Khimar dan Kimono Sukabumi Sukses Gelar Acara Ramah ABK

Kamis 24 Oktober 2024, 13:40 WIB
Kegiatan Student Fest 2024 yang digelar Khimar dan Kimono Sukabumi. | Foto: Istimewa

Kegiatan Student Fest 2024 yang digelar Khimar dan Kimono Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas Akhwat Peduli, Mabda’i, dan Cerdas (khimar) IPB berkolaborasi dengan lembaga Islam Kimono (kajian Muslimah Jaman Now) Sukabumi sukses menggelar acara bernama Student Fest 2024. Kegiatan ini membuat para pemuda atau yang dikenal dengan sebutan genZ termotivasi untuk melakukan perubahan.

R. E. Febrianti Pertiwi, S.AP selaku ketua panitia mengatakan, “Diadakannya acara ini berkenaan dengan momentum sumpah Pemuda. Dimana bulan Oktober ini identik dengan Pemuda. Jika kita lihat kondisi pemuda saat ini banyak terjebak dalam sistem yang kapitalistik. Seperti misalnya ada istilah sandwich generation, strawberry generation bahkan banyak juga yang terjebak dalam pergaulan yang bebas. Tanpa mereka tahu, bahwa mereka memiliki potensi yang luar biasa yang harus dilejitkan. Maka melalui acara ini, kami berharap para pemudi di Sukabumi memilki mindset yang out of the box berlandaskan tuntutan syariat Islam," ujar perempuan yang akrab disapa teh Febry ini pada 20 Oktober 2024.

Lebih dari dua ratus pemudi yang terdiri dari pelajar dan mahasiswi memadati tribun GOR Merdeka Kota Sukabumi. Mereka berkumpul dalam acara yang bertajuk “Kuy Menjadi GenZ yang Menyala!”. Acara ini sukses membuat para peserta terkesan. Bagaimana tidak, acara ini merupakan acara kajian Islam pertama yang melibatkan teman disabilitas. Selain peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh teman tuna rungu dan teman tuna netra yang menampilkan persembahan melalui pertunjukan musikal.

Delvia Amara, salah satu peserta mengatakan, “Ini acara keislaman paling keren sepanjang masa yang pernah aku ikuti di Sukabumi. Aku sangat terkesan karena Panitia menyediakan Juru Bahasa Isyarat yang menterjemahkan isi kajian kepada teman-teman tuli. Selain itu acara talkshow ini diselingi oleh lagu yang dibawakan oleh teman tuna netra dari SLB Budi Nurani. Ini sih, yang menurutku keren. Acaranya asyik, seru dan gak monoton. Materi keislaman jadi lebih mudah dimengerti dan diterima oleh para genZ."

Baca Juga: Wadah Komunitas, Pemkot Sukabumi Berencana Bentuk Sukabumi Literasi Hub

Hadir Bapak Ateng Jaelani, S.Ag., M.Si selaku perwakilan dari Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata) Kota Sukabumi memberikan sambutan dalam acara Student Fest 2024. Dirinya mengaku bangga masih ada pemudi di Sukabumi yang giat mengajak kepada kebaikan dan menyerukan Islam. Ditambah panitia dan pesertanya ini semua dari kalangan muslimah. “Saya kira acara ini ada Ikhwan-nya, ternyata pas masuk ke GOR, loh kok akhwat semua. Saya bangga dengan kalian. Walaupun jumlah kalian masih kalah banyak dengan yang Olah Raga di luar sana. Tapi kalian orang terpilih yang bisa hadir di acara ini," ujar Bapak yang menjabat sebagai Kasi Pembinaan dan Pengembangan Pemuda di Disporapar Kota Sukabumi.

Acara Student Fest 2024 ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Khimar IPB. Tahun ini merupakan kali kedua diadakan. Namun tahun ini terasa spesial karena Khimar IPB menggandeng lembaga lain yakni, Kimono. Selain itu, Khimar IPB juga menghadirkan peserta dari kalangan tuna rungu.

