Meski 29 Laptop Raib Dicuri, Disdik Sukabumi Pastikan Siswa SDN 1 Cibodas Bisa Ikut ANBK

Jumat 11 Oktober 2024, 21:41 WIB
Siswa SDN 1 Cibodas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

Siswa SDN 1 Cibodas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi memastikan siswa SDN 1 Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu bisa mengikuti ujian meski tidak memiliki peralatan berupa laptop karena hilang dicuri. Disdik juga mengimbau agar semua sekolah meningkatkan pengamanan agar pencurian tidak terulang.

Informasi yang dihimpun, SDN 1 Cibodas sendiri diketahui bergabung dengan SD Muhamad Toha, masing-masing menerima bantuan 15 unit Chromebook, sehingga total ada 30 laptop. Sebelum hilang, pihak sekolah sempat melakukan pengecekan terhadap laptop-laptop tersebut dan memisahkan unit yang rusak dari yang masih layak pakai.

"Soal (laptop hilang) SD Cibodas itu sudah ditangani oleh pihak kepolisian dari Polres Sukabumi dan sekarang lagi dilacak," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha, pada sukabumiupdate.com, Jum'at (11/10/2204).

Meski laptop hilang, Eka Nandang menegaskan bahwa siswa tetap bisa mengikuti Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). "Bisa ikut dengan sekolah SD yang lain, misalkan SD Cibodas tidak bisa ikut ujian, nah bisa ikut ke SD yang ada di sekitaran situ ujiannya," ujarnya.

Untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang, Eka Nandang mengimbau agar semua sekolah memperketat pengamanan.

Baca Juga: 29 Laptop di SDN 1 Cibodas Sukabumi Raib Dicuri, Siswa Terancam Gagal Ikut ANBK

"Saya sudah mengintruksikan ke Kabid SD untuk meminta semua sekolah meningkatkan pengawasan, agar kejadian seperti hilangnya laptop ini tidak terulang kembali," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, 29 unit laptop Chromebook milik Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, dilaporkan raib disikat maling. Laptop-laptop ini direncanakan untuk digunakan dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa kelas V.

Informasi yang dihimpun, SDN 1 Cibodas sendiri diketahui bergabung dengan SD Muhamad Toha, masing-masing menerima bantuan 15 unit Chromebook, sehingga total ada 30 laptop. Sebelum hilang, pihak sekolah sempat melakukan pengecekan terhadap laptop-laptop tersebut dan memisahkan unit yang rusak dari yang masih layak pakai.

"Kebetulan kemarin (sebelum hilang) sudah dicek, ada yang bagus dan perlu diperbaiki, sudah dipisahkan, kebetulan yang satu saya pegang. tadinya mau coba perbaiki, makanya yang satu ada di saya, berarti 29 unit yang hilang," kata Ana Supriatna, salah seorang guru SDN 1 Cibodas kamis (10/10/2024).

Ana menjelaskan bahwa laptop itu terakhir kali dilihatnya pada Kamis 26 September 2024. Namun pada saat hendak digunakan kembali pada Sabtu 28 September untuk latihan, laptop-laptop yang tersimpan di lemari sudah hilang.

"Itu teh laptop bantuan tahun 2022, sudah lama, cuma dikeluarkan itu untuk dicek mau di pakai kepentingan ANBK, itu untuk siswa untuk kelas V. Ketahuan awalnya oleh rekan guru, terakhir dipakai hari Kamis (26/9) untuk simulasi atau latihan, itu udah dirapikan di lemari. Besoknya, Jumat (27/9), kita enggak ada latihan, makanya nggak ngeuh (sadar) di lemari ada. Begitu hari Sabtu (28/9) kita mau nyoba latihan lagi, sudah hilang," terangnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life12 Oktober 2024, 00:16 WIB

Sekolah Inklusi: Tantangan dan Kebutuhan dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep sekolah inklusi telah menjadi semakin penting. Sekolah inklusi berarti semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK)
Ilustrasi anak sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih12 Oktober 2024, 00:03 WIB

