Diduga Tanpa Izin, Penambangan Batu Rusak Keindahan Pantai Cikakak Sukabumi

Selasa 06 Agustus 2024, 20:38 WIB
Anggota Polairud Polres Sukabumi sedang melakukan pengecekan lokasi penambangan batu di pantai Cikakak, Kecamatan Cikakak | Foto : Ilyas Supendi

Anggota Polairud Polres Sukabumi sedang melakukan pengecekan lokasi penambangan batu di pantai Cikakak, Kecamatan Cikakak | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan Pantai Cikakak, yang berada di Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, kini sirna akibat aktivitas penambangan batu di area sempadan pantai yang diduga tidak memiliki izin.

Menurut informasi yang di himpun sukabumiupdate.com, penambangan batu pantai tersebut berlangsung sudah beberapa hari dan menggunakan alat berat jenis beko. Aktivitas tersebut telah merusak pesona alami pantai yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Kasat Pol Airud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar, mengatakan bermula adanya laporan dari masyarakat yang melihat aktivitas penambangan menggunakan alat berat di sempadan pantai.

Berdasarkan laporan tersebut, kata Tenda, pihaknya langsung melakukan pengecekan ke lokasi untuk memastikan kebenarannya terkati dengan adanya aktivitas penambangan.

"Bahwa ada seseorang yang menambang di pinggir pantai khususnya disempadan pantai di daerah Cikakak, setelah di cek di daerah Cikakak tepatnya (kalau dulu sebutan taman bunga) di pesisir pantai, betul ada beberapa orang yang lagi mengerjakan akses jalan menuju pantai di daerah tersebut," ujar Tenda, Selasa (6/8/2024).

"Di lokasi pun ada alat berat, sebagai alat untuk mengeruk bebatuan yang ada di sempadan pantai, diangkut bahan-bahan batunya untuk dibuatkan bahan jalan," kata Tenda.

Baca Juga: Kolaborasi Mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra dan IPB untuk Pantai Bersih di Sukabumi

Lanjut Tenda, setelah dilakukan pengecekan lokasi, personil dari Satpol airud Polres Sukabumi langsung mengumpulkan bahan keterangan dari para pekerja serta pengawasnya.

"Disitu ada pak Arif untuk dimintai keterangan mengenai pekerjaan tersebut. Informasi sementara itu untuk lahan pribadi pembangunan villa," jelasnya.

Adapun terkait masalah izin dari penambangan tersebut, Tenda menyebutkan bahwa pihaknya masih melakukan kordinasi dengan intansi terkait apakah kegiatan tersebut mendapat izin atau tidak.

"Ini masih dalam penyelidikan nanti kita infokan kembali kalau sudah informasinya lengkap, untuk sementara aktivitas pengambilan bahan material batu sementara dihentikan dulu," ucapnya.

Sementara itu pengawas lapangan dilokasi tersebut, Arif mengatakan pihaknya beserta para pekerja lainnya hanya melaksanakan tugas untuk melakukan pengerjaan.

"Anak-anak hanya kerja, dan saya tidak punya kebijakan dan kewenangan untuk yang itu (izin)nya. Betul batu itu diambil dari sempadan pantai, saya diperintah oleh yang punya lahan," terangnya.

"Batu itu digunakan untuk pembuatan pengerasan jalan, di area sekitar lokasi, kalau kedepannya belum dapat informasi untuk apa, sementara kita diperintah untuk pengerasan jalan saja," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science20 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 September 2024, Langit Cenderung Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024. | Foto: SU/Dede
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MCorp. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)