KI Jabar Soal Keterbukaan Informasi Publik di Sukabumi, Ini Kata Sekda Ade Suryaman

Selasa 08 Oktober 2024, 12:17 WIB
Kadiskominfosan Kabupaten Sukabumi dampingi Sekda Ade Suryaman menerima visitasi tim KI Jabar (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)

Kadiskominfosan Kabupaten Sukabumi dampingi Sekda Ade Suryaman menerima visitasi tim KI Jabar (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Informasi Jawa Barat melakukan monitoring, evaluasi Inovasi serta Strategi Pelayanan Informasi Publik yang sudah dijalankan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Tim visitasi KI Jabar ini ingin memastikan sejauh mana badan publik di Kabupaten Sukabumi membuka akses informasi publik kepada masyarakat.

Pertemuan tim visitasi KI Jabar dan Pemkab Sukabumi ini berlangsung di Pendopo Sukabumi, Senin, 7 Oktober 2024. Ketim Tim Visitasi KI Jabar, Dr. Ijang Faisal mengatakan keterbukaan informasi publik merupakan elemen penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

"Visitasi untuk menilai apa yang sudah dilaksanakan badan publik di Kabupaten Sukabumi bisa terbuka sehingga informasi keterbukaan Publik bisa diketahui oleh masyarakat" ungkapnya, dikutip dari akun medsos resmi Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: Keluarga Kecewa, Kuasa Hukum Sebut Pembacok Maut Siswa di Sukabumi Divonis Ringan

Sekda Ade Suryaman yang menerima visitasi tim KI Jabar ini menegaskan keterbukaan informasi merupakan suatu keharusan bagi badan publik. "Badan Publik harus lebih ditingkatkan responsipitasnya terhadap masukan dari masyarakat tentang kualitas pelayanan Publik. Keberadaan PPID Utama Diskominfosan dan PPID pelaksana di seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan penting serta diperlukannya penguatan dan dukungan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya," tutur Sekda Ade.

Menurut Ade, keterbukaan informasi publik merupakan bagian penting dari reformasi birokrasi terutama untuk kinerja pemerintah daerah, dalam hal perumusan koordinasi dan sinkronisasi serta evaluasi kebijakan dan menguatkan Implementasi pelayanan publik.

"Oleh karenanya di tahun 2024 ini kami berupaya berbenah,memperbaiki beberapa kekurangan Penyediaan, dan Pelayanan Informasi Publik, "tandasnya.

Baca Juga: Waspada Hujan Meski Langit Panas! Prediksi Cuaca BMKG Periode 8-14 Oktober

Sinergitas Diskominfosan dengan PPID Pelaksana merupakan langkah Strategis yang harus ditingkatkan sehingga untuk tahun 2025 mendatang. Diharapkan adanya peningkatan kualitas pelayanan Informasi dan kolaborasi antar Perangkat Daerah.

Sekda berharap dengan adanya Visitasi ini, maka PPID utama dapat menyampaikan gambaran pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2024, dan rencana Inovasi Strategis tahun 2025.

"Mudah mudahan hasil dari monitoring evaluasi keterbukaan informasi publik Pemerintah Kabupaten Sukabumi meningkat dari tahun sebelumnya,” pungkas Ade Suryaman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi08 Oktober 2024, 17:31 WIB

DPRD Sebut Banyak Perkebunan di Sukabumi Nganggur, Mayoritas HGU Belum Sisihkan Lahan

Mayoritas perusahaan perkebunan di Kabupaten Sukabumi belum mengoptimalkan lahan yang mereka kelola, dari luasan lahan yang masing-masing perusahaan miliki sesuai izin, belum semua lahan digarap secara produktif.
Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi saat Rakor dengan sejumlah mitra kerja, Senin (7/10/2024) | Foto : Sukabumi Update
Life08 Oktober 2024, 17:30 WIB

