Buku Tabungan Dianggap Hilang, Kejanggalan Bantuan PIP Siswa di Sukabumi

Sabtu 29 Juni 2024, 11:25 WIB
SMPN 1 Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SMPN 1 Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kejanggalan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diterima siswa SMPN 1 Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, masih berlanjut. Diketahui, pelajar berinisial R ini tiba-tiba mendapatkan bantuan tersebut saat akan lulus SMP, padahal sejak SD tidak pernah menerima.

Perwakilan Bidang Kurikulum SMPN 1 Pabuaran, Yanyan, mengatakan sekolahnya pada Senin, 10 Juni 2024, mengumpulkan 21 pelajar kelas IX yang akan lulus, termasuk R. Mereka adalah penerima bantuan PIP dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Yanyan menyebut 21 pelajar itu kemudian mencairkan bantuan uang PIP pada 12-13 Juni 2024 di kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Pabuaran.

"Kami memberi tahu siswa agar membawa buku tabungan (khusus untuk PIP). Tapi kami mendapatkan informasi dari BRI Unit Pabuaran, beberapa siswa tidak memiliki buku tabungan sehingga tidak dapat di-print out (riwayat transaksi pencairan)," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 28 Juni 2024.

Baca Juga: Terdaftar Sejak SD? Siswa di Sukabumi Baru Terima Bantuan PIP saat Lulus SMP

SMPN 1 Pabuaran, kata Yayan, lalu mengumpulkan kembali siswa dan orang tua yang terkendala mencairkan bantuan PIP karena tidak memiliki buku tabungan.

"Arahan dari BRI, mereka yang tidak punya buku rekening (tabungan), membuat surat kehilangan. Dari keterangan Ibu Tuti Nurhayati, bagian pemberkasan, ada 4 atau 5 siswa yang meminta surat pengantar dari sekolah untuk membuat surat kehilangan sebagai persyaratan membuka rekening baru," uja dia.

Satu dari beberapa siswa yang tidak memiliki buku tabungan adalah R. Namun sebelumnya, orang tua R mengatakan anaknya memang belum pernah menerima bantuan PIP sejak duduk di SDN Lembursawah, Kecamatan Pabuaran, sehingga tidak punya buku tabungan, bukan hilang.

Menurut Yanyan, 21 pelajar itu mendapatkan bantuan PIP pada kelas VIII tahun 2023, tetapi baru diurus dan disalurkan pada 2024 dengan nilai Rp 750 ribu per orang. Adapun soal anggapan hilangnya buku tabungan beberapa siswa, lanjut dia, dapat ditelusuri ke sekolah dasar asal masing-masing.

"Karena saat siswa masuk ke SMPN 1 Pabuaran, ada yang menyertakan fotokopi kartu PIP dan fotokopi buku rekening. Tapi ada juga yang tidak menyertakannya," kata dia.

Pantauan di https://pip.kemdikbud.go.id/, nama R sebenarnya mendapatkan bantuan PIP sejak 2018 atau duduk di bangku SD dan dananya masuk tahun 2019. Kemudian pada 2021, 2022, dan 2023, nama R kembali menerima bantuan.

Kepala BRI Unit Pabuaran M Noer Slamet juga menyarankan siswa menelusuri buku tabungannya ke sekolah asal. "Silakan tanya ke pihak SD asal mereka sekolah. Biasanya PIP itu mulai dari sekolah dasar dan berkelanjutan. Jadi kami tidak bisa print out (riwayat transaksi) kalau buku rekeningnya tidak ada," ujarnya.

Pada berita sebelumnya, orang tua R mengatakan anaknya tidak pernah mendapatkan bantuan PIP sejak duduk di SDN Lembursawah, Kecamatan Pabuaran. Bahkan hingga masuk ke SMP pun R belum menerimanya. Baru saat akan lulus dari SMPN 1 Pabuaran, dia memperoleh bantuan uang tersebut.

Orang tua R menanyakan keberadaan buku tabungan yang dulu jika memang anaknya menerima bantuan PIP sejak SD. Tetapi, pihak bank mengaku tidak mengetahuinya. Orang tua R pun pernah bertanya ke pihak SD, dan dikatakan R tidak mendapatkan bantuan PIP.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Oktober 2024, 11:35 WIB

Maling Jebol Atap Minimarket di Cidolog Sukabumi, Gondol Rokok Puluhan Juta

Berikut kesaksian warga terkait kasus pencurian di minimarket Cidolog Sukabumi. Kawanan maling menggondol rokok senilai Rp39 juta.
Polisi saat olah TKP kasus pencurian di minimarket Cidolog Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi18 Oktober 2024, 11:35 WIB

Diduga Alami Kecelakaan Tunggal, Wanita Muda Tewas Tertindih Motor di Nagrak Sukabumi

