Diarpus Ajak Forum TBM Bersinergi & Kolaborasi Dalam Tingkatkan Minat Baca di Sukabumi

Minggu 27 Oktober 2024, 16:49 WIB
Suasana Musda II Forum TBM Kabupaten Sukabumi yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana. (Sumber : Istimewa)

Suasana Musda II Forum TBM Kabupaten Sukabumi yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi menghadiri kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) II tahun 2024 Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 26 Oktober 2024.

Kegiatan yang dilakukan secara Hybrid yaitu luring dan daring ini diikuti oleh seluruh anggota Forum TBM Kabupaten Sukabumi dan dihadiri secara daring oleh perwakilan dari Pengurus Wilayah Forum TBM Provinsi Jawa Barat.

Saat membuka acara tersebut, Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana mengatakan, peranan Forum TBM Kabupaten Sukabumi sangat penting dalam meningkatkan literasi atau minat baca di Kabupaten Sukabumi.

"Untuk itu perlu adanya kolaborasi dan sinergitas kedepannya antara Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi dengan Forum TBM Kabupaten Sukabumi," kata Yana dalam sambutannya.

Yana menyebut keterbukaan Diarpus Kabupaten Sukabumi terhadap siapapun itu termasuk Forum TBM Kabupaten Sukabumi untuk menjalin kerja sama terkait program kerja yang akan dilaksanakan kedepannya.

"Harapannya dengan wadah organisasi Forum TBM Kabupaten Sukabumi ini mampu mendongkrak minat baca dan terpilihnya ketua baru dapat membawa Forum TBM Kabupaten Sukabumi semakin baik," tandasnya.

Baca Juga: Diarpus Sukabumi Launching Kartu SHAKILA di HJKS ke-154, Ini Manfaatnya Bagi Pemustaka

Sementara itu, Ridwan Nawawi selaku ketua Forum TBM Kabupaten Sukabumi terpilih periode 2024-2029 dari Taman Bacaan Cicurug menyampaikan bahwa masyarakat hari ini terkait melek literasi masih jauh dari kata sempurna. Hal itu menurutnya karena minimnya fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki oleh masing-masing TBM yang berada di Kabupaten Sukabumi.

"Kami akan menjalankan program yang sudah dilaksanakan di TBM, yaitu kami akan mendonasikan buku, menyebarkan buku terhadap TBM yang membutuhkan,” ujarnya.

Foto bersama pengurus Forum TBM Kabupaten Sukabumi bersama Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana. | Foto: IstimewaFoto bersama pengurus Forum TBM Kabupaten Sukabumi bersama Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana. | Foto: Istimewa

Terpisah, Ketua Forum TBM Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024 Roni Fardiansyah menyampaikan banyak terimahkasih kepada rekan-rekannya sesama pengurus. "Mudah-mudahan ini menjadi pahala buat kita semuanya. perjuangan untuk menggerakan literasi di Kabupaten Sukabumi belum berakhir," kata dia.

"Dan alhamdulilah pada hari ini tepatnya 26 Oktober 2024 kita sudah memilih ketua baru yaitu Kang Ridwan Nawawi A tentunya kita akan mendukung apapun yang akan dilakukan untuk membumikan literasi di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 Oktober 2024, 19:13 WIB

Viral Komunitas Vespa Diserang Kelompok OTK di Sukabumi, Begini Kesaksian Korban

Berikut kesaksian anggota komunitas vespa yang diserang kelompok OTK di jalan A Yani Kota Sukabumi yang videonya beredar viral di medsos.
Insiden keributan terjadi di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Di jalur pedestrian itu sekelompok komunitas vespa diserang kelompok OTK.. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Gadget27 Oktober 2024, 19:00 WIB

7 Bahaya Tidur Dekat dengan Gadget yang Aktif, Lakukan Tips Aman Berikut!

Menjauhkan gadget dari tempat tidur dan meminimalkan penggunaannya sebelum tidur akan membantu meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bahaya Tidur dengan Gadget yang Aktif. (Sumber : Pexels/SHVETSproduction)
Sukabumi27 Oktober 2024, 18:07 WIB

Kisah Curug Arca Pabuaran Sukabumi, Namanya Diambil dari Patung yang Hilang Misterius

Curug Arca Pabuaran Sukabumi masih jarang terjamah manusia karena lokasinya tersembunyi di dalam hutan.
Curug Arca di Pabuaran Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Life27 Oktober 2024, 18:00 WIB

3 Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Ada dari Nabi Muhammad SAW!

Tips Berdoa Agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan: Panjatkan dengan hati yang ikhlas dan penuh harap kepada Allah SWT, serta memohon agar doa tersebut dikabulkan sesuai dengan kehendak-Nya.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. (Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Nasional27 Oktober 2024, 17:27 WIB

Usai Retreat Kabinet di Akmil Magelang, Prabowo Kebut Swasembada Pangan dan Energi

Diketahui, Prabowo beberapa kali menyampaikan fokus pemerintahannya pada swasembada pangan dan energi.
Presiden Prabowo Subianto bersama jajaran Kabinet Merah Putih bersiap untuk melakukan senam pagi, di lapangan Pancasila, Kawasan Akmil Magelang, Sabtu pagi, 26 Oktober 2024. (Foto: BPMI Setpres)
Musik27 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lagu Terakhir Liam Payne, Ini Lirik dan Terjemahan Teardrops

Lagu Terakhir Liam Payne yang dirilis pada tahun 2024 ini berjudul Teardrops.
Musisi Inggris sekaligus mantan personel One Direction, Liam Payne.
Sukabumi27 Oktober 2024, 16:49 WIB

Diarpus Ajak Forum TBM Bersinergi & Kolaborasi Dalam Tingkatkan Minat Baca di Sukabumi

Peranan Forum TBM Kabupaten Sukabumi menurut Diarpus sangat penting dalam meningkatkan literasi atau minat baca di Kabupaten Sukabumi.
Suasana Musda II Forum TBM Kabupaten Sukabumi yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi27 Oktober 2024, 16:28 WIB

Momen 2 Ekor Biawak Penghuni Pesisir Ujunggenteng Terekam Berpelukan, Warga: Melepas Rindu

Menurut Warga, dua ekor biawak penghuni pesisir Ujunggenteng Sukabumi tersebut diperkirakan berjenis kelamin dan betina dengan panjang 1 meter lebih.
Dua ekor biawak diperkirakan pasangan jantan dan betina tengah berpelukan di pesisir Pantai Ujunggenteng Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Life27 Oktober 2024, 16:00 WIB

5 Fun Fact Kucing yang Jarang Diketahui, Bisa Tidur Sampai 18 Jam!

Biasanya, kucing akan tidur selama 18 jam per hari, terbagi dalam serangkaian tidur siang yang masing-masing berlangsung selama 78 menit.
Ilustrasi. Kitten. Fun Fact Kucing yang Jarang Diketahui, Bisa Tidur Sampai 18 Jam! (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi Memilih27 Oktober 2024, 15:38 WIB

Ayep Zaki: Jadikan Hari Sumpah Pemuda Momentum Wujudkan Sukabumi Emas di 2035

Menuju Sukabumi Emas, Ayep Zaki sebut harus diawali dengan komitmennya pemuda pemuda Sukabumi untuk berkarya.
Calon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki. | Foto : Istimewa