Respons Pengendara soal Tol Bocimi Seksi 2 Akhirnya Resmi Dibuka Kembali Usai Ditunggu Berjam-jam

Selasa 24 September 2024, 21:27 WIB
Kondisi arus lalu lintas di keluar Gerbang Tol Parungkuda pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Selasa (24/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)

Kondisi arus lalu lintas di keluar Gerbang Tol Parungkuda pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Selasa (24/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah 5 bulan lebih ditutup karena perbaikan permanen pasca-longsor di KM 64+600, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak resmi dibuka kembali baik dari arah Jakarta maupun Sukabumi pada pukul 17.55 WIB, Selasa (24/9/2024).

PT Trans Jabar Tol (TJT), selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Bocimi, memastikan pengoperasian kembali ruas tol ini secara fungsional serta tanpa tarif alias gratis.

Kepastian tersebut disampaikan TJT melalui akun media sosial Instagram mereka @transjabartol pada Selasa sore.

"Dengan beroperasionalnya kembali Seksi 2 Cigombong-Cibadak secara fungsional, perjalanan dari dan menuju wilayah Sukabumi kembali lebih cepat," tulis TJT.

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Resmi Dibuka Fungsional Dua Arah

Pembukaan kembali Tol Bocimi Seksi 2 ini disambut antusias oleh masyarakat. Salah satunya Amar (34 tahun). Warga Kota Sukabumi yang hendak menuju Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, tersebut mengungkapkan rasa lega dan antusiasnya.

"Saya sudah tahu informasinya, jadi sengaja lewat sini (Tol Bocimi). Tadi sudah menunggu dua jam, karena kalau lewat jalur biasa bedanya lumayan jauh," kata Amar kepada sukabumiupdate.com di Gerbang Tol Parungkuda.

Poster digital pengumuman PT TJT terkait Tol Bocimi Seksi 2 Kembali beroperasi secara fungsional dan tanpa tarif. | Sumber: IG @transjabartolPoster digital pengumuman PT TJT terkait Tol Bocimi Seksi 2 Kembali beroperasi secara fungsional dan tanpa tarif. | Sumber: IG @transjabartol

Pengendara lain asal Kota Sukabumi, Rifki (30 tahun), juga merasa senang meski belum terlalu lama menunggu. "Lewat jalur biasa sering macet, apalagi saya mau kerja jadi kejar waktu. Lewat tol ini bisa hemat waktu berjam-jam, kalau lancar cuma 20 menit sampai," ujarnya.

Baca Juga: Dibuka Kembali 24 September 2024 Pagi, Perbaikan Tol Bocimi Seksi 2 Rampung

Sebelumnya, Kapolres Sukabumi, AKBP Samian, yang berada di lokasi saat pembukaan, mengonfirmasi bahwa akses tol dari Parungkuda menuju Jakarta dan sebaliknya sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

"Alhamdulillah, tepat pada pukul 17.55 WIB, Tol Bocimi gate Parungkuda resmi dibuka untuk pengendara yang ingin menuju Jakarta maupun yang datang dari arah Jakarta ke Sukabumi," ujar Samian.

Menurut Samian, pembukaan tol ini sudah final, dan seluruh persiapan, termasuk pengecekan kelayakan dan kesiapan, telah dilakukan oleh tim dari Kementerian PUPR, BPJT, serta Korlantas Polri. "Semua jenis kendaraan, dari golongan apa pun, sudah bisa masuk dan menggunakan tol seperti biasa," jelasnya.

