Ultah KNPI ke-51: Partisipasi Pilkada hingga Harapan Menuju Sukabumi Layak Pemuda

Minggu 28 Juli 2024, 10:02 WIB
Perayaan ulang tahun KNPI ke-51 DPD KNPI Kabupaten Sukabumi | Foto : SU

Perayaan ulang tahun KNPI ke-51 DPD KNPI Kabupaten Sukabumi | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sukabumi merayakan ulang tahun ke-51 pada Sabtu, 27 Juli 2024, di sebuah kafe di kawasan Salabintana. Acara dihadiri oleh berbagai tamu undangan dari perwakilan Pemkab Sukabumi, para senior KNPI, serta jajaran pengurus DPD dan PK KNPI.

Tema acara tahun ini adalah "Membingkai Sinergitas Pemuda Menuju Sukabumi Layak Pemuda". Acara dimulai dengan pemutaran video sejarah pergerakan kepemudaan dari masa ke masa, menyoroti perjalanan panjang perjuangan pemuda sejak tahun 1908 dengan berdirinya organisasi 'Boedi Oetomo', yang mencapai puncaknya pada 28 Oktober 1928 dengan Sumpah Pemuda.

Diketahui, tepat pada 23 Juli 1973, organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama dengan tujuan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai sebuah bangsa.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi, Reggy Afriansyah, menyampaikan harapannya agar KNPI mampu melahirkan generasi muda yang dapat melanjutkan kepemimpinan bangsa. Dalam konteks Kabupaten Sukabumi, kata Reggy, pemuda diharapkan dapat berkontribusi dalam kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Lokomotif Institute: Kandidat Pilkada Sukabumi Dinilai Kurang Mengusung Gagasan Besar

Baca Juga: Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Momentum ulang tahun kali ini, sambung Regyy, dianggap penting menjelang Pilkada serentak, di mana kader-kader pemuda diharapkan dapat berperan dalam regenerasi kepemimpinan daerah.

Selain itu, Reggy mendorong KNPI Kabupaten Sukabumi terus berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, yang telah menghasilkan Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2020 tentang Kepemudaan.

"DPD KNPI juga berharap agar pemerintah daerah segera menerbitkan peraturan bupati tentang kepemudaan, guna meningkatkan produktivitas dan peran serta pemuda Sukabumi dalam pembangunan bangsa," imbuhnya.

Bendahara DPD Kabupaten Sukabumi, Yandra Utama Santosa menyampaikan melalui perayaan ulang tahun KNPI mengingatkan pemerintah daerah tentang Perda kepemudaan yang belum bisa berjalan secara efektif mengingat belum ada peraturan turunanya.

"Karenanya kita berharap pemerintah daerah bisa segera menerbitkan Perbup tentang kepemudaan, agar Perda Kepemudaan tidak hanya menjadi dokumen penting tapi tidak memberikan manfaat yang bisa diekskusi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi 2011-2015, Jalil Abdillah mengaku bersyukur bisa hadir dalam momentum spesial tersebut. Namun, ia pun mengingatkan KNPI tidak hanya puas dengan kegiatan bersifat ceremonial dan melupakan ragam proses berKNPI sebagai Candradimuka.

"Tantangannya, aktivis KNPI harus menyadari situasi ke depan akan semakin berat, dimana aktivis KNPI tidak lagi dilihat sebagai tokoh pemuda yang diperhitungkan karena pernah berKNPI, tapi sejauhmana ia memiliki kapasitas untuk menjadi playmaker baik dalam arena politik maupun bidang lainnya," ujar legislator Demokrat itu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana