Liburan Sekolah Bersama Keluarga, Ini Rekomendasi 12 Wisata Pantai Di Sukabumi

Jumat 28 Juni 2024, 08:01 WIB
Pantai Palangpang di kawasan Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Pantai Palangpang di kawasan Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini masa libur sekolah tengah berlangsung. Salah satu pilihan untuk mengisi waktu libur sekolah yang seru dan penuh kenangan adalah dengan berwisata ke pantai.

Bagi kamu yang belum punya rencana menghabiskan libur sekolah tahun ini, berikut kami rekomendasikan sejumlah destinasi wisata pantai di Sukabumi dengan panorama yang indah.

Inilah 12 wisata pantai di Sukabumi yang cocok untuk mengisi waktu libur sekolah:

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur sekolah.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujung Genteng sekitar 8 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan dengan panorama indah dan nuansa pepohonan yang menyejukkan.

2. Pantai Karang Gantungan

Mirip seperti Tanah Lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat menggantung di atas air.

Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini juga sangat cocok untuk spot foto Instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan.

3. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya di Sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya yang berada di bawah tebing batu. Lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas seperti saung, mushola, dan warung makan. Pantai ini menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang menawan.

Baca Juga: Keren, 5 Tempat Wisata di Sukabumi Ini Pernah Jadi Tempat Syuting Film

4. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dan Surade, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini menawarkan suasana sejuk dan deburan ombak yang ganas. Spot camping dengan hamparan rumput hijau membuat wisatawan betah berada di sana.

5. Pantai Citepus

Pantai Citepus berada di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki garis pantai mencapai 3-5 km dengan karakteristik pasir pantainya yang lebih landai.

Meskipun memiliki ombak yang cukup besar, pantai ini tetap ramai dikunjungi karena fasilitasnya yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, warung makan, dan toko cinderamata.

6. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja cocok bagi pengunjung yang ingin berselancar. Berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, pantai ini dikenal dengan ombak besar yang menjadi favorit peselancar lokal maupun mancanegara.

Selain berselancar, pengunjung dapat menikmati panorama sunset yang indah.

7. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu yang berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, memiliki panorama unik dengan kumpulan bukit karang yang menjorok ke laut.

Pantai ini sangat cocok untuk mengisi waktu sekolah bersama keluarga, dan pengunjung hanya perlu membayar uang parkir.

8. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, menawarkan pesona alam yang memukau dengan kombinasi laut lepas, perbukitan hijau, persawahan, hamparan pasir, dan bebatuan kerikil khas pantai.

Suasana tenang dan keramahan penduduk setempat membuat pengalaman wisata menjadi lebih istimewa.

Baca Juga: Libur Sekolah Mau Kemana? Travel Tipis-tipis, 16 Destinasi Wisata di Kota Sukabumi

9. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban Sukabumi memiliki jam buka selama 24 jam setiap harinya. Pantai ini langsung menghadap ke arah matahari terbit, menjadikannya lokasi yang ideal untuk berburu foto sunrise.

Banyak fotografer yang sengaja menginap atau berkemah untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan di saat yang tepat.

10. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya di pesisir selatan Jawa Barat, tepatnya Kabupaten Sukabumi, terkenal dengan hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang.
Pantai ini menjadi bagian dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan menawarkan fasilitas seperti Tourist Information Center, toilet, kios, cottage, dan menara.

11. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang merupakan bagian dari Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi yang menawarkan sejumlah spot wisata menarik. Menggunakan perahu nelayan adalah cara terbaik untuk menjelajah pesisir pantai ini.

Selama berlayar, pengunjung disuguhkan panorama keindahan perbukitan dan sejumlah spot unik seperti Pulau Mandra, Pulau Kunti, dan Karang Kontol.

12. Pantai Cikadal

Pantai Cikadal di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, terkenal dengan hutan mangrove dan batu karang besar bernama Karang Sawungan.

Pantai ini memiliki daya tarik utama berupa batu karang yang tampak gagah menyembul di tepi pantai dan dilengkapi dengan saung di atasnya.

