Didemo Murid Soal Transparansi, Ini Jawaban Kepsek SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi

Selasa 22 Oktober 2024, 17:33 WIB
Ai Sumarni, Kepsek SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi saat diwawancarai sukabumiupdate.com soal demo yang digelar ratusan muridnya, Selasa (22/10/2024). (Sumber Foto: SU/Asep Awaludin)

Ai Sumarni, Kepsek SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi saat diwawancarai sukabumiupdate.com soal demo yang digelar ratusan muridnya, Selasa (22/10/2024). (Sumber Foto: SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Sekolah SMKN 1 Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Ai Sumarni merespons aksi demonstrasi yang dilakukan muridnya pada Selasa pagi (22/10/2024).

Sebelumnya cuplikan video aksi unjuk rasa yang melibatkan ratusan pelajar SMK tersebut beredar di media sosial.

Menurut Ai, para siswa saat itu mempertanyakan terkait kegiatan sekolah yang menggunakan uang masyarakat melalui Dana Sumbangan Pendidikan (DSP).

“Mereka ingin mengetahui uang yang ada dari pemerintah dari masyarakat itu kemana saja,” ujar Ai kepada sukabumiupdate.com, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga: Beredar Video Pelajar SMK di Sukabumi Demo, Protes Dana Sumbangan Pembangunan?

Di hadapan ratusan murid, Ai mengaku sudah membeberkan semua alur anggaran yang mereka pertanyakan selama tiga jam lebih. Di antaranya uang DSP serta dana BOS.

“Seperti kemarin ada ruangan sekolah yang hancur dan belum dibenerkan, dari mana (renovasi) ya dari sumbangan masyarakat,” kata dia.

“Kedua yang mereka tanyakan itu (pembangunan) masjid, kenapa masjid sudah hampir tiga tahun belum selesai-selesai, saya sampaikan kalau masjid itu tidak bisa dari dana BOS tapi harus dari sumbangan, uangnya dari infak siswa dengan orang tua, dari guru-guru kemudian proposal yang kami ajukan kepada industri,” jelas dia.

Pelajar salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi unjuk rasa protes dana sumbangan pembangunanPelajar salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi unjuk rasa protes dana sumbangan pembangunan

Ai menuturkan, apa yang dilakukan oleh para muridnya itu merupakan hal yang baik, hanya saja menurutnya disampaikan dengan cara yang kurang efektif.

“Saya pikir ini bagus biar anak-anak tahu bahwa uang yang mereka sumbangkan ke sekolah, uang yang pemerintah gulirkan itu kemana saja,” ucapnya. 

“Tadi anak-anak itu bagus kritis tapi mungkin yang disayangkan cara menyampaikannya itu, Ketika kita ingin menyampaikan aspirasi itu tidak bisa abring-abringan (bergerombol) 600 orang, karena itu tidak efektif sampaikan saja perwakilan biar jelas,” tambahnya.

Ditanya terkait adanya indikasi provokasi yang datang dari luar sekolah, Ai menyebut belum bisa menyimpulkan demikian mengingat tidak ada bukti kuat terkait dugaan tersebut.

“Saya tidak bisa menyimpulkan seperti itu karena saya juga belum lihat buktinya, tetapi hal ini bagi anak-anak merupakan sebuah pembelajaran bahwa mungkin ada komunikasi yang tidak sampai kepada mereka,” pungkasnya.

Mengutip dari laman Kemendibud Ristek RI, dana sumbangan pembangunan (DSP) adalah salah satu bentuk sumbangan yang dapat diterima oleh sekolah. Sumbangan sekolah merupakan sumber biaya pendidikan yang dapat berasal dari siswa, orang tua, wali, perseorangan, atau lembaga lainnya. Sumbangan sekolah bersifat sukarela, tidak memaksa, dan tidak mengikat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan22 Oktober 2024, 19:28 WIB

