Dekat Dari Kota Sukabumi, Ini 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Warungkiara

Minggu 29 September 2024, 23:00 WIB
Bukit Jati Kejora di Warungkiara Sukabumi cocok jadi tempat selfie serta camping. | Foto: IG @bukitjati_kejora

Bukit Jati Kejora di Warungkiara Sukabumi cocok jadi tempat selfie serta camping. | Foto: IG @bukitjati_kejora

SUKABUMIUPDATE.com - Warungkiara merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis karena berada tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi sekaligus berada di jalur lintasan menuju Ibukota Palabuhanratu dan Geopark Ciletuh.

Di Kecamatan Warungkiara tedapat beberapa destinasi wisata yang menawarkan berbagai wisata menarik yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Berikut adalah empat rekomendasi tempat wisata yang patut Anda kunjungi di Warungkiara:

1. Situ Halimun

Terletak di kawasan Warungkiara, Situ Halimun adalah danau yang dikelilingi hutan hijau dan pegunungan, menciptakan suasana tenang dan segar. Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah, memancing, atau melakukan aktivitas outdoor seperti hiking dan camping. Tempat ini sangat cocok bagi pencinta alam yang ingin merasakan ketenangan.

Jika Anda tertarik mengunjungi, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup dan menjaga kebersihan lingkungan. Situ Halimun menawarkan pengalaman yang menyegarkan bagi siapa pun yang mencintai keindahan alam.

Baca Juga: Menikmati Wisata Alam Bukit Jati Kejora di Sukabumi, Cocok untuk Liburan Keluarga

2. Wisata Ekstrim Arun Jeram Jeram Cicatih

Arung jeram sungai Cicatih berlokasi di Warungkiara, Kab Sukabumi, Jawa Barat. Sungai Cicatih Sukabumi masuk pada grade III-IV. Arung jeram di Sungai Cicatih dikenal cukup menantang dan seru. Ada sejumlah 20 jeram dan memiliki jeram terkenal di Jawa Barat seperti: Jeram Warog, Jeram Zigzag, Jeram Gigi dan jeram-jeram populer lainnya akan membuat trip arung jeram ini tidak terlupakan.

Sungai Cicatih juga terkenal dengan sungainya yang lebar dan debit air yang cenderung stabil baik di musim hujan & musim kemarau. Jadi jangan takut dengan musim kalau rafting di Cicatih. Musim hujan aman, musim kemarau air tidak surut. Ditambah dengan tim rescue yang siap sedia selalu mengamankan dalam situasi apapun.

3. Wisata Ekstrim Niagara Adventure

Niagara Adventure adalah wahana wisata alam yang terletak di Dusun Bojong Kerta, Desa Sirna Jaya, Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi. Lingkungan yang eksotis, udara yang sejuk, aliran sungai Citatih dan Cimandiri dengan tingkat derasnya arus yang cukup tinggi serta letaknya yang terpisah dari keramainan kota membuat wahana ini sangat representatif sebagai tempat berlibur.

Meski baru berdiri di tahun 2012, dengan pengelolaan yang profesional Niagara Adventure mengalami pertumbuhan yang pesat dengan tamu setiap bulannya kini mencapai lebih dari 1000 orang, menempatkannya menjadi salah satu wahana wisata alam terdepan di Sukabumi.

Saat ini Niagara Adventure memfasilitasi berbagai aktivitas luar ruangan seperti rafting citatih, paintball, camping (berkemah) serta penginapan dan outbound training. Dengan luas area sekitar 5 hektar, Niagara Adventure memiliki finish point yang terletak tepat di tepi sungai Citatih sebagai lokasi penginapan dan lapangan terbuka serta sebagian besar aktivitas luar ruangan, juga meeting point di tepi jalan raya Pelabuhan Ratu yang mempermudah Bus-bus besar mengakses jalan menuju ke meeting point yang juga dijadikan sebagai lokasi wisata kuliner Sukabumi.

4. Wisata Alam Bukit Jati Kejora

Destinasi wisata yang terjangkau ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan tiket masuk hanya Rp 5.000. Terletak di Kampung Legok Manggu, Bukit Jati Kejora dikelilingi pohon jati dan menawarkan spot foto menarik serta fasilitas untuk bersantai, seperti kafe dan gazebo. Lokasi ini ideal untuk liburan akhir pekan yang menyenangkan.

Bukit Jati Kejora menjadi alternatif destinasi wisata alam yang murah di Kabupaten Sukabumi karena pengunjung cukup dengan membayar Rp 5 ribu bisa menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata.

Terletak di Kampung Legok Manggu RT 02 RW 10 Desa/Kecamatan Warungkiara, sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang dibuka sejak 22 April 2022 ini dikelilingi pohon jati sehingga memberikan nuansa asri dan sejuk sehingga cocok untuk mengisi libur akhir pekan bersama keluarga maupun pasangan.

Jarak menuju kawasan ini terbilang cukup dekat dari exit Tol Bocimi di Cigombong, Cicurug. Jarak tempuh dari exit tol sekitar 1 jam 30 menit. Bukit Jati Kejora biasanya ramai di hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Pengelola Bukit Jati Kejora, Asep mengatakan, kawasan wisata alam yang memiliki luas sekitar 12 ribu meter persegi ini terdapat sejumlah spot untuk selfie atau swafoto, mulai payung gantung, terowongan segitiga hingga rooftop.