Itulah beberapa pantai indah di Sukabumi yang bisa mengisi waktu libur sekolah. Selamat Liburan!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Juli 2024, 19:42 WIB

Ikbal Zaelani Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua PWI Kota Sukabumi Periode 2024-2027

Ikbal Zaelani terpilih sah secara aklamasi menjadi Ketua PWI Kota Sukabumi periode 2024-2027.
Penyerahan petaka PWI kepada Ketua PWI Kota Sukabumi periode 2024-2027 terpilih, Ikbal Zaelani. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih05 Juli 2024, 19:13 WIB

Panwaslu Surade Sukabumi Laksanakan Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Panwaslu Surade Sukabumi juga membeberkan strategi pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024.
Panwaslu Surade, PKD, dan Staf kesekretariatan dalam sesi foto bersama usai Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Strategi Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dalam Waktu Sebulan

Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat.
Ilustrasi - Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi05 Juli 2024, 18:49 WIB

Tiang Listrik Ambruk Diduga Gegara Proyek Galian, Warga Geruduk UPTD PJJWP II Sukabumi

Aksi demo yang diwarnai pengrusakan gerbang Kantor UPTD PJJWP II ini buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi.
Puluhan warga yang mengatasnamakan Gerakan Prima Sukabumi demo Kantor UPTD PJJWP II buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Jawa Barat05 Juli 2024, 18:05 WIB

Caringin Bogor! Kronologi Kebakaran Pesantren yang Sempat Disebut di Sukabumi

Kebakaran terjadi saat santri akan melaksanakan salat magrib berjemaah di masjid.
Tangkapan layar kebakaran pondok pesantren di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. | Foto: X/@Sutbudiharto62
Life05 Juli 2024, 18:00 WIB

Tahun Baru Islam 2024: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Dapat Diamalkan

Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
Ilustrasi. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. (Sumber : Freepik)
Keuangan05 Juli 2024, 17:59 WIB

Solusi Qurban! Tahara Idul Adha: Produk Tabungan Hari Raya Terbaru Perumda BPR Sukabumi

Setelah sukses dengan Tahara Idul Fitri yang mendapat banyak minat dari masyarakat, kini Perumda BPR Sukabumi meluncurkan program baru, yaitu Tahara Idul Adha.
Pelayanan Nasabah di Kantor Perumda BPR Sukabumi cabang Cibadak. (Sumber: SU/Ibnu)
Food & Travel05 Juli 2024, 17:42 WIB

Tiba-tiba Hujan! Daftar Tempat Hiburan dan Liburan di Kota Sukabumi Biar Nggak Kehujanan

wisata di alam terbuka kurang cocok untuk yang malas hujan-hujanan apalagi termasuk kaum waterproof.
Ilustrasi kehujanan. Daftar tempat hiburan saat liburan di Kota Sukabumi yang aman dari hujan (Sumber: pinterest @wayfaring)
Life05 Juli 2024, 17:30 WIB

9 Trik Ampuh Menghadapi Pasangan yang Cuek Saat Membalas Chat

Ingatlah bahwa kunci utama dalam menghadapi pasangan yang cuek adalah dengan komunikasi yang terbuka, pengertian, kesabaran, dan usaha dari kedua belah pihak.
Ilustrasi - Dengan menerapkan trik-trik ini menjadi solusi kamu dalam menghadapi pasangan yang cuek saat balas chat. (Sumber : pexels.com/@Ivan Samkov).
Sukabumi05 Juli 2024, 17:26 WIB

Luka di Kepala, Pengakuan Korban Keributan di Selakaso Sukabumi

Berikut pengakuan sopir Honda Civic yang mengaku jadi korban pengeroyokan dalam kasus keributan di Jalan Pembangunan Selakaso Cibeureum Sukabumi.
Fredi, korban sekaligus pengendara mobil Honda Civic menceritakan soal kronologi keributan di Selakaso Sukabumi. (Sumber : Istimewa)