Ketua PBNU Minta Maaf atas Pertemuan 5 warga nu dengan Presiden Israel

Selasa 16 Juli 2024, 19:54 WIB

Beredar foto lima tokoh muda Nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog. Lima tokoh itu adalah Gus Syukron Makmun, Dr. Zainul Maarif, Munawar Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania.
.
Tampak dalam foto itu, Isaac duduk dengan menggunakan stelan jas warna biru gelap. Sementara itu, kelima tokoh nahdliyin terlihat berdiri di belakang Isaac. Mereka ada yang mengenakan batik dan jas.
.
Terkait hal itu, Pengurus Besar Nahlatul Ulama (PBNU) pun buka suara.
.
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf saat memberikan konferensi pers di Kantor PBNU, Jakarta, Selasa (16/7/2024).
.
Dalam konferensi pers ini, Gus Yahya meminta maaf kepada masyarakat menyusul adanya perwakilan dari kalangan NU yang bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog.
.
Gus Yahya mengatakan pihaknya telah mengkonfirmasi hal ini kepada lembaga-lembaga terkait yang berada di bawah PBNU atas peristiwa lima nahdliyin yang bertemu Presiden Israel tersebut.
.
"Bahwa lembaga-lembaga ini yang personilnya ada yang berangkat ke Israel itu sama sekali tidak tahu menahu. Tidak ada mandat kelembagaan, tidak ada pembicaraan kelembagaan," katanya.

Video