Cerita Asep Hibahkan Diri Jadi Marbot Masjid "Terbengkalai" Al-Jabbar Cikembar Sukabumi

Selasa 10 September 2024, 23:37 WIB
Asep Ahmad Riyadi (54 tahun) Marbot Masjid Al-Jabbar Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

Asep Ahmad Riyadi (54 tahun) Marbot Masjid Al-Jabbar Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Al-Jabbar yang berada di Jalan Pelabuhan II, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu dari 20 masjid yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2015 lalu. Kendati kondisinya masih terlihat kokoh dan megah, bangunan masjid yang terletak cukup jauh dari pemukiman warga itu nampak sepi dan jarang dikunjungi jemaah untuk beribadah salat.

Asep Ahmad Riyadi (54 tahun) seorang warga Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, yang kini sehari-hari berada di Masjid Al-Jabbar, mengaku sudah empat bulan melibatkan diri mengurus masjid tersebut. Ia mengaku prihatin dengan kondisi masjid yang tidak terpeilihara, sehingga menghibahkan diri menjadi marbot. 

“Saya di sini baru sebetulnya, baru empat bulan ngurus masjid ini, pertama ya prihatin aja liat kondisi masjid yang terbengkalai nggak pernah dipake,” ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (10/9/2024).

Asep menceritakan, awal pertama datang ke masjid Al-Jabbar pada empat bulan yang lalu, kondisi pekarangan masjid dipenuhi rumput liar hingga banyak botol minuman keras (miras) berserakan. 

“Kondisinya kotor ilalangnya tinggi-tinggi terbengkalai lah saya bersihkan sendiri. Waktu saya datang ke sini banyak botol-botol minuman keras, masih ada botolnya di sana saya simpan botol minuman, sampah segala apa itu ada di sini,” ujar Asep menceritakan.

Baca Juga: Bacawagub Erwan Sayangkan Masjid Al-Jabbar di Cikembar Sukabumi Terbengkalai

“Ada banyak, cuman jumlahnya saya kurang tahu, di belakang ada di sana ada saya buang-buangin aja (botol miras),” tambah dia.

Lebih lanjut, Asep menyebut jika masjid tersebut sangat jarang dipergunakan untuk ibadah salat Jumat bahkan salat lima waktu. Kegiatan rutin hanya dipergunakan untuk pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak setiap minggunya. “Ga ada kegiatan sama sekali cuma ada pengajian ibu-ibu aja itu hari Kamis hari Sabtu bapak-bapak sore. Salat lima waktu cuma saya aja di sini. Kalau yang lewat itu kadang-kadang ada kebanyakan sih gak ada,” ungkap dia.

Selain itu, Asep mengaku sehari-hari menempati bangunan masjid seorang diri. Adapun biaya kebutuhan listrik dan air masjid selama ini berasal dari pemberian ibu-ibu serta bapak-bapak pengajian. “Kalau saya nggak ada, Alhamdulillah nggak ada (upah) paling setiap Minggu dari ibu-ibu pengajian itu pun alakadarnya. Kalau untuk kebutuhan listrik sama air juga itu dari ibu-ibu pengajian aja Rp 100 ribu satu bulan buat token listrik,” ucapnya.

Dengan kondisi masjid yang sepi, dia berharap ke depan agar masjid tersebut dapat berfungsi dengan normal seperti masjid pada umumnya. “Harapan saya ya pengennya masjid ini makmur aja seperti masjid yang lain, dipake buat salat, banyak pengunjung juga,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 September 2024, 17:43 WIB

Wabup Sukabumi Sambut Tim Verifikasi Lomba 10 Program Pokok PKK Provinsi Jabar 2024

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan lomba ini sebagai bagian dari pembinaan berkesinambungan dalam mengelola program prioritas PKK.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan tim Verifikasi recheking unggulan Lomba 10 program Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Jawa Barat17 September 2024, 17:34 WIB

Kunjungi Rumah Duka Korban TPPO Kamboja di Sukabumi, Pj Gubernur Jabar Sampaikan Duka

