20 Ekor Domba Mati Diterkam Hewan Buas, Warga Desa Gandasoli Sukabumi Resah

Senin 09 September 2024, 19:05 WIB
Peternak domba di Desa Gandasoli Cikakak Sukabumi resah akibat hewan buas yang menerkam domba-domba mereka | Foto : Ilyas Supendi

Peternak domba di Desa Gandasoli Cikakak Sukabumi resah akibat hewan buas yang menerkam domba-domba mereka | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 20 ekor domba milik warga Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, mati akibat serangan hewan buas. Peristiwa yang meresahkan warga tersebut, terutama para peternak domba sudah berlangsung sejak sebulan (sejak Agustus 2024) yang lalu. 

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut melanda di tiga kampung di Desa Gandasoli, yaitu Kampung Cikubang, Cikedok, dan Cibereum. Serangan hewan buas terakhir terjadi pada Minggu (8/9/2024), kemarin

Kepala Desa Gandasoli, Ece Kurniawan, mengatakan hingga kini, total sebanyak 20 ekor domba mati akibat serangan hewan yang diduga macan. "Sudah sebulan ini warga diresahkan oleh serangan hewan buas yang menerkam ternak. Warga yang kehilangan ternak telah melapor ke desa, dan sejauh ini, serangan terjadi di tiga kampung," kata Ece kepada sukabumiupdate.com, Senin (9/9/2024).

Menurut Ece, rata-rata domba yang menjadi korban mengalami luka gigitan di bagian leher. "Upaya dari Desa, Desa sudah koordinasi dengan pihak terkait, kemarin alhamdulillah dari pihak terkait ada ke lokasi, mungkin mereka meneliti, menelitinya seperti serangan hewan ini hewan apa," jelas Ece.

Baca Juga: 4 Ekor Domba Diduga Diterkam Macan Tutul di Ciemas Sukabumi

"Si hewan ternak warga itu semua lukanya ada di leher. Memang kalau Desa Gandasoli itu dikelilingi kawasan perkebunan, perhutani sama Gunung Halimun Salak," ujarnya. 

Salah seorang warga Kampung Cikedok yang juga peternak domba, Entir (60 tahun), mengaku sudah kehilangan enam ekor dombanya akibat serangan hewan buas. Kata Entir, terbaru istrinya menemukan dua ekor domba mereka mati berlumuran darah di dalam kandang pada Minggu pagi (8/9/2024).

"Kejadiannya (selalu, red) malam. Banyak bekas terkaman ada di leher (domba), bekas tapak, darah ada, kambing itu luka di lehernya ada bekas gigitan," ujar Entir. 

Setelah kejadian tersebut, sambung Entir, pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Pemerintah Desa Gandasoli. "Kejadiannya selalu malam. Banyak bekas gigitan dan cakar di leher domba saya. Sampai sekarang sudah enam ekor yang mati, dan saya mengalami kerugian sekitar Rp 14 juta," jelas Entir.

Hingga berita ini ditayangkan, sukabumiupdate.com masih belum menerima keterangan resmi dari pihak kepolisian maupun BKSDA.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik29 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bahagia Tanpaku Keisya Levronka, Video Klip Epic Bernuansa Adat Indonesia!

Lagu Bahagia Tanpaku dipopulerkan oleh penyanyi besutan Indonesian Idol yang sebelumnya sukses dengan single "Tak Ingin Usai", yakni Keisya Levronka.
Official Video Lagu Bahagia Tanpaku Keisya Levronka Bernuansa Adat Indonesia. Foto: YouTube/Keisya Levronka Channel
Sukabumi29 September 2024, 16:56 WIB

Geng Motor Tusuk dan Rebut Motor Pemuda di Sukabumi, Korban Masuk Rumah Sakit

MFF dan teman-temannya berusaha menghentikan pengeroyokan terhadap korban.
(Foto Ilustrasi) ISA (20 tahun) dan R (20 tahun) menjadi korban kebrutalan geng motor di Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Arena29 September 2024, 16:03 WIB

Hasil MotoGP Indonesia 2024: Jorge Martin Juara, Francesco Bagnaia Urutan Ketiga

Martin memulai balapan dari start di posisi pertama.
Podium MotoGP Indonesia 2024  di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 29 September 2024. | Foto: Instagram/@motogp
Food & Travel29 September 2024, 16:00 WIB

Rainbow Garden Floating Market Lembang, Wisata Bandung Murah HTM 10K!

Cari Wisata Lembang Bandung Murah dengan HTM Only 10K? Kunjungi Rainbow Garden Floating Market, Yuk!
Wisata Rainbow Garden Floating Market di Lembang Bandung (Sumber : Instagram/@rainbowgarden_lembang)
Inspirasi29 September 2024, 15:00 WIB

Penerimaan Karyawan Kontrak Lulusan S1, Pengalaman Minimal 1 Tahun HR Payroll

Rekrutmen Pegawai Tetap ini masih dibuka hingga 26 November 2024 mendatang.
Ilustrasi. Karyawan. Penerimaan Karyawan Kontrak Lulusan S1, Pengalaman Minimal 1 Tahun HR Payroll (Sumber : Pixabay/Ghasoub Alaeddin)
Sukabumi29 September 2024, 14:52 WIB

Polisi Pergoki Sopir dan Kernet Angkot Tenggak Miras di Terminal Cibadak Sukabumi

Samian menyebut salah satu kendaraan angkot menggunakan rotator.
Miras yang menjadi barang bukti patroli polisi di Terminal Cibadak, Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu malam, 28 September 2024. | Foto: Istimewa
Kecantikan29 September 2024, 14:00 WIB

Eye Mask Bikin Awet Muda! Ini Manfaat, Jenis & Cara Menggunakan Masker Mata

Dengan menggunakan masker mata secara rutin setiap malam, Anda dapat menjaga kulit di sekitar mata tetap segar, lembap, dan tampak lebih muda.
Ilustrasi. Penggunaan eye mask secara rutin akan memberikan hasil yang lebih efektif. (Sumber : Freepik/lookstudio)
Sukabumi29 September 2024, 13:56 WIB

Kagetkan Warga Malam-malam! Trenggiling Muncul di Permukiman Cisaat Sukabumi

Alasan Erik memanggil Azis adalah karena dia suka memelihara hewan.
Trenggiling yang muncul di Kampung Gunungjaya RT 14/03 Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, setelah sempat diamankan. | Foto: Istimewa
Life29 September 2024, 13:00 WIB

11 Tips Kerja Cerdas yang Efektif Ala Gen Z, Dijamin Work Life Balance!

Generasi Z tidak ingin terjebak dalam pola kerja yang membahayakan keseimbangan hidup, sehingga amat menjunjung tinggi prinsip Work Life Balance.
Ilustrasi. To Do List of The Day. Tips Kerja Cerdas yang Efektif Ala Gen Z, Dijamin Work Life Balance! (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Entertainment29 September 2024, 11:58 WIB

Maggie Smith Meninggal Dunia, Pemeran Professor McGonagall di Film Harry Potter

Rest In Peace: Pemeran Professor McGonagall di Film Harry Potter, Maggie Smith Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun pada Jumat, 27 September 2024.
Margaret Natalie Smith, aktris Inggris terkemuka yang populer sebagai Professor McGonagall dalam Film Harry Potter. Foto: Instagram/@the.film.culture