Kata Plh Sekda dan DPMPTSP Soal Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Sukabumi

Selasa 02 Juli 2024, 14:56 WIB
Suasana rapat evaluasi kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemkab Sukabumi di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Suasana rapat evaluasi kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemkab Sukabumi di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar rapat evaluasi kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah di Pendopo Sukabumi, Selasa (2/7/2024).

Rapat dipimpin oleh Plh. Sekda Kabupaten Sukabumi Toha Wildan Athoilah, didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ali Iskandar dan dihadiri sejumlah perangkat daerah terkait.

Dalam arahannya, Toha mengatakan bahwa Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi terus melaksanakan terobosan dalam pelayanan-pelayanan publik yang terintegrasi antara DPMPTSP dengan perangkat daerah (PD) teknis, salah satunya pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Pengintegrasian pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik merupakan penyelenggaraan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, nyaman, transparan dan digitalisasi pelayanan publik," kata Plh Sekda dikutip dari rilis Dokpim Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan Top 5 Investment Challenge 2024

Oleh karena itu, Toha meminta seluruh Perangkat Daerah Teknis harus kompak dan bersinergi dalam menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas pelayanan terpadu satu pintu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga membawa dampak yang positif dalam dunia investasi di Kabupaten Sukabumi.

"Saya berharap agar semua PD terkait dapat mempersiapkan pengetahuan tentang standar pelayanan, tugas dari kewenangan, lembaga, bentuk mall administrasi, layanan, serta sarana prasarana agar dioptimalkan," harapnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Ali Iskandar menjelaskan, bahwa dalam rapat evaluasi ini semua perangkat daerah yang hadir mendapatkan catatan terkait apa yang harus disempurnakan pasca penilaian kinerja PTSP dan PBB yang dilakukan secara mandiri serta dari Tim Penilai surveyor Kementerian Investasi/BKPM pada Juni 2024 kemarin.

"Termasuk menyempurnakan road map atau peta investasi di Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Menurut Ali, penilaian kinerja PTSP dan PPB sendiri dilaksanakan dalam rangka menjaga sekaligus meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha serta tindak lanjut dari amanat Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

"Tahun ini kegiatan (penilaian) itu kembali dilaksanakan. Tahapannya diawali dengan kegiatan penilaian mandiri, terus yang kedua dilanjutkan dengan supervisi kemarin ada dari surveyor yang datang dan kemudian kegiatannya sudah ditutup pada akhir Juni lalu," kata Ali.

"Tahapan saat ini sedang dilakukan rechecking oleh kementerian sambil kemudian mencari nominasi yang sangat baik dan melakukan pemeringkatan dari setiap Kabupaten/Kota. Setelah itu nanti di akhir bulan Agustus akan ada pengumuman berkaitan dengan anugerah kinerja PTSP dan PPB," tambahnya.

Ali menuturkan, ada beberapa komponen dalam penilaian kinerja PTSP yang harus dipenuhi, diantaranya berkaitan dengan kelembagaan hingga SDM yang melaksanakan urusan penanaman modal dan pelayanan terpadu.

Sementara itu untuk penilaian PPB Pemerintah daerah, lanjut Ali, memiliki tiga komponen utama yang dinilai, yakni terkait Penerapan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Penyederhanaan Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha dan Peningkatan Iklim Investasi.

"Tahun lalu kita berada pada peringkat 142. Hari ini kita akan coba meningkatkan itu. Mudah-mudahan tahun depan dengan perbaikan yang ada, dengan sinergitas yang terjadi, maka kemudian kinerja kita untuk menghadirkan layanan yang terintegrasi, sinergi dan memastikan kemudahan berusaha dapat dilaksanakan," tandasnya. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 16:45 WIB

5 Tanda Pria Benar-benar Peduli Padamu, Kenali Lewat Perilaku Halus yang Ditunjukkan

Ada tanda-tanda ketika seorang pria benar-benar peduli yang bisa dikenali lewat perilaku halus.
Ilustrasi pria yang benar-benar peduli pada wanita pasangannya (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Film04 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Film Wonderland yang Dibintangi Suzy dan Park Bo Gum

Film bergenre romantis yang dibalut fiksi ilmiah berupa AI yaitu Wonderland berhasil menyita perhatian masyarakat begitu diumumkan akan tayang pada 5 Juni 2024 lalu. Kini, film tersebut akan hadir Netflix pada bulan Juli ini.
Sinopsis Film Wonderland yang Dibintangi Suzy dan Park Bo Gum (Sumber : Instagram@/acemaker.movie)
Sukabumi04 Juli 2024, 16:25 WIB

Mayat Pria Nyentrik di Sukabumi Belum Dimakamkan, Tunggu Konfirmasi Keluarga

Identitas mayat pria berpakaian nyentrik yang ditemukan dalam kondisi terlentang di saung warga di Kampung Anggayuda RT 01/11, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, masih belum
Mayat pria ditemukan di saung milik warga di Pamuruyan Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Juli 2024, 16:15 WIB

Simak dan Lakukan, 12 Tips Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula

Walaupun jalan kaki termasuk aktivitas fisik yang mudah, ringan dan minim cedera untuk menurunkan berat badan, tetapi melakukan dengan benar adalah hal penting.
Ilustrasi Beberapa tips jalan kaki menurunkan berat badan penting dilakukan oleh pemula (Sumber : Freepik.com/@pressfoto)
Sehat04 Juli 2024, 16:00 WIB

Contoh Rencana Diet Seimbang untuk Penderita Diabetes: Jaga Kadar Gula Darah

Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.
Ilustrasi Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.(Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sehat04 Juli 2024, 15:45 WIB

Diet Sesuai Golongan Darah, Inilah Makanan yang Direkomendasikan Ahli

meskipun orang-orang masih mengikuti diet golongan darah saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet tersebut dan para ahli telah mengkritik konsepnya
Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 15:30 WIB

Bupati Marwan Ajak Warga Sukabumi Perangi Narkoba

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Launching Lomba Desa dan Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba) Se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Aula Setda, Palabuhanratu, Rabu, 3 Juli 2024.
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Dokpim
Musik04 Juli 2024, 15:30 WIB

The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember

Label yang menaungi penyanyi hip hop DPR Ian yaitu Dream Perfect Regime mengumumkan akan melaksanakan tour dunia bertajuk The Dream Reborn tahun ini di kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika.
The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember (Sumber : Instagram@/dpr_official)
Life04 Juli 2024, 15:15 WIB

Terlalu Menyenangkan, Simak 5 Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada cara klasik untuk mengenali orang palsu yang ada di sekitar dengan memperhatikan sikap yang ditunjukkan.
Ilustrasi Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi (Sumber : Pexels.com/@fauxels)
DPRD Kab. Sukabumi04 Juli 2024, 15:06 WIB

DPRD Hadir, 1.000 Penari Jipeng Meriahkan Syukuran Nelayan Palangpang Sukabumi

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Sukabumi Ahmad Syamsul Bahri.
Pembukaan syukuran Hari Nelayan Palangpang ke-67 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). | Foto: Istimewa