Ikan Layang Ekor Merah Kembali Muncul Di Laut Ciemas Sukabumi

Rabu 28 Agustus 2024, 19:50 WIB
Ikan Salayang atau Layang ekor merah hasil tangkapan perahu bagan di laut Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Ikan Salayang atau Layang ekor merah hasil tangkapan perahu bagan di laut Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Perairan laut Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kembali diserbu ikan Layang ekor merah. Ikan dengan ukuran 2 atau 3 jari orang dewasa ini lama tidak muncul. 

Rizky Salam, salah seorang warga setempat mengatakan ikan layang yang sedang muncul merupakan hasil tangkapan perahu bagan yang beroperasi malam hari di laut Cikadal dan laut Palangpang, Kecamatan Ciemas.

"Itu hasil dari perahu bagan, sudah dua hari ini tangkapannya lumayan besar, berupa ikan salayang atau layang ekor merah," ucap Rizky kepada sukabumiupdate.com, Rabu (28/8/2024).

Rizky mengungkapkan, para nelayan dengan perahu bagan diperkirakan selama dua malam itu hasil tangkapannya mencapai 3 ton. "Harga eceran ikan salayang dari pedagang ikan ke konsumen dengan kondisi segar kini dijual Rp 15 ribu per kilogram," jelasnya.

Rizky menuturkan ikan layang ekor merah sudah lama tidak muncul, hampir satu atau dua tahun, dan kini muncul lagi."Ikan layang ekor merah ini merupakan ikan konsumsi, biasa diolah dengan cara pindang, enak juga digoreng pakai bumbu," tambahnya. 

Baca Juga: Lestarikan Laut Ujunggenteng Sukabumi, Ratusan Terumbu Karang Ditanam

Mengenal apa itu Bagan?

Melansir dari sahabatbahari.com, Bagan umumnya sering ditemui di tengah laut antar pulau di Indonesia, umumnya juga disebut sebagai bagan apung atau bagan rakit. Bentuknya seperti rumah mengapung dirakit dari beberapa bamboo panjang.

Bagan dapat disebut sebagai penangkap ikan pasif tanpa berpindah tempat, hanya mengandalkan perilaku ikan atau biota laut sasarannya. Nelayan akan membuat lampu menyala saat malam agar mengundang ikan masuk ke jaring. Metode ini tentu sangat tradisional dan ramah lingkungan bagi pantai Indonesia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik14 September 2024, 09:00 WIB

Single Season Rilis Single Baru Berjudul "Dari Hati" Pada 13 September 2024

Single Season rilis single terbaru berjudul Dari Hati.
Single Season rilis single terbaru berjudul Dari Hati. (Sumber : Istimewa).
Sehat14 September 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Sehat Agar Tulang Tidak Cepat Keropos, Yuk Olahraga!

Jika Anda berisiko mengalami osteoporosis, seperti memiliki riwayat keluarga dengan osteoporosis, menopause dini, atau kondisi kesehatan tertentu, lakukan pemeriksaan kepadatan tulang (bone density test) secara berkala untuk memantau kesehatan tulang.
Ilustrasi. Olahraga. Kebiasaan Sehat Agar Tulang Tidak Cepat Keropos (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel14 September 2024, 07:00 WIB

Resep Donat Singkong Sederhana, Camilan Simpel untuk Weekend di Rumah

Yuk Intip Resep Donat Singkong Sederhana, Inspirasi Camilan Simpel untuk Weekend di Rumah!
Ilustrasi. Resep Donat Singkong Sederhana, Camilan Simpel untuk Weekend di Rumah (Sumber : Freepik/freepik)
Science14 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 September 2024, Akhir Pekan Potensi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 14 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 14 September 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi14 September 2024, 01:21 WIB

Koramil Jampangtengah Sukabumi Berikan Pelatihan Penguatan Pelajar Pancasila

Koramil 2207 Jampangtengah memberikan pelatihan projek penguat profil Pelajar Pancasila kepada siswa-siswi kelas 13, SMAN 1 Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. Pelatihan berlangsung selama dua hari, 12-13 September 2024
Danramil saat memberikan pemaparan wawasan kebangsaan dihadapan siswa siswi SMAN Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi13 September 2024, 23:28 WIB

Peringatan Maulid Nabi: Sarana Peningkatan Spiritualitas - Kepedulian Sosial di Lingkungan Kampus

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momen penting yang diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia
Aqila Zayyan dan Abdul Muiz (Kahim Wakahmim Adiministrasi Bisnis UMMI 2024).(Sumber : Ist)
Sukabumi13 September 2024, 22:44 WIB

Jenazah Korban TPPO Meninggal di Kamboja Tiba di Sukabumi, Disambut Tangis Keluarga

Jenazah WNI yang meninggal di Kamboja diduga korban TPPO tiba di rumah duka di Kampung Parungseah Berong, Rt 01/04, Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (13/9/2024) sekira pukul 19:00 WIB
Suasana kedatangan jenazah Syamsul Diana Ahmad (30 tahun) korban TPPO yang meninggal di Kamboja saat tiba rumah duka di Sukabumi pada Jumat (13/9/2024) sekira pukul 19:00 WIB | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi13 September 2024, 22:13 WIB

Warung Sembako di Palabuhanratu Ludes Terbakar, 2 Unit Sepeda Motor Hangus

Kebakaran hebat melanda sebuah warung sembako di Kampung Cangehgar, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (13/9/2024) malam, sekitar pukul 19.20 WIB.
Proses pemadaman kekabaran warung sembako di Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (13/9/2024) | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi13 September 2024, 21:49 WIB

Komunitas Pangauban Prihatin Kerusakan Kawasan di Hulu Sungai Cimandiri

Kondisi lingkungan di kawasan hulu Sungai Cimandiri yang terletak di perbatasan Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Gunung Siang, mendapat sorotan dari komunitas pencinta alam Pangauban Cicatih Cimandiri Gunung Salak
Komunitas Pangauban Cicatih Cimandiri Gunung Salak saat meninjau kondisi Gunung Siang sebagai hulu sungai Cimandiri | Foto : Ibnu Sanubari
Inspirasi13 September 2024, 20:51 WIB

Distan Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Pala di Cidolog Sukabumi

Dalam kegiatan Bimtek Distan tersebut, 150 bibit tanaman pala diberikan kepada para petani Cidolog Sukabumi peserta pelatihan.
Pelatihan budidaya tanaman pala di Cidolog Sukabumi yang digelar Distan dan diikuti sejumlah petani. (Sumber : Istimewa)