Orientasi P3K di Kota Sukabumi, Langkah Awal Peningkatan Kualitas ASN

Selasa 13 Agustus 2024, 11:50 WIB
Orientasi bagi P3K di Kota Sukabumi pada Selasa (13/8/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Orientasi bagi P3K di Kota Sukabumi pada Selasa (13/8/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi menyelenggarakan orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada Selasa (13/8/2024). Acara di Gedung KORPRI ini dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Sukabumi M Hasan Ashari.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan mengarahkan P3K dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka di lingkungan pemerintahan. Dalam sambutannya, Hasan menekankan pentingnya orientasi sebagai langkah awal bagi P3K memulai karier di dunia pemerintahan.

"Saat memasuki dunia kerja, pegawai harus mampu mempelajari pekerjaan secara cepat dan adaptasi dengan teknologi," ungkapnya.

Kepala Bidang Pengembangan SDM Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Anton Budiawan menyebut orientasi ini amanat aturan yang mengharuskan instansi pemerintah mengembangkan kompetensi bagi P3K sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Apel Pagi, Plh Sekda Minta ASN di Kota Sukabumi Bangun Kondusifitas

"Pengembangan kompetensi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ini wajib dilaksanakan sesuai amanat aturan. Orientasi ini bertujuan untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Peserta orientasi kali ini berjumlah 64 orang, terdiri dari tenaga teknis dan 59 tenaga kesehatan. Mereka akan mengikuti dua tahapan. Tahap pertama dilakukan daring dengan metode pembelajaran mandiri, lalu tahap kedua secara langsung di Gedung KORPRI selama tiga hari.

Setelah melalui tahapan orientasi, seluruh peserta dinyatakan lulus dengan hasil memuaskan. Berdasarkan hasil evaluasi, semua peserta berhasil mencapai nilai tertinggi 100 dengan rata-rata kualifikasi yang sangat memuaskan. Ini menunjukkan para peserta telah memahami materi yang disampaikan dan siap untuk mengaplikasikannya dalam tugas mereka.

Arahan Plh Sekda: Membangun Karakter dan Loyalitas

Hasan juga menekankan pentingnya memiliki karakter yang kuat sebagai ASN. "Pegawai harus memiliki karakter moral, karakter personal, integritas, disiplin, dan loyalitas. Ini sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kerja sama yang baik dalam lingkungan kerja," katanya.

Dia pun mengingatkan agar pegawai terus meningkatkan prestasi personal, kelompok, dan organisasi. Menurut Hasan, lingkungan kerja harus dijadikan sebagai tempat belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi.

"Jadikan lingkungan kerja sebagai tempat belajar untuk mempersiapkan diri agar dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi," ujar dia.

Hasan turut menekankan pentingnya dedikasi dan loyalitas dalam bekerja. Dia meminta para P3K untuk percaya bahwa pimpinan memiliki pedoman yang jelas dalam memberikan perintah dan untuk selalu menjauhi sikap tercela serta karakter yang tidak baik atau buruk.

Pada kesempatan yang sama, Hasan mengingatkan bulan Agustus ini bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Dia menekankan semangat kemerdekaan harus terus dihidupkan dalam setiap langkah ASN ketika menjalankan tugas.

"Ingatlah pemuda yang mendorong diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia. Hasil perjuangan para pendahulu harus kita bayar dengan tugas kita saat ini," ujarnya.

Hasan juga menekankan pentingnya bijaksana mengatur keuangan pribadi. Menurutnya, pegawai harus menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan agar tidak timbul masalah finansial yang dapat mengganggu kinerja. "Jika sudah ada masalah, perbaiki dari waktu ke waktu," kata dia.

Hasan menyampaikan harapannya agar orientasi ini dapat memberikan dampak positif bagi para P3K. Dia berharap orientasi ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mampu mengubah potensi para pegawai menjadi kompetensi yang nyata.

"Semoga orientasi ini dapat mengubah diri, dari potensi menjadi kompetensi," katanya. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)