Distan Hadiri Syukuran Bumi di Ciracap Sukabumi, Upayakan Sarana Pertanian

Minggu 01 September 2024, 08:35 WIB
Kabid PPUP Distan Sukabumi Eris Firmansyah dan Kepala BPP Ciracap berfoto bersama panitia acara syukuran bumi Kampung Cisumur. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

Kabid PPUP Distan Sukabumi Eris Firmansyah dan Kepala BPP Ciracap berfoto bersama panitia acara syukuran bumi Kampung Cisumur. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Acara Syukuran Bumi di Kampung Cisumur Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, mendapat apresiasi penuh dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi.

Kabid Penyuluhan Perkembangan Usaha Pertanian (PPUP) Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Eris Firmansyah menyambut baik baik adanya kegiatan perdana yang dilaksanakan atas kerjasama para kelompok tani, karang taruna, serta Pemdes Pasirpanjang tersebut.

"Kegiatan pertama kali ini, atas kerjasama para petani, karang taruna, Pemdes, juga dukungan para penyuluh pertanian, kepala BPP Kecamatan Ciracap, serta Forkopimcam. Ini sebuah bukti adanya satu kesatuan dalam memajukan sektor pertanian," kata Eris kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (31/8/2024).

Eris berharap, Syukuran Bumi Cisumur dapat berlangsung setiap tahunnya. Serta ke depan, lebih banyak hasil bumi yang ditampilkan. Selain itu ia berharap, kedepannya event ini dikemas lebih baik lagi, sehingga bisa mendatangkan para pengunjung dari luar daerah.

Baca Juga: Satukan 17 Kelompok Tani, Daftar Acara Syukuran Bumi di Ciracap Sukabumi

"Kedepannya agar event ini bisa mendatangkan wisatawan, untuk menyaksikan syukuran bumi. Selain menampilkan hasil pertanian, juga produk produk UMKM dari bahan baku hasil para petani," harapnya.

Eris memastikan selama ini Dinas Pertanian tetap mensupport kebutuhan pendukung sarana pertanian, seperti infrastuktur jalan usaha tani, perbaikan saluran irigasi, dan program pipanisasi di Kecamatan Ciracap.

"Tiap tahun selalu ada program untuk mendukung produksi pertanian," ungkapnya.

Sementara Kepala BPP Kecamatan Ciracap, Miftahul Zanah mengatakan, lahan pertanian berupa sawah di Kecamatan Ciracap mayoritas tadah hujan, jadi untuk menanam padi hanya bisa dilakukan 2 kali dalam setahun. Adapun untuk tanam ketiga, mereka menanam palawija.

"Para petani menanam padi hanya 2 kali dalam satu tahun, selebihnya pada tanam ketiga disesuaikan dengan kondisi air, ada yang menanam semangka, cabe, serta jagung," jelasnya.

Di Desa Pasirpanjang sendiri luas lahannya ada 430 hektar, kata dia, dengan semuanya merupakan tadah hujan.

“Memang untuk program perluasan tanam padi terkendala masalah air, itupun memang dari Dinas Pertanian ada progran pipanisasi akan tetapi sumber airnya tidak memungkinkan, makanya sedang diusahakan program sumur bor,” jelasnya.

“Mudah-mudahan, anggaran untuk peningkatan produksi pertanian, seperti pembuatan sumur bor, bisa terealisasi," pungkasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science15 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 September 2024, Minggu Pagi Cerah untuk Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 15 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 15 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Sukabumi14 September 2024, 21:28 WIB

Awalnya Bakar Sampah, Lahan Alang-alang Dekat Pos Elang Cibadak Sukabumi Terbakar

Heri menyebut area yang terbakar seluas sekitar 400 meter persegi.
Lahan alang-alang yang terbakar di dekat Pos Elang, tepatnya di Kampung Pamuruyan RT 01/03 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/9/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi14 September 2024, 21:10 WIB

Api Menyala, Lahan Pertanian di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi Kebakaran

Piat menyebut lahan yang terbakar seluas sekitar satu hektare.
Tangkapan layar video kebakaran lahan di jalur sabuk Geopark Ciletuh, tepatnya di Kampung Cibatu, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu malam (14/9/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi14 September 2024, 20:37 WIB

Lahir dari Rahim Rakyat, Perjalanan Uden Abdunnatsir Menuju DPRD Kabupaten Sukabumi

Mang Natsir bergabung dengan PKS Kabupaten Sukabumi pada 2007.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PKS Uden Abdunnatsir. | Foto: Istimewa
Keuangan14 September 2024, 20:17 WIB

Tahun 2025 Bangun Rumah Sendiri Kena Kenaikan PPN, Begini Penjelasannya

Rencana ini sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dalam Pasal 7 UU HPP.
(Foto Ilustrasi) Pemerintah menetapkan kenaikan PPN. | Foto: Istimewa
Food & Travel14 September 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Wisata Kolam Renang di Sukabumi, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan long weekend bersama anak-anak.
Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan long weekend bersama anak-anak. (Sumber : Instagram/@detaniwaterpark/@santaseawaterpark).
Gadget14 September 2024, 19:00 WIB

10 Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air, Jangan Panik Begini Langkahnya!

Jika HP kamu terkena air, bertindak cepat adalah kunci untuk mengurangi kerusakan.
Ilustrasi - Jika HP kemasukan air, penting untuk segera melakukan tindakan pertolongan pertama seperti mematikan HP dan mengeringkannya agar kerusakan tidak semakin parah.(Sumber : Freepik)
Life14 September 2024, 18:00 WIB

Amalkan Agar Selamat Sampai Tujuan, Doa Selamat Perjalanan

Doa adalah bekal terbaik dalam perjalanan hidup, memberikan ketenangan dan perlindungan bagi setiap langkah yang kita ambil.
Ilustrasi. Berdoa. Doa adalah bekal terbaik dalam perjalanan hidup, memberikan ketenangan dan perlindungan bagi setiap langkah yang kita ambil. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Nasional14 September 2024, 17:37 WIB

AHY Bilang 117 Juta Bidang Tanah Sudah Terdaftar Lewat Program PTSL

Program PTSL dilakukan dalam rangka menertibkan administrasi pertanahan.
(Foto Ilustrasi) Lebih dari 117 juta bidang tanah didaftarkan melalui PTSL. | Foto: Istimewa
Musik14 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu “Dari Hati” - Single Season, Band Sukabumi yang Kembali Eksis di Dunia Musik

Lagu Dari Hati dari Single Season ini menggambarkan bagiamana kisah cinta yang cukup rumit.
Lagu Dari Hati dari Single Season ini menggambarkan bagiamana kisah cinta yang cukup rumit. (Sumber : Istimewa).