Sidat Banyak Diburu Di Sungai-sungai Sukabumi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Senin 01 Juli 2024, 19:59 WIB
Ikan Sidat / Lubang yang ditangkap warga di Sungai Cimarinjung Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

Ikan Sidat / Lubang yang ditangkap warga di Sungai Cimarinjung Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan sidat atau lubang banyak ditemukan di sejumlah sungai yang berada di Sukabumi. Baru-baru ini, seorang petani cabai bernama Ibon (45 tahun), warga Kampung Tegalpari, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, menemukan sidat berukuran jumbo.

Ikan yang memiliki bentuk seperti belut, berwarna coklat dan memiliki berat 9 kilogram serta panjang sekitar 1 meter lebih itu ditemukan terdampar di pematang sawah yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh pada Kamis, 27 Juni 2024 sekitar pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, seorang warga Ciemas berhasil menangkap (dengan dipancing) ikan sidat berukuran jumbo di Curug Cimarinjung. Panjang ikan yang juga dinamai lubang tersebut sekitar 1 meter lebih dengan berat hingga 4,9 kg.

Selain di sungai Cimarinjung, sungai lainnya seperti Sungai Cikaso, Sungai Cicatih dan Sungai Cimandiri juga sering menjadi tujuan para pemancing untuk mendapatkan sidat berukuran besar.

Lalu, kenapa banyak yang berburu ikan sidat. Apa manfaat dan kelebihannya. 

Mengutip dari halodoc, ikan sidat adalah jenis ikan yang memiliki tubuh panjang dan berbentuk silinder. Akibatnya, ikan ini sering dianggap belut, padahal keduanya jelas berbeda. Banyak orang di negara Asia Timur seperti Jepang yang menggunakan ikan ini sebagai bahan makanan.

Manfaat ikan sidat masih belum banyak dikenali di Indonesia, padahal Indonesia menjadi pemasok besar ikan sidat di beberapa negara Asia Timur. Bahkan, kandungan gizi ikan sidat tidak jauh beda dengan kandungan gizi pada ikan salmon.

Baca Juga: Warga Temukan Lubang Batu Penunggu Curug Cimarinjung Sukabumi Terdampar di Sawah, Beratnya 9 Kg!

Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan

Masih mengutip halodoc, ikan sidat banyak mendatangkan manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan otak. Manfaat ikan sidat ini datang dari kandungan gizinya yang melimpah. Dalam 100 gram ikan sidat terkandung berbagai kandungan seperti:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Zinc
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Omega-3
  • Kalsium

Karena kandungan inilah, ikan sidat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ikan sidat untuk kesehatan antara lain:

1. Meningkatkan Kecerdasan

Sidat memiliki kemampuan yang terbukti baik dalam meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan. Karena mengandung omega-3 DHA dan EPA yang bermanfaat untuk perkembangan otak, terutama pada bayi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam ikan sidat penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu melindungi retina dari degenerasi makula dan katarak. Vitamin A juga menjaga arteri darah yang menghubungkan otak dan mata agar tidak menyempit serta menghentikan pembentukan radikal bebas yang dapat merusak lensa dan sel-sel retina.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan beta-karoten pada sidat memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek merusak radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi sidat secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari radikal bebas penyebab kanker.

4. Mencegah Diabetes

Karena ikan sidat memiliki jumlah karbohidrat yang lebih sedikit dan protein yang tinggi, protein tersebut dapat membantu produksi insulin dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, ikan sidat dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe apapun, terutama diabetes tipe-2.

Baca Juga: Spot Mancing di Jembatan Cikaso Sukabumi, Mengincar Ikan Sidat 9 Kilogram

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sidat memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein dalam ikan ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kembali sel-sel mati.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan ini telah digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan jantung seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan diabetes. Ikan sidat termasuk ke dalam salah satu ikan dengan omega-3 tertinggi. Ini dapat mencegah terjadinya diabetes dan penyakit jantung lainnya.

Selain itu, sidat dapat membantu mencegah kolesterol jahat terbentuk dalam sistem darah dan juga dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat yang sudah terbentuk dalam darah.

Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, diharapkan konsumsi ikan sidat di Indonesia juga meningkat, sehingga masyarakat dapat merasakan sendiri khasiat dari ikan yang banyak hidup di sungai-sungai Sukabumi ini.

Sumber : berbagai sumber

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)
Jawa Barat03 Juli 2024, 20:14 WIB

260 Calon Siswa SMA/SMK Dicoret dari PPDB Jabar 2024 usai Ketahuan Curangi Domisili

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyebut total 260 calon siswa SMA/SMK yang dianulir kelulusannya di PPDB Jabar 2024 karena ketahuan curangi domisili.
Ilustrasi pelajar baru. Koordinator nasional JPPI Ubaid Matraji menyebut  kecurangan ini akan terus berulang di tahun-tahun berikutnya, di semua jalur selama tidak ada perubahan sistem PPDB. (Sumber : istimewa)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:03 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Terima Kunjungan PAM Tirta Sago Payakumbuh, Bahas Masalah NRW

Kunjungan PAM Tirta Sago Payukumbuh Sumbar ini dilakukan dalam rangka studi banding terkait masalah NRW (Non Revenue Water) ke Perumdam TJM Sukabumi.
Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi Terima Kunjungan Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh Sumbar. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel03 Juli 2024, 20:00 WIB

14 Camilan Sehat Penurun Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel di Rumah Aja!

Mengemil makanan camilan dapat membantu manajemen berat badan.
Ilustrasi. Oatmeal dan Blueberry. Camilan Sehat Penurun Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel di Rumah Aja! (Sumber : Pexels/JESHOOTS)