Ini Larangan-Larangan Penting di Sukabumi: Warga Wajib Tahu

Sabtu 29 Juni 2024, 06:06 WIB
Larangan-larangan penting di Sukabumi | Foto : Pixabay

Larangan-larangan penting di Sukabumi | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah daerah Sukabumi telah menetapkan serangkaian larangan untuk menjaga ketertiban dan kesejahteraan masyarakat. Berikut adalah sembilan larangan penting yang harus diketahui oleh seluruh warga Sukabumi:

1. Larangan Buang Sampah Sembarangan

Salah satu larangan utama yang ditegakkan di Sukabumi adalah larangan membuang sampah sembarangan. Aturan ini diberlakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Pelanggaran terhadap peraturan ini dapat berujung pada sanksi sesuai dengan Perda 13 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah dan Retribusi Pelayanan Persampahan atau Kebersihan.

2. Larangan Penebangan Pohon Tanpa Izin

Pemerintah daerah melarang penebangan pohon tanpa izin resmi, terutama di kawasan hutan lindung dan daerah yang dilindungi lainnya. Tujuan larangan ini adalah untuk melindungi kelestarian lingkungan dan menghindari kerusakan ekosistem. Regulasi ini diatur dalam Perda No 15 Tahun 2003 tentang Izin Penebangan Pohon Kayu dan Bambu.

Baca Juga: 11 Poin Larangan Saat Berihram yang Wajib Dipatuhi Jemaah Haji, Cek Disini!

3. Larangan Penambangan Ilegal

Kegiatan penambangan tanpa izin yang sah dilarang keras di Sukabumi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan dan potensi konflik sosial yang bisa timbul. Pelanggaran terhadap larangan ini diancam dengan sanksi tegas berdasarkan Pasal 158 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

4. Larangan Miras (Minuman Keras)

Peredaran dan konsumsi minuman keras tanpa izin di tempat umum dilarang di Sukabumi. Aturan ini bertujuan untuk memelihara ketertiban sosial dan mengurangi dampak negatif dari konsumsi alkohol. Regulasi ini tertuang dalam Perda Kota Sukabumi Nomor 13 Tahun 2015 dan Perda Kabupaten Sukabumi Nomor 7 Tahun 2015.

5. Larangan Menggelar Hiburan Malam di Area Tertentu

Beberapa daerah di Sukabumi memiliki pembatasan ketat terkait dengan hiburan malam untuk menjaga ketenangan dan keamanan lingkungan sekitar, terutama di wilayah pemukiman. Regulasi ini diatur dalam Peraturan Walikota (PERWALI) Kota Sukabumi Nomor 42 Tahun 2021.

6. Larangan Merokok di Tempat Umum

Larangan merokok diberlakukan di beberapa tempat umum seperti fasilitas kesehatan, sekolah, dan tempat ibadah untuk melindungi kesehatan masyarakat yang tidak merokok. Peraturan ini ditegakkan berdasarkan Peraturan Walikota (PERWALI) Kota Sukabumi Nomor 18 Tahun 2022.

Baca Juga: KPK Dorong Ada Perda Larangan Pembagian Bansos 3 Bulan Jelang Pilkada

7. Larangan Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai

Sukabumi mendorong penggunaan bahan ramah lingkungan dengan melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di sebagian besar pusat perbelanjaan sejak 11 November 2020. Langkah ini diambil dalam rangka mendukung keberlanjutan lingkungan dan tertuang dalam Peraturan Walikota (PERWALI) Kota Sukabumi Nomor 19 Tahun 2019.

8. Larangan Menggunakan Kendaraan Tanpa Surat Izin

Penggunaan kendaraan bermotor tanpa surat izin lengkap seperti SIM dan STNK tidak diizinkan dan dapat dikenakan sanksi sesuai dengan UU Lalu Lintas. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua kendaraan yang beroperasi di Sukabumi memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

8. Larangan Berjualan di Trotoar dan Badan Jalan

Untuk menjaga kelancaran lalu lintas dan keamanan pejalan kaki, berjualan di trotoar dan badan jalan dilarang sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

Itulah beberapa peraturan yang dibuat oleh Pemda Kabupaten dan Kota Sukabumi. Selain itu banyak sekali peraturan yang belum disosialisasikan kepada warga. 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Sikap Ini Bisa Bikin Pasangan Meninggalkanmu, Hindari Jika Tidak Ingin Menyesal!

Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.
Ilustrasi - Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.  (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Cek Fakta01 Juli 2024, 09:51 WIB

Kabar Hoaks! Ketua Umum PSSI Erick Thohir Usir Shin Tae-yong

Tidak ada pernyataan yang menyebut Erick Thohir mengusir Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. | Foto: PSSI
Life01 Juli 2024, 09:45 WIB

6 Ciri-ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja, Kamu Termasuk?

Workaholic mengacu pada seseorang yang memiliki kecanduan bekerja, di mana pekerjaan menjadi prioritas utama dalam hidup mereka hingga mengesampingkan aspek-aspek lain seperti kesehatan, keluarga, dan kehidupan sosial.
Ilustrasi Ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja (Sumber : pixabay.com/@veve12)
Sehat01 Juli 2024, 09:30 WIB

PD! Ini 7 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Simak Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri (PD) berikut dan lakukan hingga menjadi kebiasaan sehat!
Ilustrasi. Cara Mengecilkan Perut (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sukabumi01 Juli 2024, 09:23 WIB

Dinsos Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Cikole Kota Sukabumi

Bantuan yang disalurkan di antaranya bahan makanan, matras, dan selimut.
Penyaluran bantuan untuk korban kebakaran di Jalan Subangjaya RT 04/04 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Inspirasi01 Juli 2024, 09:15 WIB

Lulusan SMA Cari Kerja? Coba Daftar Loker di Perusahaan Makanan Berikut!

Lowongan untuk Lulusan SMA, Berikut Info Loker Tangerang di Indofood untuk posisi Crew Packer.
Ilustrasi. Lulusan SMA Cari Kerja? Coba Daftar Loker di Perusahaan Makanan Berikut! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat01 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat, Ala Rumahan dan Alami

Anda bisa Jika melakukan cara alami untuk mengobati diare, namun penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jika tidak ada perubahan.
Ilustrasi - Anda bisa Jika melakukan cara alami untuk mengobati diare, namun penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jika tidak ada perubahan. | (Sumber : Freepik.com).
Sehat01 Juli 2024, 08:45 WIB

8 Cara Aman Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Obesitas, BB Kembali Ideal!

Dengan pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, penderita obesitas dapat mencapai penurunan berat badan yang sehat dan mempertahankan berat badan ideal mereka.
Ilustrasi. Lari pagi. Dengan komitmen yang kuat dan dukungan yang tepat, obesitas dapat dikelola, dicegah dan berat badan kembali normal. (Sumber : Pexels/JuliaLarson)
Food & Travel01 Juli 2024, 08:30 WIB

Bebas Obesitas, 8 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan!

Bebas Obesitas, Apa makanan lezat yang membantu diet untuk menurunkan berat badan? Simak disini!
Ilustrasi. Makanan tertentu dapat membantu menurunkan berat badan (Sumber : Pexels/NicolaBarts)
Sehat01 Juli 2024, 08:15 WIB

Mengenal Apa Itu Obesitas: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa pun jenis pengobatan atau program yang digunakan, mengatasi obesitas mengharuskan penderitanya untuk mengubah kebiasaan makan dan melakukan olahraga.
Ilustrasi. BB lebih. Jika berat badan berlebih memengaruhi cara kerja tubuh, obesitas justru memengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh. (Sumber : Pexels/AndresAyrton)