Mitigasi Megathrust: Tsunami 16 Meter, Seluruh Kecamatan di Pesisir Sukabumi Waspada

Kamis 03 Oktober 2024, 15:40 WIB
Peta pemodelan potensi tsunami di pesisir Sukabumi dari zona Megathrust Selat Sunda. (Sumber: BMKG)

Peta pemodelan potensi tsunami di pesisir Sukabumi dari zona Megathrust Selat Sunda. (Sumber: BMKG)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terus memperkuat upaya mitigasi kebencanaan, terutama potensi ancaman megathrust. Sekda Ade Suryaman ungkap hasil kajian seluruh kecamatan di pesisir Kabupaten Sukabumi masuk zona sapuan tsunami dengan ketinggian mencapai 16 meter jika gempa megathrust terjadi.

Hal ini diungkap Ade, usai Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Megathrust, Hidrometeorologi Basah (Banjir, Banjir Bandang, Cuaca EkstremGelombang Ekstrem dan Abrasi, serta Tanah Longsor), dan Pilkada 2024 Daerah Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Grand Sunshine Resort & Convention, Kabupaten Bandung, Kamis (3/10/24).

Baca Juga: Dua Ekor Ditangkap, Buaya-buaya Besar Berkeliaran di Cianjur Kota

Menurut Ade, informasi ini bukan untuk menakut-nakuti warga tetapi sebagai bahan perencanaan mitigasi kebencanaan yang harus dilakukan. Rakor yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat ini bertujuan memperkuat kesiapan penanganan darurat bencana dari potensi gempabumi Megathrust,

Dari hasil rakor ini tegas Sekda Ade Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah rawan bencana dan jika terjadi bencana Megathrust. Potensi tsunami dengan ketinggian gelombang bisa mencapai 16 meter.

Sekda Ade Suryaman, Rakor Penanganan Bencana Megathrust, Hidrometeorologi Basah (Banjir, Banjir Bandang, Cuaca EkstremGelombang Ekstrem dan Abrasi, serta Tanah Longsor), dan Pilkada 2024 Daerah Provinsi Jawa BaratSekda Ade Suryaman, Rakor Penanganan Bencana Megathrust, Hidrometeorologi Basah (Banjir, Banjir Bandang, Cuaca EkstremGelombang Ekstrem dan Abrasi, serta Tanah Longsor), dan Pilkada 2024 Daerah Provinsi Jawa Barat

"Berdasarkan paparan tadi bahwa baik dari BMKG dan badan geologi ,Kabupaten Sukabumi adalah kabupaten yang rawan bencananya sangat besar dari paparan BMKG tadi menyatakan bahwa kalau terjadi tsunami di Kabupaten Sukabumi itu ketinggian itu rata-rata di 16 meter," jelasnya dikutip dari akun medsos resmi Pemkab Sukabumi.

Untuk itu pemkab Sukabumi akan meningkatkan mitigasi dan kesiapsiagaan serta akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai potensi bencana megathrust.

Baca Juga: Loker Sukabumi Sebagai Kasir di Gerai Minuman, Yuk Cek Kualifikasinya Disini!

"BPBD beserta teman-teman semua berarti harus bisa mensosialisasikan ke masyarakat yang ada di lapangan terutama wilayah-wilayah yang berkaitan dengan laut seperti di daerah geopark, dimulai dari cisolok,cikakak, palabuhanratu, simpenan, ciemas, ciracap sampai dengan tegal buleud,"terangnya.

“Meskipun bencana Megathrust belum pasti kapan akan terjadi, namun pemda menghimbau untuk tetap waspada. "saya berharap dengan persiapan rapat rakor hari ini,bisa bermanfaat sebagai informasi ke teman-teman semua baik untuk di kecamatan supaya hal ini tersosialisasikan tapi juga jangan takut bahwa megathrust ini dalam catatan tadi bisa jadi atau tidak terjadi tapi kesiapannya harus dipersiapkan oleh kita semua," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Orang yang Sakit Agar Segera Sembuh, Amalan Langsung dari Rasulullah SAW

Dalam Islam, doa memiliki peran penting dalam proses penyembuhan, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Ilustrasi - Dalam Islam, doa memiliki peran penting dalam proses penyembuhan, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Sukabumi03 Oktober 2024, 17:57 WIB