Setor Dividen Terbesar, BRI Raih 2 Penghargaan di Ajang The Asian Post Awards 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mendapatkan pengakuan atas kinerja positifnya dengan meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang The Asian Post Awards 2024.
Potret pelayanan nasabah di Bank BRI | Foto : Istimewa
Sukabumi22 Oktober 2024, 19:04 WIB

Warga Sukabumi Bicara Kepemimpinan Nasional Baru Prabowo - Gibran

Tim redaksi sukabumi mewawancarai sejumlah warga di Sukabumi soal Prabowo - Gibran. Merekam reaksi rakyat terhadap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia.
Warga Sukabumi bicara kepimpinan nasional baru Prabowo - Gibran (Sumber: su/magang)
Food & Travel22 Oktober 2024, 19:00 WIB

Pantai Karang Bolong Banten, Pesona Tebing Berlubang yang Hanya Berjarak 3 Jam dari Kota Jakarta

Nama "Karang Bolong" sendiri diambil dari bentuk karang besar yang memiliki lubang di tengahnya
Pantai Karang Bolong adalah salah satu destinasi wisata pantai yang cukup populer di Banten. (Sumber : Instagram/@karangbo.id).
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 18:47 WIB

Ayep Zaki-Bobby Siapkan Sejumlah Program untuk Santri di Kota Sukabumi

Dalam peringatan Hari Santri Nasional yang dirayakan setiap tanggal 22 Oktober, Calon Walikota Sukabumi nomor urut 2, H. Ayep Zaki, menegaskan pentingnya peran santri dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Sukabumi Ayep Zaki - Bobby Maulana saat bertemu tokoh NU | Foto : Istimewa
Sukabumi22 Oktober 2024, 18:27 WIB

Terpeleset saat Mandi, Pria Ciemas Sukabumi Tewas Tenggelam di Muara Cimarinjung

Berikut kronologi penemuan mayat pria Ciemas Sukabumi yang diduga tewas tenggelam karena terpeleset saat akan mandi di Muara Cimarinjung.
Petugas saat mengevakuasi jasad warga Ciemas Sukabumi yang tenggelam di Muara Cimarinjung. (Sumber Foto: Istimewa)
Life22 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa-doa Pendek Ini Memiliki Pahala Luar Biasa Apabila Diamalkan

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
Jawa Barat22 Oktober 2024, 17:42 WIB

M. Jaenudin: Hari Santri Momentum Meneladani Perjuangan Kiai dan Santri

Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Santri Nasional menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan para kiai dan santri yang telah berjuang mempertahankan tanah air dari penjajahan.
Muhammad Jaenudin, S.Ag, MH, Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi22 Oktober 2024, 17:33 WIB

Didemo Murid Soal Transparansi, Ini Jawaban Kepsek SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi

Berikut jawaban-jawaban Kepsek SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi soal demo transparansi anggaran oleh muridnya.
Ai Sumarni, Kepsek SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi saat diwawancarai sukabumiupdate.com soal demo yang digelar ratusan muridnya, Selasa (22/10/2024). (Sumber Foto: SU/Asep Awaludin)
Musik22 Oktober 2024, 17:00 WIB

Di Cover Matthew Ifield, Ini Lirik I Think They Call This Love Elliot James Reay

Video Cover Lagu I Think They Call This Love Matthew Ifield bahkan sudah ditonton lebih dari 3,3 juta views. Jumlah ini hampir menyaingi video asli I Think They Call This Love Elliot James Reay dengan jumlah 3,5 juta views sejak dirilis pada 5 Juli 2024.
Video Lagu I Think They Call This Love Elliot James Reay. Foto: YouTube/ElliotJamesReay
Entertainment22 Oktober 2024, 16:30 WIB

Hasil Autopsi Liam Payne Keluar, Ditemukan Beberapa Jenis Narkoba dalam Tubuhnya

Hasil autopsi mantan anggota One Direction, Liam Payne yang meninggal dunia karena jatuh dari balkon hotel tempatnya menginap pada Rabu, 16 Oktober 2024 telah keluar.
Hasil Autopsi Liam Payne Keluar, Ditemukan Beberapa Jenis Narkoba dalam Tubuhnya (Sumber : Istimewa)