Perlu Kajian Ilmiah, Polisi Ikut Cek Toren Ajaib di Masjid Cimanggu Sukabumi

Sabtu 12 Oktober 2024, 13:59 WIB
Polisi mengecek toren ajaib di Kampung Ciburial, Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 11 Oktober 2024. | Foto: SU/Ragil Gilang

Polisi mengecek toren ajaib di Kampung Ciburial, Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 11 Oktober 2024. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian ikut mengecek toren ajaib di Kampung Ciburial, Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi. Diketahui, tandon milik masjid Pondok Pesantren Nurul Kholasoh ini viral karena tiba-tiba penuh dengan air padahal tidak ada sumber air yang diarahkan ke sana.

Kapolsek Jampangkulon Iptu Mukhlis bersama Kepala Desa Sukajadi dan tokoh masyarakat setempat bertemu langsung dengan Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Kholasoh KH Saepul Anwar pada Jumat, 11 Oktober 2024. Mukhlis penasaran dengan toren tersebut dan setelah melihatnya tidak dapat menjelaskan apa pun.

"Penasaran saja dengan adanya toren ajaib yang viral. Kami tidak melihat kejadiannya, tapi sebatas monitor dan tidak ada yang bisa dijelaskan. Perlu ada kajian ilmiah dari pihak berwenang agar informasi yang tepat bisa sampai ke masyarakat sehingga tidak menyebabkan multitafsir yang liar," kata dia kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Kebenaran Air Ajaib Penuhi Toren Masjid di Cimanggu Sukabumi, Pak Kiyai Ungkap Faktanya

Diberitakan sebelumnya, toren warna oranye berkapasitas 500 leter ini tersimpan di pinggir masjid di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Kholasoh. Letak toren berada dalam ketinggian 4 meter dan jaraknya dengan sumur sekitar 15 meter. Sementara sumur yang berada di dalam majelis memiliki kedalaman sekitar 50 meter.

Toren yang sudah terpasang sejak lima tahun lalu itu, selain menampung kebutuhan air untuk masjid, juga mengalirkan air ke asrama santri putra dan putri. Namun beberapa waktu lalu, toren ini membuat heboh karena memperlihatkan air menggelembung seperti masuk dari bagian bawah. Padahal tidak ada air yang dialirkan sebab mesin sedot sedang mati dan pipa air dari sumur tidak diarahkan ke toren.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget13 Oktober 2024, 19:00 WIB

Performa Lemot, 10 Tanda-tanda HP Harus Ganti dengan yang Baru

Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.
Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Life13 Oktober 2024, 18:00 WIB

Gampang Untuk Dihafal! Doa-doa Pendek yang Memiliki Pahala Luar Biasa Apabila Diamalkan

Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:57 WIB

Hujan-Angin Kencang, Pohon Tumbang Sempat Tutup 2 Akses Jalan di Sagaranten Sukabumi

Dua kejadian pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang terjadi di Sagaranten Sukabumi.
Pohon kibesi tumbang menimpa ruas jalan provinsi ruas Ancaen Sagaranten Sukabumi usai wilayah tersebut dilanda hujan disertai angin kencang. Minggu sore (13/10/2024) (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:29 WIB

Pererat Silaturahmi, Reuni ke-4 Alumni SMANDAK Angkatan 86 Berlangsung Meriah

Ketua Alumni SMAN 1 Cibadak Angkatan 86, Asep Abdulqodir mengatakan, sekitar 200 orang alumni hadir di acara reunian tersebut.
Alumni SMAN 1 Cibadak (SMANDAK) Sukabumi Angkatan 86 menggelar reuni ke-4 di Hotel Augusta Cikukulu, Minggu (13/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:04 WIB

2 Pemotor Remaja Tewas Kecelakaan di Simpang Cigodeg Sukabumi, Berikut Kronologinya

Berikut kronologi kecelakaan maut di Simpang Cigodeg Citamiang Kota Sukabumi. Dua pemotor remaja tewas usai tabrakan dengan mobil Kijang.
Tempat kejadian perkara kecelakaan maut di Jalan RH Didi Sukardi (Simpang Cigodeg) Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Minggu (13/10/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik13 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto di Album Melangkah

Lirik Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto di Album Melangkah. Sebelumnya, mereka juga pernah berkolaborasi di lagu Sang Dewi, yang dulu sempat dipopulerkan oleh sang Diva Titi DJ.
Cover Visualizer Video Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto. Foto: YouTube/LyodraOfficial
Food & Travel13 Oktober 2024, 16:00 WIB

Curug Cibulao di Megamendung Bogor: HTM Cuma 15.000 Serunya Berenang di Air Terjun Bening

Curug Cibulao adalah salah satu air terjun tersembunyi yang berada di kawasan Puncak, Bogor.
Serunya bermain air di curug cibulao bogor. (Sumber : Instagram/@curugcibulao.official)
Sukabumi13 Oktober 2024, 15:07 WIB

5 Hari Hilang, Ini Identitas Mayat Mengambang Di Cikembar Sukabumi

Identitas mayat yang ditemukan mengambang di aliran sungai Cilangkap, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi adalah Aja (74 tahun) seorang lansia yang sudah mengalami pikun dan linglung
Penemuan mayat di Sungai Cilangkap Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Inspirasi13 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Quality Control Staff, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Quality Control Staff, Penempatan di Pabrik Sukabumi(Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih13 Oktober 2024, 14:39 WIB

Kunjungi Pabrik Garmen, Iyos Janjikan Dukungan Terhadap Industri Padat Karya

Calon Bupati Sukabumi dari nomor urut 1, Iyos Somantri mengunjungi pabrik garmen PT Muara Tunggal di Jalan Perintis Kemerdekaan No.126, Kecamatan Cibadak, Rabu (9/10/2024)
Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri saat berkunjung ke PT Muara Tunggal, Cibadak | Foto : Istimewa