Samian juga berharap dibukanya kembali tol Bocimi dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di Gerbang Tol Cigombong, khususnya di jalur menuju dan dari Sukabumi. "Dengan tol ini beroperasi kembali, kami berharap masyarakat dapat beraktivitas lebih lancar, waktu perjalanan bisa dipangkas, dan biaya operasional berkurang," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 September 2024, 23:17 WIB

2 Suporter Persija Jadi Tersangka Kasus Perusakan Rumah di Sukabumi

2 oknum The Jakmania atau suporter Persija ditetapkan jadi tersangka dalam kasus perusakan rumah di Warudoyong Sukabumi gegara rusak banner Viking Persib.
Tangkapan layar video oknum suporter Persija atau The Jakmania saat melakukan keributan dan perusakan rumah di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin sore, 23 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi24 September 2024, 22:28 WIB

Demo di Kantor DPTR, Ratusan Petani dan Mahasiswa Sukabumi Blokade Jalan

Ratusan Mahasiswa dan Petani yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Agraria Sukabumi geruduk kantor Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi. Selasa (24/9/2024)
Aksi demontrasi di depan Kantor DPTR Kabupaten Sukabumi. Selasa (24/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi24 September 2024, 22:24 WIB

Ini Klarifikasi The Jakmania Sukabumi Terkait Insiden Perusakan Rumah di Warudoyong

Berikut klarifikasi dari The Jakmania Sukabumi terkait peristiwa penyerangan sebuah rumah di Warudoyong Kota Sukabumi.
The Jakmania Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi24 September 2024, 21:27 WIB

Respons Pengendara soal Tol Bocimi Seksi 2 Akhirnya Resmi Dibuka Kembali Usai Ditunggu Berjam-jam

Respons pengendara usai Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali pada Selasa (24/9/2024).
Kondisi arus lalu lintas di keluar Gerbang Tol Parungkuda pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Selasa (24/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat24 September 2024, 20:59 WIB

Sempat Berkarir di Pemkab Sukabumi, Teppy Dharmawan Dilantik Jadi Pjs Bupati Karawang

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik lima Pejabat Sementara (Pjs.) Bupati menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, salah satunya Teppy Wawan Dharmawan sebagai Pjs. Bupati Karawang
Teppy Wawan Dharmawan, Pjs Bupati Karawang | Foto : Istimewa
Sukabumi24 September 2024, 20:41 WIB

Resmikan 2 Ruas Jalan yang Diperbaiki PU di Jampangtengah Sukabumi, Ini Harapan Bupati

Berikut dua ruas jalan di Jampangtengah Sukabumi yang selesai diperbaiki Dinas PU kemudian diresmikan Bupati Marwan Hamami.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kadis PU Dede Rukaya dan Forkopimcam setempat saat meresmikan dua ruas jalan di Jampangtengah. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi24 September 2024, 20:05 WIB

Komplotan Begal Bersajam yang Resahkan Warga Kota Sukabumi Berhasil Dilumpuhkan

Tiga komplotan begal bersenjata tajam (sajam) di Kota Sukabumi berhasil diamankan Polisi. Ketiganya dihadiahi timah panas karena berusaha melarikan diri saat hendak diamankan.
Tiga pelaku begal saat dihadirkan dapam komferensi pers di Polres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Life24 September 2024, 20:00 WIB

Jurig Jarian, Hantu dari Tanah Sunda yang Konon Mendiami Tempat Sampah

Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah.
Ilustrasi Jurig Jarian - Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah. (Sumber : imdb.com).
Sukabumi24 September 2024, 19:39 WIB

Viral Lansia di Simpenan Sukabumi Tiba-tiba Terjatuh Lalu Meninggal Saat Menari Jaipong

Berikut kronologi kejadian viral pria lansia di Simpenan Sukabumi tiba-tiba terjatuh lalu meninggal saat menari Jaipong.
Cuplikan video detik-detik saat pria lansia di Simpenan Sukabumi tengah menari jaipong bersama sinden tiba-tiba terjatuh lalu meninggal. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi24 September 2024, 19:37 WIB

Tol Bocimi Seksi 2 Resmi Dibuka Fungsional Dua Arah

Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak resmi dibuka pada Selasa (24/9/2024) pukul 17.55 WIB
Tol Bocimi Seksi 2 ruas Parungkuda-Cigombong resmi dibuka hari ini Selasa (24/9/2024) pukul 17.55 WIB | Foto : Ibnu Sanubari