Mengingat Kembali Momen Jokowi Dikejar Warga saat Touring di Sukabumi

Sabtu 19 Oktober 2024, 17:27 WIB
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja dengan touring menggunakan motor choppernya di Palabuhanratu Sukabumi, Minggu 8 April 2024. (Sumber : Dok. SU)

Presiden Jokowi saat kunjungan kerja dengan touring menggunakan motor choppernya di Palabuhanratu Sukabumi, Minggu 8 April 2024. (Sumber : Dok. SU)

SUKABUMIUPDATE.com - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) pada Minggu 20 Oktober 2024.

Dalam kepemimpinannya selama dua periode, ada momen yang sempat viral kala Presiden Jokowi mengunjungi Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu 8 April 2018 silam.

Momen tersebut tertangkap kamera fotografer Antara, yaitu saat seorang warga tidak menggunakan kaos, bercelana pendek dan tanpa alas kaki, nekat mencoba mengejar Jokowi yang sedang mengendarai motor chopper berkelir emasnya.

Dalam foto itu terlihat Jokowi melambaikan tangan ke arah warga yang merupakan pemuda tersebut. Nampak pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan anggota Paspampres merasa khawatir pemuda tersebut terjatuh karena lari mengejar presiden.

Baca Juga: ICW Catat Kerugian Negara Selama Era Jokowi Tembus Rp 290 Triliun

Foto itu pun seketika viral di media sosial dan kini dianggap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi sebagai foto Presiden Jokowi yang berkesan baginya.

Hal itu disampaikan Budi saat meresmikan pembukaan pameran foto jurnalistik bertajuk Legasi Jokowi 2014-2024 di Gedung Heritage Antara, Jakarta Pusat, pada Jumat, 11 Oktober 2024.

"Kalau anak-anak sekarang bilang, ini menyala. Momen ini sangat epic dan menggambarkan bagaimana Jokowi selalu dekat dengan rakyat," kata Budi dikutip dari laman kominfo.go.id, Sabtu (19/10/2024).

Momen Jokowi saat mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 dalam touring di Palabuhanratu Sukabumi dikejar-kejar warga tanpa busana. | Foto: Antara/Puspa PerwitasariMomen Jokowi saat mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 dalam touring di Palabuhanratu Sukabumi dikejar-kejar warga tanpa busana. | Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Berdasarkan arsip pemberitaan sukabumiupdate.com, warga yang mengejar Jokowi tersebut adalah Ariyanto, yang saat itu masih berusia 19 tahun.

Ariyanto merupakan warga Kampung Nagrog, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu. Dia berada di lokasi karena hendak membantu membangun rumah kakaknya, di Kampung Ciawun RT 04/07 Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu.

Pada saat itu dia sudah tahu bahwa akan lewat iring-iringan konvoi motor Jokowi, sehingga menunggunya. Karena ingin sekali memeluk Jokowi.

Benar saja ketika rombongan lewat, Ariyanto lari mengejar.

"Lagi duduk lagi nunggu Jokowi. Ketika pas lewat kejar tapi nggak ke pegang," ujarnya.

Pada saat itu, Ariyanto tidak takut ketabrak atau ditegur Paspampres. Sebab keinginannya untuk bersalaman dan peluk Jokowi, karena selama ini hanya melihat sosok presiden di televisi saja. Ia kemudian berharap Jokowi datang lagi ke Sukabumi.

"Sukses jaya terus Jokowi, jangan lupa ke Pelabuhanratu lagi," jelasnya.

Sosok Ariyanto, warga Palabuhanratu Sukabumi yang mengejar Jokowi. | Foto: Dok. SUSosok Ariyanto, warga Palabuhanratu Sukabumi yang mengejar Jokowi. | Foto: Dok. SU

Presiden Jokowi berada di Sukabumi kala itu dalam rangka kunjungan kerja selama dua hari Sabtu-Minggu 7-8 April 2018. Pada hari pertama Jokowi melaksanakan peninjauan pembangunan double track kereta api Sukabumi Bogor kemudian membagikan secara simbolis sertifikat tanah di Lapang Sekarwangi Cibadak.

