Pengendara Menumpuk di GT Parungkuda Tunggu Tol Bocimi 2 Dibuka, Kapolres Sukabumi: Ada Kendala Sore Ini Dibuka

Selasa 24 September 2024, 17:29 WIB
AKBP Samian, Kapolres Sukabumi saat meninjau gerbang tol Bocimi seksi 2 di Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari

AKBP Samian, Kapolres Sukabumi saat meninjau gerbang tol Bocimi seksi 2 di Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Warga dan pengendara menumpuk di Gerbang Tol atau GT Parungkuda, menunggu tol bocimi seksi 2 dibuka kembali pasca longsor, Selasa (24/9/2024). Kapolres Sukabumi AKBP Damian menelpon dengan load speaker pihak Trans Jabar Tol atau TJT di depan warga untuk memastikan waktu pembukaan kembali GT Parungkuda.

Rencana pembukaan kembali Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak yang dijadwalkan hari ini, Selasa (24/9/2024), dan mengalami penundaan waktu yang direncanakan dari pagi hingga petang ini belum dibuka. 

Kapolres Sukabumi, AKBP Samian memberikan keterangan terkait penundaan ini. Menurutnya, informasi dari pengelola tol menunjukkan bahwa pembukaan tol tetap dijadwalkan hari ini, meskipun ada kemunduran waktu karena kendala teknis.

“Informasi yang didapat dari hasil koordinasi Kasatlantas dengan tim pengelola menunjukkan bahwa pembukaan akan dilakukan hari ini juga, kemungkinan sore,” ungkap Samian kepada sukabumiupdate.com saat meninjau langsung situasi di Gerbang Tol Parungkuda.

Baca Juga: Cerita Pengendara Rela Antre 1 Jam di GT Parungkuda Tunggu Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka Kembali

Samian menjelaskan bahwa persiapan telah dilakukan oleh Polres Sukabumi. Penundaan waktu pembukaan ini dianggap sebagai hal biasa, terutama dalam menghadapi kendala teknis terkait alam dan proses perbaikan jalan yang berlangsung beberapa bulan terakhir.

“Alhamdulillah, proses perbaikan berjalan dengan baik dan lancar. Hari ini kemungkinan besar tol bisa dinyatakan dibuka kembali,” jelasnya.

Meskipun terjadi penundaan, Samian menegaskan bahwa Polres Sukabumi tetap siaga. Langkah-langkah antisipasi telah diambil untuk mengatasi potensi lonjakan lalu lintas di jalur arteri selama proses pembukaan tol berlangsung.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar sementara waktu tetap menggunakan jalur arteri yang ada, sambil menunggu pembukaan tol. Ketika tol dibuka, kami mengimbau pengendara untuk tetap tertib dan tidak terbawa euforia dengan jalan baru yang mungkin terasa lengang, agar tidak membahayakan keselamatan di jalan,” tegasnya.

Baca Juga: Jamnya Belum Jelas, Polisi Sebut Tol Bocimi Seksi 2 Tetap Dibuka 24 September 2024

Samian menyambut baik pembukaan kembali tol ini, mengingat penutupan selama lima bulan akibat longsor menyebabkan kemacetan yang sulit diurai, terutama di akhir pekan. “Dengan dibukanya kembali tol Bocimi di Gate Parungkuda, perjalanan akan lebih cepat dan waktu tempuh akan memangkas banyak waktu,” tuturnya.

Untuk mengamankan proses pembukaan tol, Polres Sukabumi telah menurunkan 20 personel di beberapa titik strategis, baik di Gate Cigombong maupun Gate Parungkuda, guna mengantisipasi masyarakat yang akan melintas. “Kami juga memberikan himbauan kepada pengendara di pintu tol agar tetap tertib,” ungkapnya.

