Sambut HUT RI ke-79, Warga Cibadak Sukabumi Lomba Berkreasi dengan Barang Bekas

Senin 12 Agustus 2024, 18:39 WIB
Lomba berkreasi menyambut HUT RI ke-79 di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

Lomba berkreasi menyambut HUT RI ke-79 di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-79, Kelurahan Cibadak Kabupaten Sukabumi kembali menyelenggarakan perlombaan unik yang telah menjadi tradisi tahunan, yaitu lomba kreatifitas menggunakan barang bekas atau limbah.

Perlombaan ini telah mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat, khususnya di Kampung Bojongkoneng, RW 3, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak.

Perlombaan ini lahir dari ide brilian panitia untuk menggabungkan semangat nasionalisme dengan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan mengajak warga untuk memanfaatkan barang rongsok, diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya daur ulang dan pengelolaan limbah semakin meningkat. 

Salah satu wujud partisipasi warga adalah dengan membuat replika berbagai obyek sejarah dan simbol perjuangan, seperti pesawat, tank baja, ambulans, dan senjata bambu runcing.

Ketua RW 3, Adi Sukmadi (43 tahun), menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan kemerdekaan RI. Menurutnya, pembuatan ini dalam rangka memperingati dan memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. 

Baca Juga: 50 Link Twibbon HUT ke-79 RI 17 Agustus 2024, Cocok Dibagikan di Media Sosial

"Kreativitas dari warga kami nanti akan dinilai, mereka membuat replika dari limbah, secara tidak langsung memperlihatkan bahwa limbah itu masih berguna dan bisa menjadi karya seni," ujar pria yang akrab disapa Ajo, kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/8/2024).

Menurut Ajo, warga Kampung Bojongkoneng memanfaatkan berbagai jenis limbah seperti kardus, styrofoam, dan bambu untuk membuat replika tersebut. "Ini adalah bagian dari instruksi Lurah Cibadak untuk mengikuti karnaval yang nanti akan dilombakan di tingkat kelurahan. Kami bersama warga langsung berkreasi membuat karya ini," jelasnya.

Ajo juga menuturkan bahwa makna dari pembuatan replika ini adalah untuk mengenang perjuangan pahlawan bangsa. Misalnya, pembuatan replika senjata bambu runcing yang melambangkan senjata tradisional yang digunakan melawan penjajah, dan replika pesawat yang mengingatkan pada jasa almarhum B.J. Habibie sebagai tokoh pembuat pesawat di Indonesia.

"Alhamdulillah, masyarakat RW 03 sangat antusias dan kebersamaan mereka sangat terasa. Kami bangga bisa menunjukkan hasil karya kami kepada masyarakat lain,"  pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih10 September 2024, 23:46 WIB

Momen Keseruan Andri Hamami dan Bacawagub Erwan Nobar Timnas Bareng Bobotoh Sukabumi

Bakal calon Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Bacawagub Jabar Erwan Setiawan nobar timnas bareng bobotoh Sukabumi.
Andri Hamami dan Erwan Setiawan bersama ratusan bobotoh Sukabumi nobar Timnas Indonesia vs Australia. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi10 September 2024, 23:37 WIB

Cerita Asep Hibahkan Diri Jadi Marbot Masjid "Terbengkalai" Al-Jabbar Cikembar Sukabumi

Masjid Al-Jabbar yang berada di Jalan Pelabuhan II, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu dari 20 masjid yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2015 lalu
Asep Ahmad Riyadi (54 tahun) Marbot Masjid Al-Jabbar Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi10 September 2024, 23:17 WIB

Pakai Baju Adat Batak, Sylvie Tampil Mempesona di Paripurna HJKS ke-154 DPRD Sukabumi

Sylvie Gustiana Derin tampil mempesona mengenakan baju adat batak toru di Rapat Paripurna HJKS ke-154.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Sylvie Gustiana Derin. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi10 September 2024, 22:18 WIB

HJKS ke-154, Anggota DPRD Ajak Masyarakat Bersatu untuk Pembangunan Sukabumi

Harapan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Jajah Junajah di momen HJKS ke-154.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Junajah Jajah Nurdiansyah. (Sumber : Istimewa)
Bola10 September 2024, 22:01 WIB

Timnas Indonesia Berhasil Imbangi Australia 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia tahan imbang Australia tanpa gol di babak kualifikasi Piala Dunia 2024.
Striker Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen mencoba menghadang pemain Timnas Australia Jackson Irvine. (Sumber : IG Socceroos)
Sukabumi Memilih10 September 2024, 21:30 WIB

Bacawagub Erwan Sayangkan Masjid Al-Jabbar di Cikembar Sukabumi Terbengkalai

Bacawagub Erwan Setiawan menyesalkan masjid megah buatan Pemprov Jabar di Cikembar Sukabumi terbengkalai.
Bacawagub Jabar Erwan Setiawan saat meninjau Masjid Al-Jabbar di Cikembar Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel10 September 2024, 21:00 WIB

Curug Cipeuteuy Majalengka: Wisata Bermain Air Sambil Berkemah di Tengah Hutan

Curug Cipeuteuy di Majalengka memiliki sejumlah daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata alam yang populer di Jawa Barat.
Curug Cipeuteuy di Majalengka memiliki sejumlah daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata alam yang populer di Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@curug_cipeuteuy/@instore.tools .).
DPRD Kab. Sukabumi10 September 2024, 20:47 WIB

HJKS ke-154, Dewan Paoji Puji Capaian dan Prestasi Bupati Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji bicara harapannya terkait HJKS ke-154.
Dua Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi fraksi PDIP, Paoji (kiri) dan Junajah Jajah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi10 September 2024, 20:35 WIB

Tingkatkan Kenyamanan Pengguna, Dinas PU Perbaiki Ruas Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah III, saat ini sedang melakukan perbaikan di ruas jalan Caringin-Cidahu
Perbaikan ruas jalan Caringin-Cidahu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat10 September 2024, 20:00 WIB

Perhatikan Porsinya! 6 Tips Sehat Makan Mie Instan yang Harus Kamu Tahu

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa menikmati mie instan secara lebih sehat tanpa mengorbankan kesehatanmu dalam jangka panjang.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa menikmati mie instan secara lebih sehat tanpa mengorbankan kesehatanmu dalam jangka panjang. (Sumber : Freepik.com)