Disperkim Sukabumi Review Target Penyelesaian Proyek Pusat Perkantoran di Palabuhanratu

Rabu 09 Oktober 2024, 13:42 WIB
Pembangunan gedung pusat perkantoran pemda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi (Sumber: SU/Ilyas)

Pembangunan gedung pusat perkantoran pemda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi (Sumber: SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali merevisi rencana lanjutan pembangunan pusat perkantoran di kawasan lapang Cangehgar, Kecamatan Palabuhanratu. Proyek yang sudah dimulai sejak 2019 ini sempat terkendala anggaran karena pandemi covid-19, dilanjutkan kembali hingga 2022 namun hingga saat ini tak juga bisa digunakan karena belum selesai 100 persen.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat menegaskan bahwa kelanjutan dari proyek ini masih menunggu hasil review Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebelumnya Disperkim berharap 2024 ini proyek ini bisa berlanjut namun masih harus menunggu kajian.

Ia optimis 2025 pembangunan akan kembali dilanjutkan. Menurut Lukman, progress pembangunan sudah mencapai tahap akhir, tinggal penyelesaian arsitektur dan mekanikal. "Pekerjaan struktural sudah selesai, tinggal arsitekturnya," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/10/2025).

Baca Juga: Nusa Putra University Perkuat Posisi sebagai Kampus Swasta dengan Mahasiswa Asing Terbanyak di Indonesia

Proyek ini merupakan salah satu program infrastruktur besar yang dilakukan pemkab Sukabumi. Bertujuan memfasilitasi 14 dinas yang selama ini berkantor jauh dari ibu kota kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu. Belasan dinas itu selama ini berkantor di wilayah utara Kabupaten Sukabumi.

Diketahui, pembangunan tahap pertama yang dilaksanakan pada tahun 2019 lalu yang diawali dengan proses cut and fill dan sebagian struktur. Kemudian tahap dua pada tahun 2020 dengan full struktur lima lantai dengan rooftop. Lalu pada tahun 2021 progres pembangunan tersebut dilanjutkan namun anggaran yang dikeluarkan tidak maksimal.

Tahapan pekerjaan penataan di area gedung perkantoran akan terdapat seperti area taman, pengerasan jalan serta sarana prasarana penunjang lainnya. Ia juga menyebutkan bahwa nantinya kawasan pusat perkantoran ini akan lebih representatif, nyaman dan aman.

Baca Juga: Menkopolhukam: Korban TPPO di ASEAN Meningkat, Berpotensi Jadi Pusat Penipuan

“Palabuhanratu sebagai ibu kota Kabupaten Sukabumi dijadikan induk pengembangan pusat perkantoran pemerintahan. Gedung itu berlantai 4 yang mana akan diisi oleh 14 dinas," ungkapnya.

Harapan Warga Palabuhanratu.

Lambatnya proses penyelesaian proyek ini, menjadi perhatian warga Palabuhanratu. Gedung yang sudah berdiri megah itu, kualitasnya mulai tergerus waktu salah satunya cat mulai memudar. Tokoh pemuda Palabuhanratu, Firman Nirwana Boestomi mengaku menyenangkan kondisi saat ini dari proyek pembangunan gedung pusat perkantoran Pemda Sukabumi.

Baca Juga: Komodonya Sukabumi! Tampang Biawak Penghuni Pesisir Ujunggenteng, Ada yang 2 Meter

"Hari ini terbengkalai sudah bertahun tahun dibiarkan begitu aja. Kondisinya saja bisa dilihat sudah ada yang pada rusak gitu. Jadi kami hanya mempertanyakan langkah selanjutnya bagaimana," sambungnya.