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengunjungi rumah duka korban TPPO yang meninggal di Kamboja, Syamsul Diana Ahmad, di Desa Parungseah, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi. Selasa (17/9/2024).
Bey Machmudin (Pj) Gubernur Jabar saat kungjungi kediaman almarhum Syamsul Diana Ahmad korban TPPO Kamboja di Parungseah, Kabupaten Sukabumi. Selasa (17/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi17 September 2024, 17:28 WIB

Tangkap 34 Pengedar Narkoba, Polres Sukabumi Sita 184 Gram Sabu Seharga Rp220 Juta

Polres Sukabumi tangkap 34 pengedar Narkoba dalam sebulan, sita narkotika jenis sabu, tembakau sintetis hingga obat keras terbatas (OKT).
Kapolres Sukabumi AKBP Dr. Samian dan jajaran saat konferensi pers pengungkapan kasus Narkoba dalam sebulan. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik17 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Gugur Bunga, Mengenang Pahlawan dalam Peristiwa G30S/PKI

Lagu Gugur Bunga diciptakan oleh Ismail Marzuki pada tahun 1945, tak lama setelah Indonesia merdeka. Mari Mengenang Sederet Pahlawan yang telah gugur dalam Peristiwa G30S/PKI tahun 1965 lalu!
Ilustrasi. Wage Rudolf Supratman | Rekomendasi Lirik Lagu Gugur Bunga (Sumber : Instagram/@sejarahbelajar)
Bola17 September 2024, 16:30 WIB

Borneo FC vs Malut United di Liga 1 2024/2025: Susunan Pemain, Prediksi Skor dan Link Live Streaming

Borneo FC akan menjamu tamunya Malut United di Liga 1 2024/2025 pekan ke–5.
Borneo FC akan menjamu tamunya Malut United di Liga 1 2024/2025 pekan ke–5. (Sumber : X/@BorneoSMR/Instagram@malutunitedfc).
Keuangan17 September 2024, 16:29 WIB

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Turun Langsung Sosialisasi JMO ke Karyawan Perusahaan

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi mengadakan kunjungan untuk melakukan sosialisasi Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) ke beberapa perusahaan yang berada di wilayah Sukabumi
Oki Widya Gandha, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi saat sosialisasi di hadapan para pekerja. Kamis (5/9/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi17 September 2024, 16:15 WIB

Penebangan Pohon di Cicurug Bikin Macet Jalan Nasional Sukabumi-Bogor

Pohon kiacret yang ditebang memiliki batang besar dan keras.
Penebangan pohon di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di depan kantor Pos Cicurug RT 04/07 Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/9/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih17 September 2024, 16:03 WIB

Panaskan Mesin Relawan, Drh Slamet Siap Menangkan Syaikhu-Habibie dan Iyos-Zainul

Mereka adalah relawan pemenangan drh Slamet saat Pileg 2024.
Konolidasi relawan Baraya Slamet di salah satu tempat di wilayah Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Senin, 16 September 2024. | Foto: Istimewa
Food & Travel17 September 2024, 16:00 WIB

10 Jenis Wisata Air Populer, Rekreasi Menantang Mulai Dari Diving hingga Rafting!

Ada banyak jenis wisata air yang bisa dinikmati untuk berbagai kalangan, baik yang suka petualangan atau hanya ingin bersantai.
Ilustrasi. Rafting. Jenis Wisata Air Populer dan Menantang (Sumber : Pixabay/Bishnu Sarangi)
Sukabumi Memilih17 September 2024, 15:20 WIB

Kenalkan, Ini Tagline dan Visi-Misi 3 Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi 2025-2030

Tiga pasangan calon (paslon) telah mengumumkan visi dan misi mereka yang menggambarkan arah pengembangan kota dalam lima tahun mendatang seperti yang tercantum dalam . Berikut adalah ringkasan dari masing-masing paslon:
3 Paslon walikota dan wakil walikota Sukabumi, Achmad Fahmi-Dida Sembada, Mohamad Muraz-Andri Hamami, dan Ayep Zaki-Bobby Maulana | Foto : Istimewa