Pesan Ketua DPP JTM usai Lantik Pengurus DPC Ciracap Sukabumi 2024-2028

Minggu 01 September 2024, 10:28 WIB
Sopandi resmi dilantik sebagai Ketua DPC Jampang Tandang Makalangan Ciracap, Sabtu (31/8/2024). (Sumber : SU/Ragil)

Sopandi resmi dilantik sebagai Ketua DPC Jampang Tandang Makalangan Ciracap, Sabtu (31/8/2024). (Sumber : SU/Ragil)

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang Pilkada Sukabumi 2024, DPP Paguyuban Jampang Tandang Makalangan (JTM) mengukuhkan dan melantik pengurus DPC JTM Kecamatan Ciracap periode 2024-2028, di Alun alun Desa Ciracap, Sabtu 31 Agustus 2024.

Pelaksanaan pelantikan ini digelar, setelah sebelumnya Sopandi atau akrab disapa Badong, terpilih sebagai ketua. Hadir di kesempatan itu Forkopimcam Ciracap, pengurus DPP, pengurus DPC JTM sewilayah 6 Jampangkulon, Ormas, serta OKP lain.

Sebagai wadah warga Pajampangan yang bergerak dalam seni budaya dan sosial, JTM mempersatukan masyarakat Pajampangan serta mempererat silaturahmi dengan jargonnya "Ngahiji Ngajadi Hiji". Paguyuban ini terus melebarkan sayapnya, hingga dengan sekarang sudah terbentuk 13 Dewan Pimpinan Cabang dan satu Korwil Sukabumi Utara.

"Paguyuban Jampang Tandang Makalangan, merupakan wadah masyarakat yang memiliki rasa kecintaan terhadap tanah leluhurnya tatar Pajampangan. Didalamnya terdiri dari berbagai elemen masyarakat, bahkan dari Ormas, serta OKP," kata Ketua DPP Jampang Tandang Makalangan, Hendra Permana kepada sukabumiupdate.com, Minggu (1/9/2024).

Baca Juga: Terima Audiensi JTM, Langkah Awal DPRD Sukabumi Cari Solusi Persoalan Tambang

Hendra menjelaskan atas dasar rasa memiliki tatar Pajampangan, maka dibentuk wadah sebagai tali pengikat persatuan dan kesatuan. Menurutnya, dinamika yang terjadi selama ini, baik sosial, politik dan pembangunan, terkadang membuat terjadinya keretakan sesama warga Pajampangan. "Atas kajian itu, kami sepakat bersama para tokoh, ulama, dan semua elemen, membentuk sebuah wadah jangka panjang, bahkan bisa diturunkan pada generasi berikutnya," jelasnya.

"Pajampangan yang terdiri dari 20 kecamatan, mulai dari Kecamatan Simpenan, yang dibatasi dengan Sungai Cimandiri, lalu Kecamatan Jampangtengah, serta Kecamatan Nyalindung dan Kecamatan Gegerbitung. Kedepannya diperbatasan itu, akan dipasang "Selamat Datang Ditanah Pajampangan," tegasnya.

Pembentukan pengurus di kecamatan, kata Hendra, tentunya membawa sebuah misi Pajampangan, agar mengingatkan bahwa Jampang memiliki sejarah, harus bisa mandiri, dan bermartabat, jangan hanya dijadikan kepentingan sesaat.

"Selain itu, kami pesan tetap bersinergi dan kolaborasi dengan pemerintah ikut serta dalam pembangunan. Pembangunan dalam arti luas tentunya, membangun SDM dan infrastuktur di Pajampangan, agar Jampang tidak tertinggal," tuturnya.

"Jampang memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah, juga wisata. Jangan sampai warga Pajampangan hanya sebagai penonton saja," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science15 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 September 2024, Minggu Pagi Cerah untuk Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 15 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 15 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Sukabumi14 September 2024, 21:28 WIB

Awalnya Bakar Sampah, Lahan Alang-alang Dekat Pos Elang Cibadak Sukabumi Terbakar

Heri menyebut area yang terbakar seluas sekitar 400 meter persegi.
Lahan alang-alang yang terbakar di dekat Pos Elang, tepatnya di Kampung Pamuruyan RT 01/03 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/9/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi14 September 2024, 21:10 WIB

Api Menyala, Lahan Pertanian di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi Kebakaran

Piat menyebut lahan yang terbakar seluas sekitar satu hektare.
Tangkapan layar video kebakaran lahan di jalur sabuk Geopark Ciletuh, tepatnya di Kampung Cibatu, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu malam (14/9/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi14 September 2024, 20:37 WIB

Lahir dari Rahim Rakyat, Perjalanan Uden Abdunnatsir Menuju DPRD Kabupaten Sukabumi

Mang Natsir bergabung dengan PKS Kabupaten Sukabumi pada 2007.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PKS Uden Abdunnatsir. | Foto: Istimewa
Keuangan14 September 2024, 20:17 WIB

Tahun 2025 Bangun Rumah Sendiri Kena Kenaikan PPN, Begini Penjelasannya

Rencana ini sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dalam Pasal 7 UU HPP.
(Foto Ilustrasi) Pemerintah menetapkan kenaikan PPN. | Foto: Istimewa
Food & Travel14 September 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Wisata Kolam Renang di Sukabumi, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan long weekend bersama anak-anak.
Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan long weekend bersama anak-anak. (Sumber : Instagram/@detaniwaterpark/@santaseawaterpark).
Gadget14 September 2024, 19:00 WIB

10 Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air, Jangan Panik Begini Langkahnya!

Jika HP kamu terkena air, bertindak cepat adalah kunci untuk mengurangi kerusakan.
Ilustrasi - Jika HP kemasukan air, penting untuk segera melakukan tindakan pertolongan pertama seperti mematikan HP dan mengeringkannya agar kerusakan tidak semakin parah.(Sumber : Freepik)
Life14 September 2024, 18:00 WIB

Amalkan Agar Selamat Sampai Tujuan, Doa Selamat Perjalanan

Doa adalah bekal terbaik dalam perjalanan hidup, memberikan ketenangan dan perlindungan bagi setiap langkah yang kita ambil.
Ilustrasi. Berdoa. Doa adalah bekal terbaik dalam perjalanan hidup, memberikan ketenangan dan perlindungan bagi setiap langkah yang kita ambil. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Nasional14 September 2024, 17:37 WIB

AHY Bilang 117 Juta Bidang Tanah Sudah Terdaftar Lewat Program PTSL

Program PTSL dilakukan dalam rangka menertibkan administrasi pertanahan.
(Foto Ilustrasi) Lebih dari 117 juta bidang tanah didaftarkan melalui PTSL. | Foto: Istimewa
Musik14 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu “Dari Hati” - Single Season, Band Sukabumi yang Kembali Eksis di Dunia Musik

Lagu Dari Hati dari Single Season ini menggambarkan bagiamana kisah cinta yang cukup rumit.
Lagu Dari Hati dari Single Season ini menggambarkan bagiamana kisah cinta yang cukup rumit. (Sumber : Istimewa).