Ia juga bahkan menyebutkan bahwa gedung tersebut kini terlihat seperti menjadi sarang hantu karena tidak difungsikan dan dibiarkan begitu saja. "Saya berharap kepada pemerintah segera memberikan kejelasan terkait kelanjutan pembangunan tersebut agar anggaran yang sudah dikeluarkan tidak terbuang percuma," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life12 Oktober 2024, 00:16 WIB

Sekolah Inklusi: Tantangan dan Kebutuhan dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep sekolah inklusi telah menjadi semakin penting. Sekolah inklusi berarti semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK)
Ilustrasi anak sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih12 Oktober 2024, 00:03 WIB

Strategi Asep Japar di Pilkada: Sowan ke Tokoh-tokoh Sukabumi Secara Diam-diam

Asep Japar juga mengungkapkan jika ia sebenarnya lebih banyak melakukan sosialiasi dengan sillaturahmi secara diam-diam dan tanpa disorot kamera.
Asep Japar dan Andreas dalam konferensi pers di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi usai mendapatkan nomor urut 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi11 Oktober 2024, 23:03 WIB

Pasar Semi Modern Terminal Cibadak Diresmikan Bupati Sukabumi

Pasar Semi Modern Terminal Cibadak baru saja diresmikan oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, pada Jumat (11/10/2024). Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter persegi
Peresmian Pasar Semi Modern Cibadak oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Jumat (11/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi11 Oktober 2024, 22:36 WIB

Rakor Komisi III DPRD, Dorong Pengembangan Tiga Perumda Milik Pemkab Sukabumi

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat kerja bersama tiga Perusahaan Umum Daerah (Perumda), yaitu Perumda Pesona Pariwisata, Perumda Aneka Tambang, dan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.
Rakor Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi dengan 3 Perumda di Taman Rekreasi Tjimelati, Kamis (10/10/204) | Foto : Istimewa
Sukabumi11 Oktober 2024, 21:41 WIB

Meski 29 Laptop Raib Dicuri, Disdik Sukabumi Pastikan Siswa SDN 1 Cibodas Bisa Ikut ANBK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi memastikan siswa SDN 1 Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu bisa mengikuti ujian meski tidak memiliki peralatan berupa laptop karena hilang dicuri.
Siswa SDN 1 Cibodas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Mobil11 Oktober 2024, 21:32 WIB

Wuling Confero: Mobil Murah dan Nyaman untuk Keluarga, Simak di Sini Keunggulannya!

Berikut keunggulan, spesifikasi, mobil Wuling Confero yang nyaman untuk keluarga.
Mobil Wuling Confero. (Sumber Foto : Wuling)
Sukabumi11 Oktober 2024, 21:13 WIB

Kena Bacok di Punggung, Pelajar di Sukabumi Tewas Kehabisan Darah Usai Kalah Duel

Seorang pelajar SMA FMS (15 tahun) asal Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi tewas usai kalah duel. Jenazah FMS tiba di rumah duka pada Jumat (11/10/2024) sekira pukul 17:00 WIB setelah diotopsi di RS Polri
Suasana pemakaman jenazah FMS (15 tahun) di Kampung Cijengkol, Rt 3/4, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Jumat (11/10/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi11 Oktober 2024, 20:29 WIB

Bupati Beberkan Alasan Proyek Pusat Perkantoran Pemkab Sukabumi Dilanjutkan di 2025

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, memberikan penjelasan terkait kelanjutan proyek pembangunan gedung pusat Perkantoran Pemda, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, yang hingga kini belum rampung.
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel11 Oktober 2024, 20:00 WIB

Curug Ibun Pelangi, Air Terjun Terbaik di Majalengka yang HTMnya Hanya Rp10.000 Saja

Curug Ibun Pelangi, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menawarkan pesona alam yang memukau.
Curug Ibun Pelangi, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menawarkan pesona alam yang memukau. (Sumber : Instagram/@curugibunpelangi/@tediseptiana97).
Sukabumi11 Oktober 2024, 19:35 WIB

Kebenaran Air Ajaib Penuhi Toren Masjid di Cimanggu Sukabumi, Pak Kiyai Ungkap Faktanya

Warga Sukabumi dihebohkan dengan kejadian aneh yang terjadi di Kampung Ciburial, Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu. Sebuah toren tiba-tiba penuh dengan air padahal saat itu tidak ada sumber air yang diarahkan ke toren
Pimpinan Ponpes Nurul Kholasoh, KH. Saepul Anwar bersama Kapolsek Jampangkulon saat melihat toren yang mengeluarkan air ajaib | Foto : Ragil Gilang