Sehari Pasca Tol Bocimi Seksi 2 Bertarif, One Way 2 Kali Diberlakukan di Exit Tol Parungkuda

Minggu 13 Oktober 2024, 22:59 WIB
Satlantas Polres Sukabumi memberlakukan dua kali one way di sekitar Exit Tol Parungkuda sehari pasca Tol Bocimi Seksi 2 mulai bertarif. (Sumber : SU/Ibnu)

Satlantas Polres Sukabumi memberlakukan dua kali one way di sekitar Exit Tol Parungkuda sehari pasca Tol Bocimi Seksi 2 mulai bertarif. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Sehari pasca Tol Bocimi seksi 2 resmi mulai diberlakukan tarif, Satlantas Polres Sukabumi memberlakukan dua kali sistem one way di sekitar exit tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (13/07/2024) sore. Menurut Polisi, ini akibat terjadinya peningkatan volume arus kendaraan di jalur arteri.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Sukabumi, Ipda H. Ayet Priatna menjelaskan, bahwa pemberlakuan sistem satu arah ini dilakukan untuk menangani hambatan yang disebabkan oleh penumpukan kendaraan di beberapa titik jalan nasional Sukabumi-Bogor, seperti Pasar Cicurug, simpang Nagrak dan simpang Cikidang atau TMC.

"Anggota Satlantas Polres Sukabumi melaksanakan one way hari ini karena ada hambatan di Pasar Cicurug, simpang Nagrak, dan simpang TMC. Ini menjadi kendala lalu lintas yang mengarah ke Exit Tol Parungkuda. Oleh karena itu, untuk memperlancar arus lalu lintas di akhir pekan ini, kami memberlakukan one way," ungkapnya.

Baca Juga: 12 Oktober 2024, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Mulai Bertarif

Menurut Ayet, sistem one way pada hari ini diberlakukan dalam dua sesi. Persiapan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB, dengan one way pertama dilaksanakan pada pukul 15.30 WIB selama 30 menit dengan memprioritaskan kendaraan dari Sukabumi menuju Exit Tol Parungkuda atau Bogor. Kemudian, sesi kedua dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dan berlangsung selama 40 menit.

"Pelaksanaan one way kedua lebih lama karena kendaraan yang masuk ke wilayah Sukabumi sudah mulai berkurang, sehingga arus kendaraan yang keluar dari Sukabumi bisa lebih lancar," ujar Ayet.

Sebelum pemberlakuan one way, Ayet menyatakan kondisi lalu lintas sempat padat akibat kiriman kendaraan dari Cianjur dan Bogor, terutama saat jalur Puncak ditutup. Namun, setelah penerapan dua kali one way, arus lalu lintas kembali normal.

"Alhamdulillah, setelah dua kali one way, sampai saat ini arus lalu lintas terlihat lancar," jelasnya.

Ayet juga mengimbau para pengendara untuk mematuhi aturan lalu lintas, terutama tidak ugal-ugalan atau menyalip sembarangan, mengingat lebar jalan yang terbatas di daerah tersebut.

"Jalannya kecil, jadi jika ada pengendara yang memaksa menyalip atau ngebut, pasti akan menyebabkan kemacetan," pungkasnya.

Baca Juga: Catat! Ini Rincian Besaran Tarif Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak

Diberitakan sebelumnya, PT Trans Jabar Tol (TJT), selaku pengelola jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), akhirnya mengumumkan bahwa ruas tol seksi 2 Cigombong-Cibadak resmi bertarif mulai pukul 00.00 WIB Sabtu 12 Oktober 2024.

nformasi ini diumumkan melalui akun instagram resmi PT TJT @transjabartol pada Kamis (10/10/2024) sekitar pukul 16.40 WIB.

"Dengan adanya penerapan tarif ini, maka masa pengenalan dan sosialisasi yang dilakukan sejak 6 Agustus 2023 telah berakhir," kata PT TJT.