Kereta Hantu Manggarai, Cerita Urban di Jalur Perlintasan Jakarta Bogor

Menyimpan Kisah Mistis Kereta Hantu, Stasiun Manggarai dikenal sebagai salah satu stasiun kereta api terbesar dan tersibuk di Indonesia.
Ilustrasi. Mitos Kereta Hantu Manggarai. Foto: Instagram/keretaapikita
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 17:08 WIB

Respons Kadisporapar Kota Sukabumi Usai Dinyatakan Melanggar Netralitas

Kadisporapar Kota Sukabumi memberikan respons usai dinyatakan melanggar netralitas ASN jelang Pilkada 2024 Sentra Gakkumdu setempat.
Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho. | Foto: Istimewa
Musik08 Oktober 2024, 17:00 WIB

Viral Video Joker: Folie Deux, Ini Lirik Terjemahan Lagu I Forgive You Sia!

I Forgive You Sia, lagu bergenre pop ini memiliki durasi musik selama 4 menit 20 detik, dengan lirik yang viral di penggalan "I, I forgive you. You are not what you have done".
Tangkapan Layar Video Klip Joker di Lagu I Forgive You Sia. Foto: YouTube/GerardoSuntasig
Entertainment08 Oktober 2024, 16:45 WIB

Setelah 7 Tahun, G-Dragon BIGBANG akan Comeback Solo pada 25 Oktober

Leader BIGBANG, G-Dragon dikonfirmasi akan merilis album tersebut sebagai penyanyi solo pada Jumat, 25 Oktober 2024 mendatang. Ini menjadi comeback ia setelah 7 tahun.
Setelah 7 Tahun, G-Dragon BIGBANG akan Comeback Solo pada 25 Oktober (Sumber : Instagram /@xxxibgdrgn)
Life08 Oktober 2024, 16:30 WIB

3 Terowongan di Jawa Barat yang Angker dan Menyimpan Kisah Misteri

Jawa Barat memang kaya akan cerita mistis, terutama yang terkait dengan tempat-tempat bersejarah seperti terowongan.
Terowongan Wihelmina - Jawa Barat memang kaya akan cerita mistis, terutama yang terkait dengan tempat-tempat bersejarah seperti terowongan. (Sumber : X/@Irps_BD).
Sukabumi08 Oktober 2024, 16:07 WIB

Laga Semifinal Turnamen Sepak Bola di Palabuhanratu Berakhir Ricuh, Ini Pemicunya

Kericuhan mewarnai laga semifinal turnamen Sepak Bola amatir di Palabuhanratu Sukabumi. Berikut pemicunya
Suasana kericuhan yang mewarnai laga semifinal turnamen sepak bola amatir atau tarkam di Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional08 Oktober 2024, 16:03 WIB

Pendaftaran PLN Journalist Award 2024 Sebulan Lagi, Kirimkan Karya Jurnalistik Terbaikmu!

Ajang tahunan ini menjadi kesempatan emas bagi para jurnalis di seluruh Tanah Air.
PT PLN (Persero) mengajak para insan Jurnalis untuk berpartisipasi dalam ajang PLN Journalist Award (PJA) 2024. | Foto: PLN
Entertainment08 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Tahun Bersama, Baim Wong Resmi Menggugat Cerai Paula Verhoeven

Nasib rumah tangga Baim Wong dan Paula Verhoeven yang menjadi pertanyaan banyak orang akhirnya terjawab sudah dengan Baim mengajukan permohonan cerai.
6 Tahun Bersama, Baim Wong Resmi Menggugat Cerai Paula Verhoeven (Sumber : Instagram/@paula_verhoeven)
Food & Travel08 Oktober 2024, 16:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan Olahan Ubi yang Mudah Dibuat, Hui Areuy Memang Juara!

Ubi jalar dalam bahasa Sunda disebut hui areuy, sering diolah menjadi aneka makanan, mulai dari menu bakery hingga gorengan hui boled.
Ilustrasi. Ubi Jalar Ungu. Ubi jalar dalam bahasa Sunda disebut hui areuy, sering diolah menjadi aneka makanan, mulai dari menu bakery hingga gorengan hui boled. (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)