Titiknya Purwasedar, BMKG: Gempa Darat yang Guncang Sukabumi Disebabkan Sesar Aktif

Rabu 02 Oktober 2024, 09:40 WIB
Titik yang diperkirakan sebagai pusat gempa bumi pada Rabu pagi (2/10/2024) adalah Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Google Maps

Titik yang diperkirakan sebagai pusat gempa bumi pada Rabu pagi (2/10/2024) adalah Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Google Maps

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di selatan Sukabumi merasakan gempa bumi pada Rabu pagi (2/10/2024) dengan cukup kuat. Getaran ini dirasakan antara lain di Kecamatan Ciemas, Ciracap, Surade, dan Tegalbuleud. Melalui data terbaru, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut berkekuatan 4.5 magnitudo.
 
Petugas Balawista Kecamatan Ciemas Mohammad Piat Supriatna mengatakan guncangan dirasakannya kurang lebih selama lima detik. Berdasarkan laporan BMKG, gempa tektonik ini terjadi pukul 08.09.18 WIB. Episenternya adalah 7.35 LS dan 106.49 BT atau berlokasi di darat pada jarak 40 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 36 kilometer.
 
Melihat catatan episenter yang dilaporkan BMKG, redaksi sukabumiupdate.com menemukan titik gempa ini berada di sekitar Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap. "Kaget kaca jendela bergetar dan beberapa tetaangga berteriak ada gempa," kata Piat.
 
Di tempat lain, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciracap Dadang Priatna mengungkapkan getaran gempa yang cukup besar dirasakannya saat bersandar pada dinding rumah bagian depan. Dia pun kaget sehingga langsung melompat ke halaman. Hal serupa disampaikan P2BK Tegalbuleud, Noris, yang sampai kini masih memantau dampaknya.
 
 
Noris menyebut warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud yang lokasinya dekat dengan pantai ikut merasakan gempa 4.5 magnitudo tersebut. "Kalau di Tegalbuleud terasa kecil. Kami masih memantau takutnya di beberapa wilayah Tegalbuleud ada yang terdampak," ujarnya.
 
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan, jika memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Getarannnya dirasakan di Simpenan, Ujunggenteng, dan Tegalbuleud, dengan Skala Intensitas IV MMI (siang dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).
 
Kemudian di Kalibunder Skala Intensitas III-IV MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Kemudian pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi). Lalu di Cikakak, Palabuhanratu, Sukabumi, Bayah, Panggarangan, dan Malingping, Skala Intensitas III MMI.
 
Selanjutnya di Rangkasbitung dengan Skala Intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran juga dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Sementara di Kabandungan Skala Intensitas II MMI. Belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan. Hingga pukul 08.44 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Oktober 2024, 16:00 WIB

Kisah Dewi Rara Santang, Putri Prabu Siliwangi yang Juga Ibunda Sunan Gunung Jati

Dewi Rara Santang, putri dari Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja), adalah salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam sejarah dan legenda Kerajaan Pajajaran di Jawa Barat.
Ilustrasi - Dewi Rara Santang, putri dari Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja), adalah salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam sejarah dan legenda Kerajaan Pajajaran di Jawa Barat. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Keuangan04 Oktober 2024, 15:52 WIB

Prabowo akan Ganti Subsidi BBM Jadi BLT, Tujuannya agar Daya Beli Masyarakat Naik

Agus mengatakan telah melakukan kebijakan subsidi BBM selama beberapa tahun.
(Foto Ilustrasi) Prabowo Subianto berencana mengganti subsidi BBM dengan BLT. | Foto: Istimewa
Entertainment04 Oktober 2024, 15:15 WIB

Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar Datangi Polda Metro Jaya Untuk Temui Pelaku Penyebar Hoaks

Pasangan Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar mendatangi Polda Metro Jaya pada Rabu, 2 Agustus 2024 sore, untuk memenuhi pemanggilan dari penyidik terkait laporan yang dibuat oleh Aaliyah.
Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar Datangi Polda Metro Jaya Untuk Temui Pelaku Penyebar Hoaks (Sumber : Instagram/@aaliyah.massaid)
Inspirasi04 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Barista di Salah Satu Cafe di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Barista di Salah Satu Cafe di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya! (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Nasional04 Oktober 2024, 14:43 WIB

Dugaan Mark Up Iklan, KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi di Bank BUMD Jabar

Para tersangka diduga berkomplot menggelembungkan anggaran dan belanja iklan.
(Foto Ilustrasi) KPK menetapkan lima tersangka dalam kasus mark up dana penempatan iklan oleh Bank BJB. | Foto: Istimewa
Inspirasi04 Oktober 2024, 14:23 WIB

Parlemen Rasa Konglomerat

Kalau dulu kata orang, DPR adalah Dewan Perwakilan Rakyat, sekarang mungkin lebih cocok disebut Dewan Pengusaha (Kaya) Raya. Bayangkan, dari 575 anggota DPR periode 2024-2029, 262 di antaranya adalah pengusaha
Ilustrasi sejumlah anggota parlemen sedang berkumpul | Foto : Isitimewa
Sukabumi Memilih04 Oktober 2024, 14:14 WIB

Seret Desy Ratnasari di Pemilu 2024, Ribka Tjiptaning Laporkan KPU dan Bawaslu Jabar ke DKPP

Heddy enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai pokok laporan Ribka.
DKPP menerima aduan calon anggota legislatif dari PDIP Ribka Tjiptaning yang menyeret nama politikus PAN Desy Ratnasari. | Foto: Istimewa
Sukabumi04 Oktober 2024, 14:13 WIB

Pemkab Sukabumi Gelar Bimtek Keprotokolan dan Public Speaking bagi Perangkat Daerah dan RSUD

Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi melalui Bagian Prokompim menggelar Bimbingan Teknis Keprotokolan dan Publik Speaking bagi Perangkat Daerah dan RSUD
Bimbingan Teknis Keprotokolan dan Public Speaking dilingkungan Pemkab Sukabumi | Foto : Dokpim
Food & Travel04 Oktober 2024, 14:00 WIB

Unik! Wisata Wooly Cafe di Bogor Ini Bisa Makan Bareng Domba

Apakah Updaters pernah membayangkan bagaimana suasana makan bareng Shaun The Sheep? Nah, sensasi itu bisa Anda dapatkan di Wisata Bogor Wooly Cafe satu ini.
Wooly Sheep Cafe and Resto. Foto: Instagram/@woolycafe.id
Food & Travel04 Oktober 2024, 13:00 WIB

Wisata Tangerang Telaga Biru Cisoka, HTMnya Cuma Rp5.000 dan Berjarak 1 Jam dari Jakarta

Keunikan Wisata Tangerang Telaga Biru Cisoka terletak pada proses terbentuknya. Telaga ini dulunya merupakan bekas galian tambang pasir.
Telaga Biru Cisoka merupakan salah satu destinasi Wisata Tangerang, Banten, yang menawarkan pesona alam yang unik dan menawan. (Sumber : Instagram/@heyday22_).