Putri Ria Angelina, M.Pd.,Kons sebagai pemateri Student Fest 2024 berhasil memberikan motivasi kepada seluruh pemudi Sukabumi yang hadir di acara tersebut untuk melejitkan potensi yang dimilikinya sehingga nanti menjadi ‘Dokter Umat’. Uniknya, bukan hanya pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa saja yang hadir di acara ini. Bahkan ada anak SD yang hadir dan juga turut terkesan dengan acara studen fest ini. Mereka berharap bisa hadir kembali di acara Student Fest tahun mendatang. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik24 Oktober 2024, 16:30 WIB

Konser di Jakarta Batal, Berikut Perjalanan Karir BoA yang dijuluki Queen of K-Pop

Indonesia sendiri menjadi salah satu tujuan dari konser pelantun lagu Only One tersebut. Hanya saja konser BoA yang akan digelar di Basket Hall GBK Senayan, Jakarta, pada Sabtu, 26 Oktober 2024 terpaksa dibatalkan.
Konser di Jakarta Batal, Berikut Perjalanan Karir BoA yang dijuluki Queen of K-Pop (Sumber : Instagram/@boasmtown)
Food & Travel24 Oktober 2024, 16:30 WIB

Situs Batu Panjang Ciamis, Batuan Era Megalitikum yang Menyimpan Misteri

Situs Batu Panjang merupakan salah satu batuan unik yang menarik di Ciamis Jawa Barat.
Situs Batu Panjang merupakan salah satu batuan unik yang menarik di Ciamis Jawa Barat. (Sumber : Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis.).
Entertainment24 Oktober 2024, 16:15 WIB

Selebgram Medina Zein Bebas Bersyarat dari Penjara, Ini Alasannya

Selebgram Medina Zein secara resmi bebas bersyarat dari Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur, pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Selebgram Medina Zein Bebas Bersyarat dari Penjara, Ini Alasannya (Sumber : Instagram/@medinazein)
Food & Travel24 Oktober 2024, 16:00 WIB

Wisata Curug Cikawah, Surga Tersembunyi di Bogor dengan HTM Rp20 Ribu!

Curug Cikawah Bogor adalah tempat wisata yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan meredakan penat setelah aktivitas sehari-hari.
Ilustrasi. Air Terjun. Wisata Curug (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi24 Oktober 2024, 15:54 WIB

Dibujuk Rokok, Pria Diduga ODGJ Akhirnya Turun dari Pohon Kelapa di Cidahu Sukabumi

AS berada di lokasi sejak pagi dan menolak untuk turun dari pohon kelapa.
AS saat di pohon kelapa di Kampung Bojongpari RT 02/06 Desa Jaya Bakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/10/2024). | Foto: Istimewa
Film24 Oktober 2024, 15:30 WIB

Sinopsis Film My Annoying Brother versi Indonesia, Tentang Hubungan Kakak Adik

My Annoying Brother versi Indonesia menjadi salah satu film terbaru yang sangat dinantikan dan telah tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Sinopsis Film My Annoying Brother versi Indonesia, Tentang Hubungan Kakak Adik (Sumber : Instagram/@angga)
Inspirasi24 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cook/Commis 1 Minimal SMK dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Cook/Commis 1 Minimal SMK dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!(Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Oktober 2024, 14:56 WIB

Bikin Padam Rumah Warga, Dampak Truk Tabrak Angkot dan Tiang Listrik di Sukabumi

Panji awalnya tidak menduga padamnya listrik disebabkan adanya kecelakaan.
Proses evakuasi tiang listrik yang dihantam truk dalam kecelakaan di Jalan Nasional Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Kamis pagi (24/10/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Musik24 Oktober 2024, 14:30 WIB

Harga Tiket Konser M2M di Jakarta, yang Kembali Setelah Rehat Selama Dua Dekade

Grup pop duo asal Norwegia, Marit Larsen dan Marion Rave atau lebih dikenal sebagai M2M akan kembali ke dunia hiburan dengan menggelar konser dan Jakarta masuk ke dalam daftarnya.
Harga Tiket Konser M2M di Jakarta, yang Kembali Setelah Rehat Selama Dua Dekade (Sumber : Instagram/@marit2marion)
Sukabumi24 Oktober 2024, 14:26 WIB

Usai Tabrak Angkot, Truk Hantam Tiang Listrik hingga Ambruk di Sukalarang Sukabumi

Berikut kronologi kecelakaan maut di Sukalarang Sukabumi, truk boks tabrak angkot dan tiang listrik hingga ambruk. Satu orang tewas, 8 luka-luka akibat kejadian ini.
PLN evakuasi tiang listrik yang ambruk usai dihantam truk dalam kecelakaan maut di Sukalarang Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)