Tambang Emas Liar di Pajampangan Sukabumi, Perhutani: Operasi Razia Selalu Bocor

Minggu 04 Agustus 2024, 09:44 WIB
Penambangan liar di wilayah kerja BKPH Lengkong, Resort Pemangku Hutan (RPH) Hanjuang Barat, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

Penambangan liar di wilayah kerja BKPH Lengkong, Resort Pemangku Hutan (RPH) Hanjuang Barat, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Menanggapi masih banyaknya aktivitas penambang liar di wilayah kerja Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Lengkong, Resort Pemangku Hutan (RPH) Hanjuang Barat, di Kecamatan Lengkong, Kecamatan Waluran, serta Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, pihak Perhutani mengakui sudah berupaya melakukan pencegahan. 

Hal tersebut dikatakan Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangku Hutan ( BKPH ) Lengkong, Budi Hermawan selama ini kami telah berupaya melakukan pencegahan, sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

"Kami petugas dari Perhutani, menjalankan sesuai regulasi melalui bidang Gangguan Keamanan Hutan (GKH) hanya mencegah, dan mengamankan, tindakan selanjutnya adalah pihak Aparat Penegak Hukum (APH),” kata Budi kepada sukabumiupdate.com, Minggu 4/8/2024.

Budi menyampaikan, pihaknya belum lama ini telah melaksanakan operasi kegiatan pencegahan, dan keamanan aset di kawasan hutan, yang melibatkan Forkopimcam Lengkong. 

Baca Juga: Pemkab Sukabumi akan Kaji Dampak Kegiatan Tambang PT Wilton di Ciemas

Kegiatan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Resort Pemangku Hutan ( RPH) Hanjuang Barat, memang masih marak, setiap kami melakukan operasi selalu hasilnya nihil. Diduga informasi tentang razia illegal mining bocor. Dilokasi hanya ditemukan galian lobang dengan rata rata kedalaman 20 meter, juga ada terpal plastik, dan saat ini sudah dipasang garis polisi atau police line. 

“Diperkirakan semua peralatannya masih digunakan atau masih dioperasikan. Saat ini sudah dipasang police line ditambang ilegal tersebut,” jelasnya.

Budi mengaku, setiap hari selalu ada anggota yang bertugas untuk berpatroli secara berkala. “Namun, karena area BKPH Lengkong itu luasnya 15 hektar dibagi 3 resort, sementara anggota kita terbatas. 

“Keterbatasan jumlah anggota pun berpengaruh dalam pencegahan ini. Jadi, seakan kucing-kucingan, dan kami tidak mungkin standby 1x24 jam. Ketika ada yang patroli masuk hutan,  penambang itu tidak ada, ketika kami keluar hutan (tidak patroli), ada laporan penambang melakukan kegiatan," imbuhnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih21 September 2024, 20:39 WIB

Anak Muda Sukabumi Kumpul! Siap Kampanye Kreatif Menangkan Fahmi-Dida di Pilkada 2024

Fahmi dan Dida telah lama menjalin hubungan baik dan bekerja bersama untuk pembangunan Kota Sukabumi.
Agenda Muda-Mudi Merangkul Sukabumi di bioskop Moviplex, Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi, Sabtu (21/9/2024). | Foto: Istimewa
Film21 September 2024, 20:00 WIB

Ada Bleach dan Dragon Ball, 5 Rekomendasi Anime Fall 2024 yang Wajib Kamu Tonton

Anime-anime ini menawarkan cerita yang kuat dan beragam, mulai dari aksi penuh intensitas hingga drama emosional, menjadikan Fall 2024 sebagai musim yang penuh dengan tontonan menarik.
Anime-anime ini menawarkan cerita yang kuat dan beragam, mulai dari aksi penuh intensitas hingga drama emosional, menjadikan Fall 2024 sebagai musim yang penuh dengan tontonan menarik. (Sumber : crunchyroll.com).
Food & Travel21 September 2024, 19:15 WIB

Hiatus Lengkeng, Destinasi Camping Dataran Tinggi di Cicurug Sukabumi

Menariknya, berkemah di Hiatus Lengkeng tidak dikenakan biaya, namun pengunjung dianjurkan memberikan sumbangan kebersihan secara sukarela
Tamasya keluarga yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kota. (Sumber : su/ibnu)
Inspirasi21 September 2024, 19:00 WIB

5 Ide Bisnis Tanpa Modal Uang yang Menguntungkan, Yuk Dicoba!

Dengan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki dan perangkat teknologi yang ada, banyak peluang bisnis yang bisa dimulai tanpa mengeluarkan modal.
Ilustrasi -  Dengan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki dan perangkat teknologi yang ada, banyak peluang bisnis yang bisa dimulai tanpa mengeluarkan modal. (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)
Life21 September 2024, 18:00 WIB

Mau Anak Rajin Sholat Lima Waktu Tanpa Paksaan? Yuk Amalkan 3 Doa Ini

Selain usaha, doa juga sangat penting. Jika anak belum rajin sholat, mari kita panjatkan doa agar Allah SWT memberikan hidayah kepadanya.
Ilustrasi - Sholat adalah fondasi agama Islam yang harus dijalankan oleh setiap Muslim.(Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sukabumi21 September 2024, 17:41 WIB

Dulu dan Kini: Senyum Pelajar SDN Pasir Pogor Melintasi Jembatan Gantung Cikanara Simpenan

Bertahun-tahun para pelajar di Desa Cidadap dan Loji Kecamatan Simpenan terpaksa menyebrangi sungai deras dengan ban atau bahkan berjalan kaki saat air surut
Dulu dan kini. SD Negeri Pasir Pogor dulu ke sekolah baik ban bekas kini sudah ada jembatan. (Sumber: SU/Ilyas)
Musik21 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Masing Masing Ernie Zakri feat Ade Govinda yang Viral di TikTok

"Pernah sesayang itu pernah. ernah secinta itu pernah", Lirik Lagu Masing Masing Ernie Zakri feat Ade Govinda yang Viral di TikTok.
Official Music video by Ernie Zakri, Ade Govinda performing Masing Masing. Foto: YouTube/ErnieZakri
Nasional21 September 2024, 16:22 WIB

World News Day, Presidium ICEC Hadirkan Jurnalisme Berkualitas

Kongres I ICEC dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria yang juga memaparkan materi terkait dengan peran strategis ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi.
Kongres I ICEC dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria yang juga memaparkan materi terkait dengan peran strategis ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi. (Sumber: istimewa)
Sukabumi21 September 2024, 16:20 WIB

Mimpi Sejak 1998! Warga Simpenan Sukabumi Punya Jembatan, Tak Lagi Bertaruh Nyawa Lintasi Sungai

Deden menjelaskan jembatan ini berperan penting untuk aktivitas masyarakat.
Jembatan gantung Cikanara yang baru dibangun. Ini adalah akses penghubung Desa Cidadap dan Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Food & Travel21 September 2024, 16:00 WIB

8 Makanan Khas Orang Sunda yang Membuat Rindu Masakan Rumahan

Makanan-makanan ini menunjukkan kelezatan masakan Sunda yang sering menggabungkan rasa gurih, segar, dan alami dari bahan-bahan lokal!
Makanan-makanan ini menunjukkan kelezatan masakan Sunda yang sering menggabungkan rasa gurih, segar, dan alami dari bahan-bahan lokal. Foto: Instagram/@menuseharihari