Strategi Asep Japar di Pilkada: Sowan ke Tokoh-tokoh Sukabumi Secara Diam-diam

Asep Japar juga mengungkapkan jika ia sebenarnya lebih banyak melakukan sosialiasi dengan sillaturahmi secara diam-diam dan tanpa disorot kamera.
Asep Japar dan Andreas dalam konferensi pers di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi usai mendapatkan nomor urut 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi11 Oktober 2024, 23:03 WIB

Pasar Semi Modern Terminal Cibadak Diresmikan Bupati Sukabumi

Pasar Semi Modern Terminal Cibadak baru saja diresmikan oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, pada Jumat (11/10/2024). Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter persegi
Peresmian Pasar Semi Modern Cibadak oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Jumat (11/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi11 Oktober 2024, 22:36 WIB

Rakor Komisi III DPRD, Dorong Pengembangan Tiga Perumda Milik Pemkab Sukabumi

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat kerja bersama tiga Perusahaan Umum Daerah (Perumda), yaitu Perumda Pesona Pariwisata, Perumda Aneka Tambang, dan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.
Rakor Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi dengan 3 Perumda di Taman Rekreasi Tjimelati, Kamis (10/10/204) | Foto : Istimewa
Sukabumi11 Oktober 2024, 21:41 WIB

Meski 29 Laptop Raib Dicuri, Disdik Sukabumi Pastikan Siswa SDN 1 Cibodas Bisa Ikut ANBK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi memastikan siswa SDN 1 Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu bisa mengikuti ujian meski tidak memiliki peralatan berupa laptop karena hilang dicuri.
Siswa SDN 1 Cibodas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Mobil11 Oktober 2024, 21:32 WIB

Wuling Confero: Mobil Murah dan Nyaman untuk Keluarga, Simak di Sini Keunggulannya!

Berikut keunggulan, spesifikasi, mobil Wuling Confero yang nyaman untuk keluarga.
Mobil Wuling Confero. (Sumber Foto : Wuling)
Sukabumi11 Oktober 2024, 21:13 WIB

Kena Bacok di Punggung, Pelajar di Sukabumi Tewas Kehabisan Darah Usai Kalah Duel

Seorang pelajar SMA FMS (15 tahun) asal Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi tewas usai kalah duel. Jenazah FMS tiba di rumah duka pada Jumat (11/10/2024) sekira pukul 17:00 WIB setelah diotopsi di RS Polri
Suasana pemakaman jenazah FMS (15 tahun) di Kampung Cijengkol, Rt 3/4, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Jumat (11/10/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi11 Oktober 2024, 20:29 WIB

Bupati Beberkan Alasan Proyek Pusat Perkantoran Pemkab Sukabumi Dilanjutkan di 2025

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, memberikan penjelasan terkait kelanjutan proyek pembangunan gedung pusat Perkantoran Pemda, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, yang hingga kini belum rampung.
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel11 Oktober 2024, 20:00 WIB

Curug Ibun Pelangi, Air Terjun Terbaik di Majalengka yang HTMnya Hanya Rp10.000 Saja

Curug Ibun Pelangi, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menawarkan pesona alam yang memukau.
Curug Ibun Pelangi, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menawarkan pesona alam yang memukau. (Sumber : Instagram/@curugibunpelangi/@tediseptiana97).
Sukabumi11 Oktober 2024, 19:35 WIB

Kebenaran Air Ajaib Penuhi Toren Masjid di Cimanggu Sukabumi, Pak Kiyai Ungkap Faktanya

Warga Sukabumi dihebohkan dengan kejadian aneh yang terjadi di Kampung Ciburial, Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu. Sebuah toren tiba-tiba penuh dengan air padahal saat itu tidak ada sumber air yang diarahkan ke toren
Pimpinan Ponpes Nurul Kholasoh, KH. Saepul Anwar bersama Kapolsek Jampangkulon saat melihat toren yang mengeluarkan air ajaib | Foto : Ragil Gilang