Menurut Polisi, korban ditemukan dalam kondisi tertelungkup di selokan Nagrak Sukabumi dengan tubuh tertindih oleh sepeda motor miliknya.
Lokasi penemuan mayat wanita muda tertindih motor di Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (17/10/2024) | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Oktober 2024, 11:24 WIB

Ijong Penjual Kopi, Terjebak Bersama 70 Nelayan di Dermaga Pasir Besi Tegalbuleud Sukabumi

Ia adalah 20 orang yang dievakuasi melalui jalur laut ke pesisir Ujunggenteng Sukabumi, sementara sebagian besar survivor lainnya diangkut naik helikopter Basarnas dan TNI, pada Kamis siang kemarin, 17 Oktober 2024.
Ijong didampingi anggota Rapi dan Kasi Trantib Kecamatan Ciracap (Sumber: su/ragil)
Sukabumi18 Oktober 2024, 10:45 WIB

Polisi Ungkap Kronologi Kematian Wanita Muda Dalam Selokan Pinggir Jalan di Nagrak Sukabumi

Berikut kronologi penemuan mayat wanita muda yang tertindih motor di dalam selokan Nagrak Sukabumi menurut polisi.
Lokasi penemuan mayat wanita muda tertindih motor di Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (17/10/2024) | Foto : Dok.P2BK (Sumber : istimewa)
Entertainment18 Oktober 2024, 10:30 WIB

One Direction Berduka Atas Kematian Liam Payne, Tertanda: Louis, Zayn, Niall & Harry

One Direction Tulis Pesan Duka Atas Kepergian Mantan Rekannya, Liam Payne dengan tertanda nama Zayn Malik, Louis Tomlinson, Niall Horran & Harry Styles.
Lima Personel One Direction Lengkap Sebelum Bubar: Liam Payne, Zayn Malik, Louis Tomlinson, Niall Horran & Harry Styles. Foto IG/@onedirection
Sukabumi18 Oktober 2024, 10:20 WIB

Tak Pulang Sejak Minggu, Fakta Wanita Muda Tewas Tertindih Motor di Nagrak Sukabumi

Fakta baru terkait kasus penemuan mayat wanita muda tertindih motor di Nagrak Sukabumi. Oleh keluarga sempat dilaporkan hilang.
Kolase postingan di Facebook yang mengabarkan keluarga kehilangan neng Laras, wanita muda yang ditemukan jadi mayat yang tertindih motor di selokan Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life18 Oktober 2024, 10:00 WIB

10 Kalimat yang Harus Diingat Selama Hidup dan Layak Direnungkan, Yuk Simak Disini!

Kalimat-kalimat yang menginspirasi atau memberikan panduan dalam hidup bisa menjadi pedoman untuk menghadapi tantangan, menjaga semangat, dan menjalani hidup dengan lebih bijaksana.
Ilustrasi - Kalimat-kalimat yang menginspirasi atau memberikan panduan dalam hidup bisa menjadi pedoman untuk menghadapi tantangan, menjaga semangat, dan menjalani hidup dengan lebih bijaksana. (Sumber : Freepik.com).
Entertainment18 Oktober 2024, 09:30 WIB

Bukan Jatuh, Polisi: Liam Payne Meninggal Karena Lompat dari Lantai 3 Balkon Hotel

Pablo Policicchio, Direktur Komunikasi Kementerian Keamanan Buenos Aires mengkonfirmasi bahwa Liam bukan terjatuh, namun melompat dari lantai tiga balkon kamar hotelnya di CasaSur Palermo, Buenos Aires, Argentina.
Liam Payne, mantan anggota One Direction, meninggal di usia 31 tahun akibat lompat dari balkon di salah satu hotel Argentina. Foto: IG/@onedirection
Sukabumi18 Oktober 2024, 09:23 WIB

Dede Yusuf Ditemukan Tewas, Korban Terakhir Amukan Laut Tegalbuleud Sukabumi

Korban terakhir yang hilang di perairan Tegalbuleud Sukabumi ditemukan tewas di Pantai Rancagempol-Muara Cisokan, Kecamatan Agrabinta, Cianjur,
Jasad Dede Yusuf, nelayan Tegalbuleud Sukabumi ditemukan tanpa busana di Pantai Rancagempol-Muara Cisokan, Kecamatan Agrabinta, Cianjur, Jumat (18/10/2024). (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Life18 Oktober 2024, 09:00 WIB

7 Tips Memelihara Ikan Koi Bagi Pemula, Yuk Simak Langkahnya Jangan Sampai Salah!

Memelihara ikan koi bagi pemula, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan ikan koi tetap sehat dan tumbuh dengan baik.
Ilustrasi - Memelihara ikan koi bagi pemula, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan ikan koi tetap sehat dan tumbuh dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/@ DearlyReloved).