UMMI Siap Cetak Generasi Unggul di Desa Lewat Beasiswa Bupati Sukabumi

Jumat 20 September 2024, 14:45 WIB
Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani bersama Bupati Marwan Hamami saat launching beasiswa bupati program generasi unggul untuk desa 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani bersama Bupati Marwan Hamami saat launching beasiswa bupati program generasi unggul untuk desa 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) resmi melaunching program beasiswa Bupati untuk menciptakan generasi unggul di setiap Desa yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadir secara langsung untuk meresmikan sekaligus melaunching program beasiswa tersebut dihadapan 197 orang calon penerima beasiswa di Aula Kampus UMMI Sukabumi, Jumat (20/9/2024).

Kepada sukabumiupdate.com, Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani mengatakan, program Beasiswa Bupati Sukabumi ini merupakan bukti nyata UMMI untuk turut serta membangun daerah mulai dari tingkat Desa.

“Kita inginnya seluruh desa tapi selesai secara bertahap karena awalnya programnya satu desa satu sarjana itu lah yang menjadi pionir generasi unggul di desa. Harapannya setelah menjadi sarjana kembali ke desa,” ujar Reny.

Baca Juga: Luncurkan Beasiswa Bupati Sukabumi, UMMI Buktikan Peran Aktifnya Membangun Desa

Reny menyebut ratusan calon mahasiswa yang sudah mendaftar berasal dari 60 Desa di 30 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“197 yang mendaftar dari 30 kecamatan 60 desa tapi masih ada dari desa itu lebih dari satu sehingga kita harus seleksi ya karena memang programnya satu desa satu sarjana kita akan tuntaskan secara bertahap seleksi ini,” kata dia.

Adapun program beasiswa tersebut ditujukan untuk semua program studi Sarjana dan Diploma kecuali program sarjana kesehatan. “Yang kesehatan belum, karena persyaratan-persyaratan tertutup karena itu berkaitan dengan nyawa manusia dan sebagainya ada persyaratan-persyaratan tertentu yang mungkin kita harus lebih dipersiapkan lagi lebih lanjut untuk mempertahankan generasi unggul,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan jika program pemberian beasiswa untuk berkuliah di UMMI ini sebagai upaya meningkatkan SDM di Kabupaten Sukabumi, terutama di setiap desa. Sehingga, tercipta SDM unggul yang merata.

"Maka dari itu, beasiswa ini memiliki program generasi unggul untuk desa melalui proses pendidikan di UMMI untuk menjadi generasi unggul," ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Marwan berterima kasih kepada UMMI yang telah menjembatani pemerintah. Terutama dalam mewujudkan SDM unggul Kabupaten Sukabumi.

"Hal ini sesuai dengan misi Kabupaten Sukabumi terkait membangun SDM yang beriman, berbudaya, dan berdaya saing," ucapnya.

Bupati berharap program beasiswa ini dapat menjawab semua persoalan yang ada di Desa dengan jumlah 381 Desa yang tersebar di 47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Ini perlu dijawab dari potensi SDM Desa, mudah-mudahan dari pendidikan ini nanti dapat dibantu dengan desa-desa binaan UMMI yang memungkinkan nanti bisa menjawab persoalan daerah dari pemberdayaan potensi sumber dayanya," tuturnya.

Kemudian Bupati Marwan juga berharap para penerima beasiswa ini memiliki komitmen ke depannya untuk memajukan desanya.

"Adik-adik ini menjadi pionir. Majukanlah potensi yang ada di desa," tandasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik20 September 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Waking Up Together With You Ardhito Pramono

Lagu yang disebut warganet kental dengan nuansa 70s berlatar vintage ini diciptakan dan dipopulerkan langsung oleh Ardhito Pramono.
Official Audio Lagu Waking Up Together Ardhito Pramono. YouTube/Ardhito Pramono Official
Life20 September 2024, 16:40 WIB

Cerita Mistis Tanjakan Baeud Sukabumi yang Rawan Kecelakaan

Berikut cerita mistis di balik Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi yang rawan kecelakaan.
Truk Treiler bermuatan getah karet terguling di tanjakan Baeud, Kampung Baeud, Desa Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/12/2023) | Foto : Ilyas Supendi
Science20 September 2024, 16:30 WIB

Peneliti AI Ungkap Tahun 2050 Manusia dan Robot Akan Menikah

Pada tahun 2050, kata peneliti, robot dan manusia akan dapat menikah secara sah di Amerika Serikat.
Ilustrasi. Robot yang serupa manusia (Sumber : Pixabay/Mohammad Usman)
Jawa Barat20 September 2024, 16:13 WIB

Ada Dana Tunggu Rp 500 Ribu per Keluarga, Pemulihan Gempa Bandung-Garut Dimulai

Suharyanto memastikan data rumah rusak harus tervalidasi.
Petugas saat memeriksa rumah rusak di Garut yang terdampak gempa bumi. | Foto: Instagram/BPBD Jabar
Sukabumi20 September 2024, 16:13 WIB

Sopir Angkot Terluka Diduga Dikeroyok Pengamen di Cicurug Sukabumi

Berikut keterangan korban terkait kasus pengeroyokan sopir angkot diduga oleh pengamen di Cicurug Sukabumi.
Kondisi sopir angkot di Cicurug Sukabumi yang mengalami luka. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment20 September 2024, 16:00 WIB

Terpikat Pesona Lansia, Wanita Cantik Ini Jatuh Cinta dan Menikah dengan Pria Usia 80 Tahun

Wanita muda asal Tiongkok ini jatuh cinta dan rela menikah dengan pria usia 80 tahun.
Wanita muda asal Tiongkok ini jatuh cinta dan rela menikah dengan pria usia 80 tahun. (Sumber : Sohu.com).
Life20 September 2024, 15:30 WIB

Sebut Jampang Palabuhanratu, Jasinga yang Melegenda dengan Ajaran Sanghyang Sunda

Berkaitan dengan Sukabumi meski tak terpaut langsung, tujuh Ajaran Sanghyang Sunda ini salah satunya adalah Sungsang Hilir yakni Jampang Palabuhanratu).
Ilustrasi. Sejarah menyebutkan nama Jasinga berasal dari kata Gajah Lumejang Singa Bapang, dua dari tujuh Ajaran Sanghyang Sunda yang juga ditetapkan sebagai suatu tempat komunitas Sunda. Foto: Instagram/@jasinga
Inspirasi20 September 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Cook dan Barista di Salah Satu Cafe di Kota Sukabumi, Minimal SMA Sederajat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cook dan Barista di Salah Satu Cafe di Kota Sukabumi, Minimal SMA Sederajat. (Sumber : pexels.com/Quang Nguyen Vinh)
Sukabumi20 September 2024, 14:52 WIB

Enam Anggota Geng Motor Ditangkap, Buntut Serangan Brutal di Pasar Cibadak Sukabumi

Enam terduga pelaku yang ditangkap merupakan warga Kecamatan Parungkuda.
Anggota geng motor yang terlibat penyerangan di parkiran Pasar Semi Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis dini hari, 19 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 September 2024, 14:45 WIB

UMMI Siap Cetak Generasi Unggul di Desa Lewat Beasiswa Bupati Sukabumi

Cetak generasi unggul di setiap desa, UMMI resmi melaunching program beasiswa Bupati Sukabumi 2024.
Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani bersama Bupati Marwan Hamami saat launching beasiswa bupati program generasi unggul untuk desa 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)