Tak hanya menyajikan fasilitas swafoto, Bukit Jati Kejora juga menyajikan fasilitas kafe, area untuk bersantai dengan menggunakan ayunan (hammock), hingga gazebo yang bisa dipakai untuk tempat kumpul keluarga maupun komunitas.

5. Kolam Renang Deri atau Demix

Kolam Renang Demix yang terletak di Desa Sukaharja menawarkan tempat berenang yang nyaman dengan harga tiket masuk Rp 20.000. Cocok untuk keluarga, kolam renang ini menjadi pilihan populer di Warungkiara untuk bersantai dan menikmati waktu bersama.

Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan kunjungan Anda ke Kecamatan Warungkiara dan nikmati keindahan alam yang menawan!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi29 September 2024, 23:00 WIB

Dekat Dari Kota Sukabumi, Ini 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Warungkiara

Kecamatan Warungkiara menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman
Bukit Jati Kejora di Warungkiara Sukabumi cocok jadi tempat selfie serta camping. | Foto: IG @bukitjati_kejora
Life29 September 2024, 21:00 WIB

Anak Susah Tidur di Malam Hari? Bun, Coba 12 Tips Ini!

Rutinitas dapat memberi sinyal kepada anak bahwa waktunya untuk bersiap-siap tidur, sehingga anak lebih mudah untuk mengantuk di malam hari.
Ilustrasi. Anak Tidur di Malam Hari (Sumber : Pixabay/dlsdcgl)
Sukabumi29 September 2024, 20:14 WIB

Badai di Sukabumi: Banyak Rumah Rusak, Jalan di Palabuhanratu Tertutup Pohon Tumbang

Sejumlah rumah warga di Warungkiara dilaporkan rusak, pohon dan tiang listrik roboh, termasuk jalan A Yani Palabuhanratu sempat tertutup pohon akasia yang tumbang.
Bersama warga, personel Samapta Polres Sukabumi evakuasi pohon tumbang di Palabuhanratu, Minggu (29/9/2024) (Sumber: istimewa)
Life29 September 2024, 20:00 WIB

Ada 11 Hal yang Bisa Membuat Orang Tua Bangga Pada Anak, Gak Cuma Uang Ya!

Prestasi dan keberhasilan sering menjadi kebanggaan, tetapi nilai-nilai moral, kepedulian, dan kemandirian juga sangat dihargai oleh orang tua.
Ilustrasi. Hal yang Bisa Membuat Orang Tua Bangga Pada Anaknya Tidak Hanya Seputar Uang. (Sumber : Pixabay/TungLam)
Sukabumi29 September 2024, 19:33 WIB

Gudang Mainan Anak Pondok Pesantren di Cidahu Sukabumi Terbakar

Tidak ada korban jiwa maupun luka dari peristiwa tersebut. Api diduga muncul dari korsleting listrik yang terjadi salah satu bangunan milik ponpes.
Kebakaran terjadi di Pondok Pesantren Albarakah Madani, Minggu (29/9/2024) pukul 14.10 WIB. (Sumber: istimewa)
Sukabumi Memilih29 September 2024, 19:16 WIB

Perempuan Berpolitik, Tim Ketufat Pendukung Paslon 02 di Pilwalkot Sukabumi 2024

Konsolidasi tim pemenangan anggota DPRD Kota Sukabumi dari Fraksi PAN Fatimah dengan paslon dengan tagline AYEUNA ini berlangsung Cafe Nyoempoet, Jalan Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, pada Minggu, 29 September 2024.
Konsolidari paslon 02 Ayep Zaki-Bobby Maulana dan Tim Ketufat jelang Pilwakot Sukabumi 2024 (Sumber: dok tim media AYEUNA)
Kecantikan29 September 2024, 19:00 WIB

Skincare Alami, Ini 12 Tips Mengurangi Makanan Berminyak Agar Wajah Glowing

Skincare Alami Sebagai Tips Mengurangi Makanan Berminyak Agar Wajah Glowing: Selalu prioritaskan makanan segar daripada makanan olahan atau yang digoreng.
Ilustrasi. Wajah Glowing Berkat Skincare Alami, Ini Tips Mengurangi Makanan Berminyak (Sumber : Freepik/lookstudio)
Musik29 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bahagia Tanpaku Keisya Levronka, Video Klip Epic Bernuansa Adat Indonesia!

Lagu Bahagia Tanpaku dipopulerkan oleh penyanyi besutan Indonesian Idol yang sebelumnya sukses dengan single "Tak Ingin Usai", yakni Keisya Levronka.
Official Video Lagu Bahagia Tanpaku Keisya Levronka Bernuansa Adat Indonesia. Foto: YouTube/Keisya Levronka Channel
Sukabumi29 September 2024, 16:56 WIB

Geng Motor Tusuk dan Rebut Motor Pemuda di Sukabumi, Korban Masuk Rumah Sakit

MFF dan teman-temannya berusaha menghentikan pengeroyokan terhadap korban.
(Foto Ilustrasi) ISA (20 tahun) dan R (20 tahun) menjadi korban kebrutalan geng motor di Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Arena29 September 2024, 16:03 WIB

Hasil MotoGP Indonesia 2024: Jorge Martin Juara, Francesco Bagnaia Urutan Ketiga

Martin memulai balapan dari start di posisi pertama.
Podium MotoGP Indonesia 2024  di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 29 September 2024. | Foto: Instagram/@motogp