmi dilantik. Dari 240 desa yang menggelar Pilkades gelombang III ini, hanya...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019) siang ini. Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi menyerahkan persoalan taksi gelap yang beroperasi di jalur angkutan umum elf di daerah Pajampangan kepada Dishub Kabupaten Sukabumi.  Sebelumnya, sopir elf memergoki taksi gelap atau mobil omprengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak cuma mesra-mesraan saja, pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty juga kerap melakukan hal yang memancing tawa. Salah satunya yang baru-baru ini terjadi di antara keduanya pasca ke...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya