Korban Nyawa Berjatuhan, Kabupaten Sukabumi Darurat Miras Oplosan

Kamis 11 Juli 2024, 12:05 WIB
Ilustrasi miras oplosan. Nyawa-nyawa warga Sukabumi melayang akibat miras oplosan (Sumber: istimewa)

Ilustrasi miras oplosan. Nyawa-nyawa warga Sukabumi melayang akibat miras oplosan (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam waktu 15 hari, miras oplosan kembali merenggut nyawa warga Sukabumi Jawa Barat. Terbaru, remaja 16 tahun warga Ciemas Kabupaten Sukabumi meregang nyawa setelah menenggak miras oplosan

MW meninggal dunia di RSUD Palabuhanratu Rabu 10 Juli 2024 sekitar pukul 06.30 WIB. Kapolsek Ciemas Iptu Azhar Sunandar menjelaskan selain MW, dalam kejadian ini ada lima warga lainnya yang ikut jadi korban miras oplosan, dua diantaranya dalam kondisi kritis.

"orang MD (meninggal dunia), 2 orang perawatan medis di RSU Jampangkulon dan RSUD Palabuhanratu dan 3 orang kondisi keluhan ringan atau pengawasan pihak Medis Puskesmas," kata Azhar.

Insiden maut ini bermula ketika MW bersama kedua temannya AR (17 tahun) dan AZ (17 tahun) nongkrong di kios warga yang berada di Kampung Ciemas, Desa/Kecamatan Ciemas, Selasa 9 Juli 2024 sekitar pukul 02.00 WIB. Ketiga ABG itu kemudian dipanggil dan diajak oleh tetangga mereka, pria berinisial WR (43 tahun) untuk minum-minum di bengkelnya.

"Pada saat korban AZ, AR dan MW tiba di bengkel milik WR kemudian diajak minum-minum oleh WR. Saat itu WR menyuruh beli minuman Fanta kemudian dioplos dengan tambahan alkohol murni dan Mextril," ungkapnya.

Saat mereka asyik minum, lanjut Azhar, datang korban lainnya NY (43 tahun/laki-laki) dan L (33 tahun/laki-laki) bergabung di pesta miras oplosan itu 

Pesta minum-minum itu hingga dini hari. Tak lama korban merasakan panas di dada hingga akhirnya dibawa ke Puskesmas Ciemas. "Rabu 10 Juli 2024 sekitar pukul 05.00 WIB korban MW dirujuk ke RSU Palabuhanratu, karena semakin lemah dan kritis," jelasnya.

"Pukul 06.30 WIB korban MW dinyatakan meninggal dunia oleh pihak RSUD Palabuhanratu. Korban meninggal dunia telah dilakukan pemakaman di TPU setempat pada pukul 10.30 WIB," tambahnya.

Sementara korban kritis, WR dirujuk ke RSUD Jampangkulon dengan keluhan batuk berdarah dan sedangkan AR ke RSUD Palabuhanratu. Azhar memastikan pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut terkait kasus ini.

"Minuman oplosan Alkohol kemasan Jerigen 1 liter komposisi 70 persen, 2 botol minuman Fanta 250 ml, Minuman Sprite 1 liter dan Obat batuk Mextril," tandas Azhar.

Miras Oplosan Maut di Cisaat

Kurang lebih 15 hari sebelumnya, pada Selasa 25 Juni 2024, tiga pemuda tewas setelah menenggak alkohol 70 persen dicampur minuman energi. Peristiwa ini terjadi di Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. 

Ketiga korban adalah IR (23 tahun), DYS (26 tahun), dan D. Kapolsek Cisaat AKP Yanto Sudiarto dalam keterangannya mengatakan IR dan DYS adalah warga Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat. Sementara D merupakan warga Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. “Mereka meninggal dunia pada Selasa, 25 Juni 2024.” 

Berdasarkan keterangan saksi, Senin, 24 Juni 2024 sekira pukul 14.00 WIB, ketiga korban berkumpul untuk membakar sate ayam. Beberapa jam berikutnya mereka meracik dan menenggak alkohol 70 persen, dicampur air mineral dan minuman energi.

"Selasa, 25 Juni 2024 sekira pukul 16.00 WIB, IR ditemukan oleh saksi tergeletak tak sadarkan diri di saung milik warga yang tidak jauh dari lokasi awal. Saksi selanjutnya memberitahu pihak keluarga," kata saksi melalui Kapolsek Cisaat.

Sekira pukul 17.30 WIB, korban IR dibawa ke RS Betha Medika Cisaat, namun tak tertolong, meninggal dunia sekira pukul 18.10 WIB. Di hari yang sama Selasa malam, korban lain yaitu DYS mengalami kritis dan dilarikan ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi.

Baca Juga: Profil Aris, Warga Sukabumi yang Tewas dengan Kemaluan Terpotong di Sungai Ciliwung

"Pukul 23.55 WIB, DYS dinyatakan meninggal dengan hasil pemeriksaan dokter akibat keracunan alkohol atau intoksikasi alkohol. Adapun korban D meninggal Selasa pukul 14.45 WIB di rumahnya (di Kecamatan Kadudampit)," ujar Yanto.

Di lokasi kejadian, polisi menemukan barang bukti dua botol kosong alkohol 70 persen merk Seino, satu botol kosong alkohol 70 persen merk IKA, tiga bungkus Extra Joss sachet, dan satu botol air mineral merek Aqua.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih29 September 2024, 19:16 WIB

Perempuan Berpolitik, Tim Ketufat Pendukung Paslon 02 di Pilwalkot Sukabumi 2024

Konsolidasi tim pemenangan anggota DPRD Kota Sukabumi dari Fraksi PAN Fatimah dengan paslon dengan tagline AYEUNA ini berlangsung Cafe Nyoempoet, Jalan Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, pada Minggu, 29 September 2024.
Konsolidari paslon 02 Ayep Zaki-Bobby Maulana dan Tim Ketufat jelang Pilwakot Sukabumi 2024 (Sumber: dok tim media AYEUNA)
Kecantikan29 September 2024, 19:00 WIB

Skincare Alami, Ini 12 Tips Mengurangi Makanan Berminyak Agar Wajah Glowing

Skincare Alami Sebagai Tips Mengurangi Makanan Berminyak Agar Wajah Glowing: Selalu prioritaskan makanan segar daripada makanan olahan atau yang digoreng.
Ilustrasi. Wajah Glowing Berkat Skincare Alami, Ini Tips Mengurangi Makanan Berminyak (Sumber : Freepik/lookstudio)
Musik29 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bahagia Tanpaku Keisya Levronka, Video Klip Epic Bernuansa Adat Indonesia!

Lagu Bahagia Tanpaku dipopulerkan oleh penyanyi besutan Indonesian Idol yang sebelumnya sukses dengan single "Tak Ingin Usai", yakni Keisya Levronka.
Official Video Lagu Bahagia Tanpaku Keisya Levronka Bernuansa Adat Indonesia. Foto: YouTube/Keisya Levronka Channel
Sukabumi29 September 2024, 16:56 WIB

Geng Motor Tusuk dan Rebut Motor Pemuda di Sukabumi, Korban Masuk Rumah Sakit

MFF dan teman-temannya berusaha menghentikan pengeroyokan terhadap korban.
(Foto Ilustrasi) ISA (20 tahun) dan R (20 tahun) menjadi korban kebrutalan geng motor di Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Arena29 September 2024, 16:03 WIB

Hasil MotoGP Indonesia 2024: Jorge Martin Juara, Francesco Bagnaia Urutan Ketiga

Martin memulai balapan dari start di posisi pertama.
Podium MotoGP Indonesia 2024  di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 29 September 2024. | Foto: Instagram/@motogp
Food & Travel29 September 2024, 16:00 WIB

Rainbow Garden Floating Market Lembang, Wisata Bandung Murah HTM 10K!

Cari Wisata Lembang Bandung Murah dengan HTM Only 10K? Kunjungi Rainbow Garden Floating Market, Yuk!
Wisata Rainbow Garden Floating Market di Lembang Bandung (Sumber : Instagram/@rainbowgarden_lembang)
Inspirasi29 September 2024, 15:00 WIB

Penerimaan Karyawan Kontrak Lulusan S1, Pengalaman Minimal 1 Tahun HR Payroll

Rekrutmen Pegawai Tetap ini masih dibuka hingga 26 November 2024 mendatang.
Ilustrasi. Karyawan. Penerimaan Karyawan Kontrak Lulusan S1, Pengalaman Minimal 1 Tahun HR Payroll (Sumber : Pixabay/Ghasoub Alaeddin)
Sukabumi29 September 2024, 14:52 WIB

Polisi Pergoki Sopir dan Kernet Angkot Tenggak Miras di Terminal Cibadak Sukabumi

Samian menyebut salah satu kendaraan angkot menggunakan rotator.
Miras yang menjadi barang bukti patroli polisi di Terminal Cibadak, Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu malam, 28 September 2024. | Foto: Istimewa
Kecantikan29 September 2024, 14:00 WIB

Eye Mask Bikin Awet Muda! Ini Manfaat, Jenis & Cara Menggunakan Masker Mata

Dengan menggunakan masker mata secara rutin setiap malam, Anda dapat menjaga kulit di sekitar mata tetap segar, lembap, dan tampak lebih muda.
Ilustrasi. Penggunaan eye mask secara rutin akan memberikan hasil yang lebih efektif. (Sumber : Freepik/lookstudio)
Sukabumi29 September 2024, 13:56 WIB

Kagetkan Warga Malam-malam! Trenggiling Muncul di Permukiman Cisaat Sukabumi

Alasan Erik memanggil Azis adalah karena dia suka memelihara hewan.
Trenggiling yang muncul di Kampung Gunungjaya RT 14/03 Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, setelah sempat diamankan. | Foto: Istimewa