Simak 4 Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif

Minggu 12 Mei 2024, 11:11 WIB
Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update

Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Anda yang baru lulus pendidikan atau sedang mencari lowongan pekerjaan, butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan. Maka, mempelajari tips memilih dan mencari lowongan pekerjaan adalah cara tepat bagi Anda agar tidak bingung dan salah.

Perlu diketahui bahwa beberapa perusahaan di Indonesia memang membutuhkan seorang fresh graduate atau lulusan baru, tetapi banyak juga perusahaan yang justru hanya menerima calon pekerja yang berpengalaman. 

Untuk Anda yang baru lulus (fresh graduate), tak ada salahnya juga menyimak lima tips mencari info lowongan kerja berikut agar tidak terus bingung, Berikut ini tips mencari lowongan pekerjaan dihimpun dari berbagai sumber

1. Magang untuk cari pengalaman

Banyak yang bilang lowongan kerja di Indonesia melihat pengalaman kandidatnya. Bagaimana jika belum berpengalaman? Jangan khawatir, melalui program magang atau menjadi relawan, Anda akan dengan cepat belajar mengenai organisasi dan kultur kerja.

Program magang juga banyak macamnya dan sudah pasti menarik. Tidak hanya belajar mengenai satu jenis pekerjaan namun dengan magang juga bisa mengobservasi jenis pekerjaan apa yang diminati.

2. Hadiri job fair

Job fair sering diadakan di kampus-kampus. Melalui job fair Anda akan mengetahui info lowongan kerja. Berbagai perusahaan akan membuka gerai di sana, jadi jangan lupa siapkan CV dan bersiap untuk mengikuti wawancara kerja di lokasi.

Baca Juga: Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Baca Juga: Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

3. Jejaring sosial

Untuk memudahkan mendapat info lowongan kerja, ada baiknya memperluas jaringan. Jaringan yang luas akan mempermudah mendapatkan info lowongan kerja. Selain itu, memperluas jaringan memberikan kesempatan untuk memahami jenis pekerjaan dari sudut pandang orang lain.

Namun jangan salah, memperluas jaringan bukan berarti berhadapan langsung. Kita bisa membangun jaringan dengan media sosial. Selain Instagram, Twitter, dan Facebook, kita juga bisa menggunakan Linkedin untuk berkoneksi dengan pekerja profesional atau sesama kandidat.

4. Cari di internet

Sebenarnya, mencari info lowongan kerja saat ini sangat gampang. Perusahaan lebih banyak mengiklankan lowongan kerjanya di situs pencarian kerja daring. Tinggal ketik nama pekerjaan yang dicari dan pasti banyak lowongan kerja yang muncul.

Namun, perhatikan juga profil perusahaan sebelum melamar kerja dan jangan lupa menggunakan situs pencarian kerja yang terpercaya.

Salah satu situs web lowongan kerja yang direkomendasikan adalah EPRIndonesia. Dalam situs tersebut tersedia daftar lowongan kerja dari berbagai perusahaan. Anda dapat mencari lowongan berdasarkan kata kunci, lokasi, jenis pekerjaan, dan gaji.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).