Pada hari kedua, Jokowi diagendakan meninjau Posyandu untuk kegiatan peningkatan asupan gizi untuk ibu dan anak di Kecamatan Bantargadung. Dilanjutkan tinjauan ke lokasi kegiatan padat karya tunai di Desa Citarik Kecamatan Palabuhanratu serta meninjau lokasi kegiatan padat karya program PUPR di Desa Pasirsuren.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih19 Oktober 2024, 20:02 WIB

Tiga Legislator Dapil VI Kabupaten Sukabumi All Out Menangkan Asep Japar-Andreas

Tiga Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Dapil VI Jampangkulon Sukabumi siap menangkan pasangan Asep Japar-Andreas.
Legislator Dapil 6 Kabupaten Sukabumi Ujang Abdurrohim Rochmi (Dewan Batman), Andri Hidayana dan Dadang Hermawan saat mendampingi Calon Bupati nomor urut 2 Asep Japar. (Sumber Foto: SU/Ragil Gilang)
Film19 Oktober 2024, 20:00 WIB

Sinopsis Film Tebusan Dosa, Tentang Seorang Ibu yang Mencari Anaknya

Satu lagi film horor yang akan menakuti penonton di layar lebar Tanah Air, Tebusan Dosa. Film ini telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 17 Oktober 2024.
Sinopsis Film Tebusan Dosa, Tentang Seorang Ibu yang Mencari Anaknya (Sumber : Instagram/@palarisfilm)
Jawa Barat19 Oktober 2024, 19:33 WIB

Anggota DPRD Jabar M. Jaenudin Jelaskan Perda Pesantren ke Warga Purabaya Sukabumi

Jaenudin memaparkan Perda Pesantren merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi negara kepada pesantren.
Anggota DPRD Jabar M. Jaenudin Sebarluaskan Perda Pesantren di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (19/10/2024). (Sumber Foto: Istimewa)
Film19 Oktober 2024, 19:00 WIB

Ada The Architecture of Love Hingga Siksa Kubur, Daftar Nominasi Piala Citra FFI 2024

Festival Film Indonesia atau FFI kembali hadir tahun ini dan sudah mengumumkan daftar nominasi secara resmi melalui siaran langsung dari Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta pada Jumat, 18 Oktober 2024.
Ada The Architecture of Love Hingga Siksa Kubur, Daftar Nominasi Piala Citra FFI 2024 (Sumber : Instagram @/ikanatassa)
Mobil19 Oktober 2024, 18:35 WIB

Sudah Ada di Sukabumi, All-New Hilux Rangga: Solusi Mobilitas Baru yang Serbaguna & Andal

Selamat Toyota Sukabumi resmi launching All New Hilux Rangga. Berikut spesifikasinya
Toyota All New Hilux Rangga. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi19 Oktober 2024, 18:16 WIB

Rumah Lansia di Cidadap Sukabumi Ludes Terbakar, Korban Butuh Uluran Tangan

Berikut kronologi kebakaran rumah panggung yang dihuni pasangan lansia di Cidadap Sukabumi.
Rumah lansia di Cidadap Sukabumi ludes terbakar pada Jumat 18 Oktober 2024, (Sumber Foto: Istimewa)
Entertainment19 Oktober 2024, 18:00 WIB

Konser di Jakarta Malam Ini, Berikut Profil Gemini yang Viral Lewat Lagu Know Me

Penyanyi Hip Hop asal Korea Selatan, Gemini akan datang ke Indonesia melalui konser tour Asianya yang digelar hari ini, 19 Oktober 2024 di Aruba Room The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan.
Konser di Jakarta Malam Ini, Berikut Profil Gemini yang Viral Lewat Lagu Know Me (Sumber : Instagram/@geminiccasa)
Sukabumi19 Oktober 2024, 17:27 WIB

Mengingat Kembali Momen Jokowi Dikejar Warga saat Touring di Sukabumi

Momen Jokowi dikejar warga saat touring di Palabuhanratu Sukabumi itu dianggap Menkominfo Budi Arie Setiadi sebagai foto Presiden yang berkesan baginya.
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja dengan touring menggunakan motor choppernya di Palabuhanratu Sukabumi, Minggu 8 April 2024. (Sumber : Dok. SU)
Musik19 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars yang Lagi Viral

Rose BLACKPINK baru saja merilis lagu baru berjudul APT yang berkolaborasi dengan penyanyi asal Amerika Serikat, Bruno Mars pada Jumat, 18 Oktober 2024
Lirik Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars yang Lagi Viral (Sumber : Youtube | Rose)