Kapolres berharap masyarakat dapat menggunakan sarana tol yang telah dibangun dengan baik oleh negara untuk memperlancar perjalanan, terutama saat akhir pekan ketika lalu lintas menuju dan dari Sukabumi biasanya sangat padat.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan tol ini dengan baik. Setelah lima bulan 21 hari perbaikan, kami harapkan perjalanan menjadi lebih cepat dan aman,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 September 2024, 21:27 WIB

Tol Bocimi Seksi 2 Resmi Dibuka Kembali, Begini Respons Pengendara dan TJT

Respons PT Trans Jabar Tol dan pengendara usai Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali pada Selasa (24/9/2024).
Kondisi arus lalu lintas di keluar Gerbang Tol Parungkuda pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Selasa (24/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat24 September 2024, 20:59 WIB

Sempat Berkarir di Pemkab Sukabumi, Teppy Dharmawan Dilantik Jadi Pjs Bupati Karawang

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik lima Pejabat Sementara (Pjs.) Bupati menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, salah satunya Teppy Wawan Dharmawan sebagai Pjs. Bupati Karawang
Teppy Wawan Dharmawan, Pjs Bupati Karawang | Foto : Istimewa
Sukabumi24 September 2024, 20:41 WIB

Resmikan 2 Ruas Jalan yang Diperbaiki PU di Jampangtengah Sukabumi, Ini Harapan Bupati

Berikut dua ruas jalan di Jampangtengah Sukabumi yang selesai diperbaiki Dinas PU kemudian diresmikan Bupati Marwan Hamami.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kadis PU Dede Rukaya dan Forkopimcam setempat saat meresmikan dua ruas jalan di Jampangtengah. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi24 September 2024, 20:05 WIB

Komplotan Begal Bersajam yang Resahkan Warga Kota Sukabumi Berhasil Dilumpuhkan

Tiga komplotan begal bersenjata tajam (sajam) di Kota Sukabumi berhasil diamankan Polisi. Ketiganya dihadiahi timah panas karena berusaha melarikan diri saat hendak diamankan.
Tiga pelaku begal saat dihadirkan dapam komferensi pers di Polres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Life24 September 2024, 20:00 WIB

Jurig Jarian, Hantu dari Tanah Sunda yang Konon Mendiami Tempat Sampah

Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah.
Ilustrasi Jurig Jarian - Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah. (Sumber : imdb.com).
Sukabumi24 September 2024, 19:39 WIB

Viral Lansia di Simpenan Sukabumi Tiba-tiba Terjatuh Lalu Meninggal Saat Menari Jaipong

Berikut kronologi kejadian viral pria lansia di Simpenan Sukabumi tiba-tiba terjatuh lalu meninggal saat menari Jaipong.
Cuplikan video detik-detik saat pria lansia di Simpenan Sukabumi tengah menari jaipong bersama sinden tiba-tiba terjatuh lalu meninggal. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi24 September 2024, 19:37 WIB

Tol Bocimi Seksi 2 Resmi Dibuka Fungsional Dua Arah

Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak resmi dibuka pada Selasa (24/9/2024) pukul 17.55 WIB
Tol Bocimi Seksi 2 ruas Parungkuda-Cigombong resmi dibuka hari ini Selasa (24/9/2024) pukul 17.55 WIB | Foto : Ibnu Sanubari
Life24 September 2024, 19:00 WIB

Kenapa Anak di Rumah Tidak Banyak Bicara? Bun, Perhatikan 8 Hal Ini!

Anak yang memiliki sifat introvert mungkin lebih suka mendengarkan daripada berbicara, dan ini adalah hal yang normal.
Ilustrasi. Kenali Penyebab Mengapa Anak di Rumah Tidak Banyak Bicara. (Sumber : Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)
Sukabumi24 September 2024, 18:50 WIB

Agama yang Dianut Warga Kabupaten Sukabumi Berbeda-beda, Ini Rinciannya

Melalui data tersebut diketahui agama yang dianut oleh penduduk di Kabupaten Sukabumi sangat beragam, dari mulai Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, bahkan ada penduduk yang memiliki keyakinan agama diluar agama tesebut.
Agama yang dianut penduduk Kabupaten Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi24 September 2024, 18:35 WIB

Identitas Mayat di Muara Cibuni Terungkap, Pelajar Bandung yang Tenggelam di Pantai Cianjur

Identitas mayat di Muara Cibuni perbatasan Sukabumi-Cianjur terungkap, pelajar Bandung yang hilang tenggelam di Cidaun.
Ilustrasi. Mayat yang ditemukan mengambang di Muara Cibuni ternyata pelajar Bandung yang tenggelam di Pantai Cianjur. (Sumber : Istimewa)