8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rabu 03 Mei 2017, 03:49 WIB

SUKABUMIUPDATTE.com - Jahe kerap ditemukan di dapur sebagai bumbu masak. Jahe sangat berguna untuk membuat makanan tidak hambar. Selain untuk melezatkan makanan, jahe juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk flu.

Karena efek terapi dan pencegahan yang kuat, jahe banyak ditemukan pada produk perawatan kulit dan rambut. Bila dioleskan di kulit, jahe bisa membantu mengatasi beberapa masalah kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat jahe.

Anti-penuaan

Jahe mengandung sekitar 40 senyawa antioksidan dan membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah. Jahe membantu melindungi kulit dari radikal bebas sehingga kulit lebih sehat dan warnanya lebih cerah. 

Terapi jerawat

Jahe mengandung antiseptik dan bersifat membersihkan kulit sehingga bisa membantu mencegah munculnya jerawat. Antiseptik dan sifatnya yang membersihkan kulit imembantu membunuh bakteri di permukaan kulit sehingga bebas jerawat.

Kulit lebih segar

Jahe bersifat antinflamasi dan antiseptik sehingga bisa digunakan untuk menyegarkan kulit danmembuatnya lebih bercahaya. Cobalah mengkonsumsi jus jahe secara teratur, maka kulit akan lebih segar dan warnanya lebih terang.

Menghindari hiperpigmentasi

Jika mengalami masalah hiperpigmentasi dengan bintik hitam, gunakan jahe untuk mengatasinya. Jahe dapat membantu merawat kulit yang hiperpigmentasi. Ambil satu ruas jahe dan potong menjadi setengah. Lalu, oleskan jahe di daerah yang hiperpigmentasi dan cuci dengan air dingin.

Mengencangkan kulit

Karena mengandung antioksidan, dan maka jahe bisa membantu mengencangkan kulit. Ambil satu ruas jahe dan parut. Tambahkan beberapa madu dan jus lemon ke parutan jahe kemudian oleskan masker ini ke wajah dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan dua atau tiga kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit yang kencang.

Menumbuhkan rambut

Jahe bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut. Jahe mengandung asam lemak yang bisa membantu mencegah penipisan rambut.

Ambil satu ruas jahe, potong menjadi beberapa bagian dan keringkan di bawah sinar matahari. Giling untuk mendapatkan bubuk, tambahkan yogurt ke bubuk jahe dan oleskan di kulit kepala. Cuci dengan air dingin untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Mengatasi ketombe

Jahe tidak hanya bisa merangsang pertumbuhan rambut tapi juga membantu mengatasi ketombe. Ambil dua sendok yogurt dan tambahkan satu butir telur. Tambahkan tiga sendok bubuk jahe dan satu sendok minyak zaitun.

Campur semua bahan dan oleskan masker ini ke kulit kepala. Tunggu selama 30 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan ketombe.

Mencegah kulit kepala berminyak

Jahe membantu mencegah rambut agar tidak rusak dan juga merawat kulit kepala yang berminyak. Ambil satu jahe dan parut. Tambahkan beberapa jus lemon ke dalamnya dan oleskan campuran ini ke kulit kepala. Tunggu selama 1 jam dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan setiap hari karena dapat membantu mencegah produksi sebum berlebihan pada kulit kepala.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi25 September 2024, 21:52 WIB

Pengerasan Jalan Sektor Perkebunan di Cidolog Sukabumi Disorot Warga, Ini Kata Distan

Pembangunan jalan produksi sektor perkebunan di Kampung Ciwaru, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan dari warga
Proyek pengerasan jalan sektor perkebunan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 September 2024, 21:11 WIB

Rokok Ilegal Bertebaran di Sukabumi, 24.684 Batang Udut Disita

Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi dan Bea Cukai Bogor menggelar razia rokok ilegal atau tanpa cukai ke sejumlah toko dan warung di Kabupaten Sukabumi.
Hasil operasi razia peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Inspirasi25 September 2024, 20:20 WIB

Menengok Pendapatan Warga Bangbayang Sukabumi dari Kuli Sadap Getah Pinus Tegalbuleud

Warga Desa Bangbayang merasa terbantu dengan adanya pekerjaan sampingan sebagai kuli sadap getah pohon pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi.
Kuli sadap getah pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi jadi penghasilan tambahan warga Desa Bangbayang. (Sumber : SU/Ragil)
Food & Travel25 September 2024, 20:00 WIB

Situ Cibeureum Bekasi, Danau Indah Nan Gratis yang Hanya 1 Jam dari Jakarta

Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri.
Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri. (Sumber : Instagram/@arie_46/HARIDARMAWAN.COM).
Sukabumi25 September 2024, 19:35 WIB

Tersambar Petir, Rumah Warga di Parungkuda Sukabumi Terbakar

Sebuah rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Kampung Babakan RT 20/03, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mengalami kebakaran setelah tersambar petir pada Rabu (25/9/2024)
Tersambar petir dan kebakaran menimpa rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Parungkuda Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Entertainment25 September 2024, 19:30 WIB

Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024

Kabar gembira buat BLINK Tanah Air karena Lisa BLACKPINK akan datang ke Indonesia melalui acara ‘LISA Fan Meetup in Asia 2024’ pada Jumat, 15 November 2024
Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024 (Sumber : Instagram/@lalalalisaa_m)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 19:27 WIB

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Ketua Dijabat Budi Azhar Mutawali.
Prosesi penyerahan palu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. (Sumber : Dok. DPRD Kabupaten Sukabumi)
Life25 September 2024, 19:00 WIB

Pentingnya Skill Parenting, Berikut 7 Tantangan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Skill Parenting, Orang tua perlu memahami perasaan dan pikiran anak tanpa menghakimi.
Ilustrasi. Orang tua perlu fleksibel dalam mengubah gaya pengasuhan sesuai dengan kebutuhan anak. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Inspirasi25 September 2024, 18:49 WIB

Mengenal 3 Rektor Universitas Negeri Kelahiran Sukabumi, Ada yang Terpilih di Usia 38 Tahun

Menjadi rektor di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah prestasi yang menjadi kebanggaan. Dan ini adalah tiga sosok rektor yang merupakan kelahiran Sukabumi: Heri Hermansyah, KH. Solahuddin Sanusi, Prof. Deddy Ismatullah
Jabat Rektor di Universitas Negeri, (Prof. Dr. Heri Hermansyah, KH. Dr. Salahuddin Sanusi, Prof. Dr. Deddy Ismatullah | Foto : Colase Sukabumiupdate
Life25 September 2024, 18:49 WIB

3 Tahun Berjuang Melawan Perkawinan Anak di Sukabumi, Siapa GEMA CITA?

Kabupaten Sukabumi menjadi satu dari 3 daerah di Indonesia yang menjadi lokus GEMA CITA.
Generasi muda dalam kampanye Gema Cita (Sumber: dok Plan Indonesia)