PT TJT menjelaskan, pemberlakuan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1661/KPTS/M/2024.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Oktober 2024, 00:00 WIB

Pria di Ciemas Sukabumi Mendadak Tewas usai Joget di Acara Hajatan

Berikut kesaksian warga terkait meninggalnya seorang pria di Ciemas Sukabumi usai berjoget lagu Jayanti di acara hajatan.
Momen pria di Ciemas Sukabumi tengah asyik berjoget di panggung acara hajatan, sebelum akhirnya meninggal mendadak. (Sumber : Istimewa)
Internasional13 Oktober 2024, 23:00 WIB

52 Warga Palestina Tewas Diserang Israel 24 Jam Terakhir, Korban Jiwa di Gaza Tembus 42.200 Orang

Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza sejak serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi13 Oktober 2024, 22:59 WIB

Sehari Pasca Tol Bocimi Seksi 2 Bertarif, One Way 2 Kali Diberlakukan di Exit Tol Parungkuda

Sehari pasca Tol Bocimi seksi 2 resmi mulai bertarif, Satlantas Polres Sukabumi memberlakukan dua kali sistem one way di sekitar exit tol Parungkuda.
Satlantas Polres Sukabumi memberlakukan dua kali one way di sekitar Exit Tol Parungkuda sehari pasca Tol Bocimi Seksi 2 mulai bertarif. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi13 Oktober 2024, 21:22 WIB

Pesan Terakhir Totong Sebelum Hilang di Muara Laut Cikaso Sukabumi

Berikut pesan terakhir Totong kepada istrinya sebelum hilang di Muara Laut Cikaso atau perairan Tegalbuleud Sukabumi saat memasang jaring ikan.
Eha bersama Kades Sumberjaya di saung pangkalan bantaran Muara Cikaso Tegalbuleud Sukabumi tempat Totong mencari ikan. (Sumber : SU/Ragil)
Life13 Oktober 2024, 20:00 WIB

Menerima Diri Mereka Apa Adanya, 9 Ciri-ciri Orang yang Hidup Bahagia

Orang yang hidup bahagia memiliki sejumlah ciri yang mencerminkan kepuasan, keseimbangan emosional, dan kesehatan mental yang baik.
Ilustrasi - Orang yang hidup bahagia memiliki sejumlah ciri yang mencerminkan kepuasan, keseimbangan emosional, dan kesehatan mental yang baik. (Sumber : unsplash.com/@Fernando Brasil)
Sukabumi Memilih13 Oktober 2024, 19:58 WIB

19 Program Unggulan Ayep Zaki: Fasilitasi Pokir Dewan hingga Tukin Guru

Calon Wali Kota Sukabumi nomor urut 2 Ayep Zaki perkenalkan 19 Program Unggulan dalam Konsolidasi Kader PAN Warsus.
Ayep Zaki, calon Wali Kota Sukabumi nomor urut 2 saat bersama kader PAN Warsus. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 19:42 WIB

Resmikan Masjid Al-Fajar Cikembar, Bupati Sukabumi Ajak Warga Memakmurkan

Bupati Marwan mengatakan eksistensi masjid semakin memperkuat visi Kabupaten Sukabumi terutama dalam pelayanan pembangunan sarana keagamaan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat meresmikan Masjid Jami Al-Fajar di Cikembar, Minggu (13/10/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Gadget13 Oktober 2024, 19:00 WIB

Performa Lemot, 10 Tanda-tanda HP Harus Ganti dengan yang Baru

Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.
Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Life13 Oktober 2024, 18:00 WIB

Gampang Untuk Dihafal! Doa-doa Pendek yang Memiliki Pahala Luar Biasa Apabila Diamalkan

Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:57 WIB

Hujan-Angin Kencang, Pohon Tumbang Sempat Tutup 2 Akses Jalan di Sagaranten Sukabumi

Dua kejadian pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang terjadi di Sagaranten Sukabumi.
Pohon kibesi tumbang menimpa ruas jalan provinsi ruas Ancaen Sagaranten Sukabumi usai wilayah tersebut dilanda hujan disertai angin kencang. Minggu sore (13/10/2024) (Sumber : Istimewa)