2 Nelayan Pancing Ditemukan Selamat Setelah 3 Hari Terombang-ambing di Laut Ujunggenteng

Minggu 06 Oktober 2024, 12:39 WIB
Dua nelayan pancing yang hilang kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi ditemukan selamat dan kini mendapatkan perawatan medis di RSUD Palabuhanratu. (Sumber : Dok. Polairud Polres Sukabumi)

Dua nelayan pancing yang hilang kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi ditemukan selamat dan kini mendapatkan perawatan medis di RSUD Palabuhanratu. (Sumber : Dok. Polairud Polres Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Dua nelayan kru Kapal Congkreng KM Setia Jaya 17 yang dilaporkan hilang kontak di perairan Ujunggenteng Tengah, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ditemukan dalam keadaan selamat pada Minggu (6/10/2024) pagi.

Diketahui perahu nelayan yang dinakhodai oleh Iwan (45 tahun) dan ABK Ekih (46 tahun) ini dilaporkan hilang kontak sejak Kamis malam 3 Oktober 2024 saat melaut untuk menangkap ikan layur.

Informasi yang dihimpun, kedua korban berhasil ditemukan oleh KM Bintang Bahari 88 yang berlayar di lokasi dalam kondisi terombang-ambing di laut sekitar pukul 07.00 WIB. Mereka kemudian dievakuasi oleh tim Sat Polairud Polres Sukabumi.

Kasat Polairud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar mengatakan, perahu yang ditumpangi kedua nelayan tersebut ditemukan dalam keadaan terbalik akibat kebakaran yang disebabkan oleh ledakan genset. Lokasi penemuan berada sekitar 30 mil arah barat daya dari perairan Ujunggenteng.

“Saat ditemukan, mereka (dua kru kapal) masih berada di atas kapal yang sudah terbalik akibat kebakaran,” kata Tenda dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Setelah diselamatkan, lanjut Tenda, kedua kru kapal langsung dievakuasi ke Dermaga PPN Palabuhanratu. "Saat ini, mereka mendapatkan perawatan medis di RSUD Palabuhanratu untuk memastikan kesehatan mereka. Kedua kru saat ini dalam kondisi stabil. Kami melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan tidak ada cedera serius," jelasnya.

Dengan adanya kejadian ini, Tenda kemudian mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan nelayan yang beraktivitas di laut. "Kami bersyukur kedua kru kapal dapat ditemukan selamat. Situasi selama evakuasi berjalan aman dan kondusif, berkat kerja sama antara nelayan dan tim kami," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Perahu nelayan Setia Jaya 17 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan hilang kontak di laut Ujunggenteng.

Baca Juga: Kompor Gas Meledak, Perahu Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Terbakar di Laut Tegalbuleud

Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng, Asep Jeka, mengatakan perahu Setia Jaya 17 merupakan milik warga Kampung Cimenteng, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade. Selama ini perahu tersebut beroperasi di perairan laut Ujunggenteng.

"Perahu tersebut belayar pada Kamis sore 3 Oktober 2024, untuk mencing layur menggunakan alat pancing gajrut," kata Asep Jeka kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (5/10/2024).

Selanjutnya, kata Asep Jeka, kapal Setia Jaya 17 mulai hilang kontak pada Kamis malam Jumat. "Diperkirakan sekitar pukul 20.00 - 21.00 WIB, diperkirakan saat itu masih berada di laut Ujunggenteng," tuturnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional06 Oktober 2024, 14:07 WIB

Alasan Pemindahan ASN ke IKN Kembali Ditunda: Jokowi Minta Semua Perkantoran dan Hunian Siap

Menteri Basuki beberkan alasan pemindahan ASN ke IKN pada September ditunda lagi. Presiden Jokowi minta semua perkantoran dan hunian siap.
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan terkait perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), kepada media usai meresmikan Flyover Djuanda, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (06/09/2024). (Sumber Foto : Setkab.go.id)
Film06 Oktober 2024, 14:00 WIB

Film How To Make Millions Before Grandma Dies Wakili Thailand di Piala Oscar 2025

Film asal Thailand How To Make Millions Before Grandma Dies atau Lanma secara resmi masuk ke dalam kategori Best International Feature Film pada Piala Oscar 2025 mewakili negaranya.
Film How To Make Millions Before Grandma Dies Wakili Thailand di Piala Oscar 2025 (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat06 Oktober 2024, 13:45 WIB

Pembangunan Jalur Ganda KA Paledang Cicurug Sukabumi Akhirnya Rampung

Akhirnya proyek jalur ganda Bogor Paledang-Cicurug Sukabumi selesai setelah 10 tahun, dengan anggaran Rp 2,2 triliun.
Pembangunan Jalur ganda kereta api atau double track lintas Bogor-Sukabumi sudah rampung. (Sumber : Dok. DJKA Kemenhub/BTP Bandung)
Entertainment06 Oktober 2024, 13:00 WIB

Rose BLACKPINK Umumkan Album Solo Terbaru yang Dirilis Desember 2024

Rose BLACKPINK secara resmi akan comeback sebagai penyanyi solo dengan merilis album pertamanya bertajuk rosie pada Jumat, 6 Desember 2024 nanti.
Rose BLACKPINK Umumkan Album Solo Terbaru yang Dirilis Desember 2024 (Sumber : Instagram/@rose_are_rosie)
Sukabumi06 Oktober 2024, 12:39 WIB

2 Nelayan Pancing Ditemukan Selamat Setelah 3 Hari Terombang-ambing di Laut Ujunggenteng

Kedua nelayan tersebut terombang-ambing di Laut Ujunggenteng Sukabumi hingga hilang kontak dua hari akibat perahu yang ditumpangi mereka terbakar.
Dua nelayan pancing yang hilang kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi ditemukan selamat dan kini mendapatkan perawatan medis di RSUD Palabuhanratu. (Sumber : Dok. Polairud Polres Sukabumi)
Entertainment06 Oktober 2024, 12:00 WIB

Coldplay Akan Pensiun Usai Rilis Album ke-12, Chris Martin Ungkap Alasannya

Kabar kurang menyenakan datang dari band Coldplay yang dikabarkan akan pensiun dari dunia musik setelah merilis album ke-12 nanti. Tentunya kabar ini mengejutkan penggemar.
Coldplay Akan Pensiun Usai Rilis Album ke-12, Chris Martin Ungkap Alasannya (Sumber : Instagram/@coldplay)
Inspirasi06 Oktober 2024, 11:36 WIB

5 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, Ini Langkah PLN Sukabumi Guna Dukung Sektor Pertanian

Dukung sektor pertanian, PLN UP3 Sukabumi lakukan langkah ini sebagai bentuk komitmen selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir.
PLN UP3 Sukabumi resmi melakukan pemasangan baru untuk PT Banna Raya Sejahtera pada Rabu 2 Oktober 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi06 Oktober 2024, 11:25 WIB

Kompor Gas Meledak, Perahu Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Terbakar di Laut Tegalbuleud

Perahu terbakar di Laut Tegalbuleud Sukabumi, nelayan loncat ke laut untuk selamatkan diri. Kebakaran ini diduga akibat kompor gas meledak.
Perahu nelayan milik Haji Holil warga Ujunggenteng Sukabumi terbakar di perairan Tegalbuleud. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Entertainment06 Oktober 2024, 11:00 WIB

Berikut 6 Fakta Terbaru Kasus Vadel Badjideh Usai Diperiksa Hampir Delapan Jam

TikTokers Vadel Badjideh telah menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat, 4 Oktober 2024 atas dugaan asusila dan aborsi anak di bawah umur yang dilaporkan oleh Nikita Mirzani.
Berikut Fakta Terbaru Kasus Vadel Badjideh Usai Diperiksa Hampir Delapan Jam (Sumber : Instagram/@vadelbadjideh)
Inspirasi06 Oktober 2024, 10:20 WIB

Dukung Perekonomian dan Sektor Industri, PLN Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia

PLN UP3 Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia sebagai bentuk komitmen PLN selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.
PLN UP3 Sukabumi telah resmi memasok listrik dengan kapasitas daya sebesar 1.730.000 VA kepada PT Porto Food Indonesia. (Sumber : Istimewa)