Nonton Film di Cibadak Jadi Kenyataan! Nostalgia 11 Bioskop Lawas Sukabumi yang Bersejarah

Kamis 11 Juli 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Mengenang bioskop bersejarah yang pernah berjaya di Sukabumi. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Mengenang bioskop bersejarah yang pernah berjaya di Sukabumi. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar gembira bagi warga Sukabumi khususnya yang berada di wilayah utara dan sekitarnya. Karena bioskop baru, Sam's Studio, yang berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, akan segera dibuka pada Agustus 2024.

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com di lokasi pada Rabu (10/7/2024), gedung bioskop ini terlihat sudah mencapai tahap akhir pembangunan, lengkap dengan bangunan yang direncanakan menjadi pujasera (pusat jajanan serba ada) di dekat area parkir.

"Informasi terakhir, pembukaan akan dilakukan Agustus, namun untuk tanggal pastinya masih tentatif," kata Kepala Desa Karangtengah Agung Pratama Putra.

Agung menyebut dia masih harus berkoordinasi lebih lanjut dengan pemilik bioskop. "Perihal informasi lainnya, saya baru mau memanggil owner-nya. Koordinasi awal memang dilakukan dengan instansi Karangtengah sebelum saya menjabat," katanya.

Kehadiran bioskop di Cibadak ini tentunya menjadi kabar baik bagi masyarakat pecinta sineas film tanah air maupun luar negeri. Pasalnya, selama ini tidak ada bioskop di Kabupaten Sukabumi sehingga masyarakat harus pergi ke kota Sukabumi untuk menonton film.

Sebelumnya Sukabumi sendiri sudah memiliki bioskop bernama Movieplex yang diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi H Achmad Fahmi pada Jumat 13 Maret 2020. Namun, kini Sukabumi bakal ada Gedung Bioskop baru tepatnya di Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Namun tahukah kamu jika Sukabumi juga dulunya memiliki Bioskop yang lumayan banyak? Ya nama-nama seperti Capitol Theatre, Bioskop Gelora hingga Sinar Surya pernah menghiasi pusat hiburan di Sukabumi.

Sayangnya, seiring pergeseran zaman, bioskop-bioskop tersebut harus tutup atau gulung tikar. Nah, untuk mengingat kembali, berikut 11 bioskop yang pernah ada ada di Sukabumi, dan berjaya pada era 80-90an.

1. Bioskop Indra

Lokasinya kini diapit Kantor Pos dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota sukabumi. Dulunya bioskop Indra menayangkan film Indonesia dan Bollywood diputar secara bergantian.

2. Capitol Theatre

Bioskop yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini awalnya bernama Bioskop Mayawati. Bioskop yang memiliki tempat duduk di balcony ini, memutar semua jenis film baik Hollywood, Indonesia, dan Mandarin.

3. Shopping Theatre

Selain tempat berbelanja, Shopping Centre juga tempat bermain anak-anak sekolah yang gemar bermain Ding-Dong, Shopping Theatre terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani, kini berseberangan dengan Supermall Sukabumi. Film-film yang diputar sama halnya seperti Capitol Theatre, dan penonton duduk di kursi terbuat dari kayu.

4. Bioskop Gelora dan Sukabumi Theatre

Bangunan kedua bioskop ini sekarang menjadi Toserba & BNI, keduanya terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Tetapi bioskop Gelora tidak begitu luas dan tidak tersedia tempat parkir khusus untuk kendaraan roda empat.

5. Bioskop Garuda

Bangunan yang kini menjadi Supermall di Jalan Jenderal Ahmad Yani ini, sebagian lahannya merupakan bekas Bioskop Garuda. Untuk menuju Bioskop Gelora, Anda harus masuk jalan kecil terlebih dulu dari Jalan Ahmad Yani.

6. Royal Theatre

Bioskop dengan ruangan luas ini, dibagi tiga kelas dengan tempat duduk kayu. Saat memesan karcis Kelas 1, calon penonton biasanya akan diberi pilihan apakah ingin duduk di bawah atau balkon. Sekarang bioskop ini telah berganti menjadi Royal Tech.

7. Mustika Theatre

Bioskop Mustika Theatre lokasinya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, bersebelahan dengan Jazz Karaoke atau Martabak Bandung sekarang.

8. Nusantara Theatre

Berada di Jalan Jenderal Sudirman, dan kini bangunan Nusantara Theatre telah berubah menjadi Bank Mandiri. Lokasinya persis berada di ujung jalan persimpangan dekat Tiara Toserba.

9. Sinar Surya

Bioskop ini berada di Kabupaten Sukabumi. Sinar Surya berada di pusat Kota Cibadak, Jalan Suryakencana, kini bangunan bioskop tersebut telah berubah menjadi Toko Bungsu.

10. Cicurug Theatre

Bioskop Cicurug Theatre dulunya berada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cicurug, tepatnya di lantai dua gedung lama Pasar Cicurug.

11. Odeon21

Grup Bioskop 21 Cineplex mendirikan bioskop di Kota Sukabumi, disebut Odeon21, karena berada di daerah Odeon. Bioskop ini mengusung konsep modern dan nyaman dibanding bioskop lokal, kursi empuk, serta ruangan dingin ber-AC, dan tingkat kemiringan ideal, didukung kualitas suara yahud berteknologi Dolby Digital, THX atau Dolby Atmos, Odeon21 berada di Lantai II Ramayana Dept. Store. A

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)