Pengerasan Jalan Sektor Perkebunan di Cidolog Sukabumi Disorot Warga, Ini Kata Distan

Rabu 25 September 2024, 21:52 WIB
Proyek pengerasan jalan sektor perkebunan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Proyek pengerasan jalan sektor perkebunan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan jalan produksi sektor perkebunan di Kampung Ciwaru, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan dari warga. Pasalnya, pelaksanaan proyek yang dimulai pada 21 September 2024 ini dianggap tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Proyek pengerasan jalan yang dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Tani Sugih Mukti itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2024 sebesar Rp 855 juta.

Dari informasi yang dihimpun, proyek pengerasan jalan sepanjang 2 kilometer lebih dengan lebar 3 meter itu merupakan upaya Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dalam mendorong mobilisasi hasil perkebunan yang mencakup lahan seluas 70 hektar.

Seorang warga, Yayang, mengungkapkan kekhawatirannya terkait kualitas pengerasan jalan. Ia mencatat bahwa terdapat bagian yang tidak menggunakan pasir sebelum dipasang batu pecah, yang dapat berpotensi menyebabkan batu cepat lepas, terutama saat musim hujan dan kendaraan melintas.

Baca Juga: Dibiayai DAK Distan Rp120 Juta, Kelompok Tani Bangun Irigasi di Sagaranten Sukabumi

"Ada titik pengerjaan yang tidak menggunakan pasir sebelum dipasang batu pecah, Kami berharap dinas terkait dapat lebih mengawasi pengerjaan jalan pertanian ini," kata Yayang kepada sukabumiupdate.com, Rabu (25/9/2024).

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPTD Pertanian Wilayah Sagaranten, Nourma Syahidawati, menjelaskan bahwa mereka telah berkoordinasi dengan ketua kelompok tani. Dia mengakui ada bagian sepanjang 1 meter yang tidak menggunakan pasir, namun telah dibongkar dan diperbaiki.

"Ya, itu pengerjaan dengan swakelola. Tadi juga ada Kepala TU UPTD Pertanian Sagaranten, BPP Kecamatan Cidolog, Babinsa, Danpospol Cidolog, Bhabimkabtimas, selalu memantau pekerjaan," terangnya.

"Insyaalloh, kami akan memastikan pengerjaan jalan produksi sektor perkebunan itu berjalan dengan baik dan sesuai RAB," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi26 September 2024, 00:21 WIB

Refleksi 64 tahun UUPA: RAPS dan Instrumen Pembaruan Neo-Liberal

Reforma Agraria Perhutanan Sosial (RAPS), menjadi instrumen pembaruan jalan kapitalisme liberalisme yang pernah dipaksakan oleh pemerintah kolonial Belanda,
Dr. H. Yana Fajar FY. Basori, S. Ag., M. Si | Foto : Istimewa/SU
Sukabumi25 September 2024, 23:07 WIB

UPTD PU Sukabumi: Ruas Jalan Pakuwon-Cipeuteuy Mulus, Ekonomi Warga Meningkat

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PU Wilayah III saat ini tengah melakukan perbaikan di ruas jalan Pakuwon - Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan.
Perbaikan ruas jalan Pakuwon-Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan25 September 2024, 22:35 WIB

Belajar Trading Binary Gratis: Kupas Tuntas Platform Stockity!

Belajar Trading Binary gratis terkait mengupas tuntas apa itu Platform Stockity.
Ilustrasi trading binary. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi25 September 2024, 21:52 WIB

Pengerasan Jalan Sektor Perkebunan di Cidolog Sukabumi Disorot Warga, Ini Kata Distan

Pembangunan jalan produksi sektor perkebunan di Kampung Ciwaru, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan dari warga
Proyek pengerasan jalan sektor perkebunan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 September 2024, 21:11 WIB

Rokok Ilegal Bertebaran di Sukabumi, 24.684 Batang Udut Disita

Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi dan Bea Cukai Bogor menggelar razia rokok ilegal atau tanpa cukai ke sejumlah toko dan warung di Kabupaten Sukabumi.
Hasil operasi razia peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Inspirasi25 September 2024, 20:20 WIB

Menengok Pendapatan Warga Bangbayang Sukabumi dari Kuli Sadap Getah Pinus Tegalbuleud

Warga Desa Bangbayang merasa terbantu dengan adanya pekerjaan sampingan sebagai kuli sadap getah pohon pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi.
Kuli sadap getah pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi jadi penghasilan tambahan warga Desa Bangbayang. (Sumber : SU/Ragil)
Food & Travel25 September 2024, 20:00 WIB

Situ Cibeureum Bekasi, Danau Indah Nan Gratis yang Hanya 1 Jam dari Jakarta

Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri.
Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri. (Sumber : Instagram/@arie_46/HARIDARMAWAN.COM).
Sukabumi25 September 2024, 19:35 WIB

Tersambar Petir, Rumah Warga di Parungkuda Sukabumi Terbakar

Sebuah rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Kampung Babakan RT 20/03, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mengalami kebakaran setelah tersambar petir pada Rabu (25/9/2024)
Tersambar petir dan kebakaran menimpa rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Parungkuda Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Entertainment25 September 2024, 19:30 WIB

Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024

Kabar gembira buat BLINK Tanah Air karena Lisa BLACKPINK akan datang ke Indonesia melalui acara ‘LISA Fan Meetup in Asia 2024’ pada Jumat, 15 November 2024
Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024 (Sumber : Instagram/@lalalalisaa_m)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 19:27 WIB

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Ketua Dijabat Budi Azhar Mutawali.
Prosesi penyerahan palu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. (Sumber : Dok. DPRD Kabupaten Sukabumi)