Perkuat Kesiapsiagaan, PLN UP3 Sukabumi Adakan Simulasi Tanggap Darurat Bencana Gempa

Sabtu 28 September 2024, 08:40 WIB
Kegiatan sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa yang diadakan PLN UP3 Sukabumi bersama BPBD Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Kegiatan sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa yang diadakan PLN UP3 Sukabumi bersama BPBD Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, PLN UP3 Sukabumi berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menggelar sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa.

Acara ini berlangsung di kantor PLN UP3 Sukabumi dan dihadiri oleh pegawai PLN UP3 Sukabumi, perwakilan dari Unit Layanan Pelanggan (ULP), serta Tenaga Ahli Dinas (TAD) yang berada di lingkungan PLN UP3 Sukabumi, Jumat 27 September 2024.

Menghadapi potensi ancaman gempa megathrust yang belakangan ini semakin sering dibicarakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam merespons situasi darurat.

Dalam kesempatan itu BPBD Kota Sukabumi memberikan paparan mengenai langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi bencana serta menekankan pentingnya kesadaran akan risiko bencana.

“Pendidikan dan pelatihan tanggap bencana sangat krusial untuk meminimalisir dampak yang dapat ditimbulkan. Kita harus tahu apa yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah terjadinya gempa,” kata Anggota BPBD Kota Sukabumi, Yudi.

Baca Juga: Transformasi Digital 5 Tahun Erick Thohir, Layanan Catat Meter Mandiri PLN Mobile Beri Kemudahan

Kegiatan ini dilanjutkan dengan simulasi evakuasi yang melibatkan seluruh peserta. Dalam simulasi ini, pegawai PLN UP3 Sukabumi dilatih untuk menemukan tempat aman, melakukan evakuasi dengan cepat, dan menghindari area berbahaya. Seluruh pegawai tampak antusias, mengikuti instruksi dengan serius.

Manager PLN UP3 Sukabumi, Yuniar Budi Satrio, menyampaikan bahwa PLN berkomitmen untuk selalu mengedukasi dan melatih pegawai dalam berbagai aspek keselamatan.

“Kegiatan sosialisasi dan simulasi ini merupakan langkah konkret kami dalam membangun budaya keselamatan di lingkungan kerja. Dengan adanya pemahaman yang baik tentang mitigasi bencana, kami berharap seluruh pegawai dapat mengambil tindakan yang tepat dan cepat jika terjadi bencana,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat terpisah General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

“Melalui sosialisasi dan simulasi ini, PLN berharap dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pegawai serta masyarakat sekitar dalam menghadapi bencana, sehingga dapat meminimalisir risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh gempa di masa depan. Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik, diharapkan semua pihak dapat lebih waspada dan tanggap dalam menghadapi ancaman bencana yang mungkin terjadi.” tegasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment28 September 2024, 14:00 WIB

Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Thailand

Raffi Ahmad membagikan kabar bahagia ketika ia mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM), Thailand.
Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Thailand (Sumber : Instagram/@raffinagita1717)
DPRD Kab. Sukabumi28 September 2024, 13:48 WIB

DPRD Bersama Pemkab Sukabumi Sepakati APBD Perubahan 2024 Rp4,6 Triliun

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati Raperda APBD perubahan tahun anggaran 2024 menjadi Perda Definitif.
DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda sepakati Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2024. (Sumber Foto : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Film28 September 2024, 13:00 WIB

7 Rekomendasi Drama Korea Wi Ha Joon yang Fan Meeting di Indonesia Hari Ini

Aktor asal Korea Selatan, Wi Ha Joon akan menggelar fan meeting bertajuk WI HA JUN 2024 FAN MEETING TOUR, A Wively Day” di Indonesia hari ini, 28 September 2024 di The Kasablanka, Mall Kota Kasablanka, Jakarta.
7 Rekomendasi Drama Korea Wi Ha Joon yang Fan Meeting di Indonesia Hari Ini (Sumber : Instagram/@wi_wi_wi)
Sukabumi28 September 2024, 12:45 WIB

Lewat 'Light Up The Dream', PLN Nyalakan Mimpi Ai Warga Pra-Sejahtera di Nagrak Sukabumi

Dapat bantuan sambungan listrik gratis, Ai mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam kepada PLN UP3 Sukabumi dan ULP Cibadak.
Lewat Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cibadak bantu penyambungan listrik gratis bagi rumah Ai warga Pra-Sejahtera di Nagrak. (Sumber : Istimewa)
Nasional28 September 2024, 12:44 WIB

Kemendikbudristek Klaim Angka Buta Aksara Penduduk Indonesia Menurun

Direktur PMPK Kemendikbudristek Baharudin, mengatakan upaya untuk menurunkan buta aksara terus dilakukan, khususnya di bawah payung program Merdeka Belajar.
Ilustrasi. Seorang pegiat literasi sedang mengajarkan seorang ibu rumah tangga membaca, untuk memberantas buta aksara. (Sumber Foto: Dok. Lentera Pustaka.)
Entertainment28 September 2024, 12:00 WIB

Sukses Dengan Armaggedon, aespa Umumkan Comeback Mini Album Baru Oktober Nanti

Sukses dengan Armageddon, aespa secara resmi mengumumkan akan comeback dengan merilis mini album kelima pada Senin, 25 Oktober 2024 nanti.
Sukses Dengan Armaggedon, aespa Umumkan Comeback Mini Album Baru Oktober Nanti (Sumber : Instagram/@aespa_official)
Sukabumi28 September 2024, 11:01 WIB

PLN Sukabumi Nyalakan Mimpi dan Harapan Warga Kurang Mampu Lewat 'Light Up The Dream'

Program penyambungan listrik gratis ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mewujudkan visi energi berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Program “Light Up The Dream”, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cikembar beri bantuan penyambungan listrik gratis bagi warga kurang mampu. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi28 September 2024, 11:00 WIB

Penempatan di Kabupaten Sukabumi, Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket Minimal SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Penempatan di Kabupaten Sukabumi, Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket Minimal SMA. (Sumber : Freepik)
Sukabumi28 September 2024, 10:51 WIB

Viral Pria Berlumuran Darah dan Jari Putus usai Dibegal di PLTU Palabuhanratu, Polisi: Hoaks!

Cek fakta pria berlumuran darah dengan jari tangan putus usai dibegal di Pltu Palabuhanratu Sukabumi.
Cek fakta video viral pria berlumuran darah dengan jari putus usai dibegal di PLTU Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Life28 September 2024, 10:00 WIB

Jangan Dulu Dibongkar! 5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah

WC mampet memang bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu.
Ilustrasi - WC mampet memang bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock).