4 Tempat Menikmati Lari Pagi dengan Suasana Pegunungan di Sukabumi

Minggu 14 Juli 2024, 07:01 WIB
Ilustrasi lari pagi dengan suasana pegunungan di Sukabumi | Foto : Pixabay

Ilustrasi lari pagi dengan suasana pegunungan di Sukabumi | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir pekan merupakan momen yang tepat untuk berolahraga, dan salah satu pilihan terbaik adalah lari pagi. Jika Anda bosan dengan rute lari pagi di sekitar komplek rumah atau lapangan kota, ada beberapa tempat di Sukabumi yang menawarkan suasana pegunungan yang segar dan menenangkan.

Berikut adalah beberapa lokasi lari pagi di Sukabumi dengan suasana pegunungan yang sukabumiupdate.com rekomendasikan untuk dapat menjadi pilihan Anda:

1. Pasir Datar

Pasir Datar merupakan salah satu daerah di Sukabumi yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan dengan latar Gunung Gede Pangrango. Berlokasi di kaki gunung tersebut, desa ini memiliki udara yang sangat sejuk. Terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Pasir Datar juga memiliki tanah yang subur yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

Banyak orang memilih lokasi ini untuk berjalan-jalan sambil berolahraga, menikmati hamparan perkebunan sayuran dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango yang menjulang. Pemandangan yang menawan dengan perbukitan berlapis dan pohon pinus yang rimbun menjadi daya tarik utama tempat ini.

2. Bukit Naimin

Bukit Naimin terletak di daerah Goalpara, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi. Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 10-20 menit dari pusat Kota Sukabumi. Meskipun Anda harus melewati trek berbatu yang cukup menantang, jalan berbatu ini justru dapat dimanfaatkan untuk lari pagi atau jalan santai di akhir pekan.

Udara pagi yang segar dan sinar matahari yang indah akan membuat pikiran Anda menjadi tenang dan rileks.

Baca Juga: Kontrol Guldar, 4 Manfaat Lari Pagi untuk Penderita Diabetes & Tips Aman Melakukannya

3. Pondok Halimun

Pondok Halimun adalah salah satu tempat wisata alam di Sukabumi yang menawarkan suasana sejuk khas pegunungan. Tempat ini juga menjadi lokasi favorit untuk berburu matahari terbit. Banyak orang berolahraga di sini dengan menyusuri perkebunan teh yang luas. Selain itu, terdapat trek yang menuju air terjun Curug Cibeureum, salah satu tujuan favorit pengunjung.

4. Gunung Walat

Gunung Walat atau Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) memiliki ketinggian 460-726 meter di atas permukaan laut dan dikelola oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Berlokasi di dua Kecamatan, yakni Cibadak dan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, tempat ini memiliki luas 359 hektare.

Di HPGW, selain dapat menikmati panorama Kota Cibadak dari ketinggian, pengunjung juga dapat menikmati suasana hutan dengan vegetasi yang didominasi tegakan Agathis, Pinus merkusii, Pinus ocarpa, Schima wallichii, serta berbagai jenis pohon Damar, Sengon, Mahoni, Akasia, Rotan, dan Bambu. Udara sejuk dengan suhu maksimum siang hari 29°C dan minimum 19°C di malam hari membuat lokasi ini sangat nyaman untuk berolahraga.

Trek menuju puncak HPGW dapat diakses dengan kendaraan roda empat, roda dua, atau berjalan kaki dari Kampung Segog, menjadikan tempat ini sangat dekat dengan Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

Itulah empat lokasi lari pagi dengan suasana pegunungan di Sukabumi yang dapat Anda coba untuk mengisi waktu di akhir pekan. Selain mendapatkan manfaat olahraga, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang menenangkan dan menyegarkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)