Bantu Perekonomian, Warga Berharap Batik Pakidulan Ciracap Sukabumi Hidup Kembali

Warga Ciracap Sukabumi menyayangkan sanggar batik pakidulan tutup. Berharap dibuka kembali.
Kondisi sanggar Batik Pakidulan di Kampung Cikaret, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Sukabumi03 Oktober 2024, 17:38 WIB

6 Tahun Terakhir Nol Kasus Rabies, Pj Gubernur Jabar Apresiasi Pemkab Sukabumi

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadiri peringatan hari rabies sedunia di Komplek GOR Pemuda, Cisaat, Kamis (3/10/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menghadiri peringatan hari rabies sedunia tingkat Provinsi Jabar di Cisaat Sukabumi, Kamis (3/10/2024). (Sumber Foto : Biro Adpim Jabar)
Sukabumi03 Oktober 2024, 17:30 WIB

Terekam CCTV: Pesan Burger, Pria Berjaket Ojol di Sukabumi Malah Curi Tablet

Pencurian di gerai Dtop Chicken and Burger Cipelang Kota Sukabumi Jawa Barat terekam CCTV, Kamis (3/10/2024).
Pria berjaket ojol curi tablet gerai Dtop Cipelang dekat pertigaan Sukakarya (Cemerlang) Kota Sukabumi (Sumber: cctv)
Food & Travel03 Oktober 2024, 17:30 WIB

Tutut Khas Sunda Jawa Barat, Cara Makannya Unik Pakai Jarum Pentul!

Tutut Khas Sunda Jawa Barat. Selain disedot, umumnya keong sawah dimakan dengan menggunakan jarum pentul atau tusuk gigi untuk mencongkel daging tutut dari cangkangnya.
Keong Sawah biasanya dimasak menjadi Tutut Kuah Kuning. | Foto: Instagram/warungmakdowerasli
Musik03 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Always Be A Fan Eva Grace yang Viral di Medsos

Kasus P Diddy membuat Lagu Always Be A Fan Eva Grace viral di media sosial karena dikaitkan dengan kisah asmara Justin Bieber, Selena Gomez dan Hailey Bieber.
Official Video Klip Lagu Always Be A Fan Eva Grace. Foto: YouTube/EvaGrace
Sukabumi03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Dikirim ke Lapas Bandung, Tersangka Korupsi PKBM di Sukabumi Modus Manipulasi Dapodik

OS menjabat Kepala PKBM Perintis sejak 2016.
OS (66 tahun) saat akan dikirim ke Lapas Bandung pada Kamis (3/10/2024). Dia adalah tersangka kasus dugaan korupsi di PKBM Perintis, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Entertainment03 Oktober 2024, 16:30 WIB

Video Agnez Mo Bongkar Sisi Gelap Hollywood Viral, Bikin Netizen Terkagum

Penyanyi Agnez Mo tengah menjadi perbincangan saat potongan video dirinya membahas sisi gelap industri musik Hollywood viral di media sosial Indonesia.
Video Agnez Mo Bongkar Sisi Gelap Hollywood Viral, Bikin Netizen Terkagum (Sumber : Instagram/@agnezmo)
Jawa Barat03 Oktober 2024, 16:09 WIB

Peran 3 Tersangka Baru Kasus Korupsi Dana Insentif Covid-19 RSUD Palabuhanratu

Berikut peran tiga tersangka baru kasus korupsi penyelewengan dana insentif tenaga kesehatan (nakes) Covid-19 di RSUD Palabuhanratu Sukabumi.
Konferensi Pers Polda Jabar terkait penetapan tiga tersangka baru dalam kasus korupsi dana insentif Covid-19 di RSUD Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Humas Polda Jabar)
Life03 Oktober 2024, 16:00 WIB

Misteri 7 Sumur Keramat Beji Depok dan Legenda Mbah Raden Wujud Beji

7 Sumur Keramat Beji adalah salah satu situs bersejarah dan spiritual yang terletak di kawasan Beji, Depok.
7 Sumur Keramat Beji adalah salah satu situs bersejarah dan spiritual yang terletak di kawasan Beji, Depok. (Sumber : Instagram/@infodepok_id/Google).