Target Jadi 14 Persen, Pemkab Sukabumi Berusaha Turunkan Stunting Lewat Gerakan Ini

Sabtu 22 Juni 2024, 16:29 WIB
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri melakukan sosialisasi penanganan stunting di Posyandu Melati, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri melakukan sosialisasi penanganan stunting di Posyandu Melati, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi berusaha menurunkan angka stunting dari 27 persen menjadi 14 persen, sesuai target nasional.

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sukabumi mengatakan pihaknya rutin melakukan monitoring, salah satunya ke posyandu di Kecamatan Cikakak, untuk mengetahui berapa banyak angka stunting.

Sebelumnya, monitoring serupa dilakukan di Kecamatan Jampangkulon dan Surade.

"Allhamdulillah kita melakukan monitoring gerakan serentak penanganan stunting yang selama satu bulan ini kita turun ke posyandu," kata Iyos, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga: Dipimpin Wabup, TPPS Sukabumi Bahas Gerakan Intervensi Cegah Stunting di Posyandu

Iyos menyebut hasil pengukuran di Kecamatan Cikakak tercatatat angka stunting mencapai 7 persen. Dia berharap gerakan ini bisa terus menurunkan angka stunting di seluruh wilayah Kabupaten Sulabumi, di mana menurut survei mengalami penurunan 0,5 persen.

"Berdasarkan hasil survei kita masih di angka 27 persen. Tapi berdasarkan di lapangan, kelihatannya kita ada di bawah. Mudah-mudahan ini yang benar. Kita turun 0,5 persen. Asalnya 27,5 menjadi 27 persen," ujarnya.

Adapun untuk target penurunan, kata Iyos, pihaknya menargetkan hingga 14 persen. "Target kita ingin 14 persen, sesuai nasional karena tingkat nasional pun hari ini di angka 21 persen. Mudah-mudahan dalam dua (atau) tiga tahun bisa turun jadi 14 persen," jelasnya.

Iyos mengajak seluruh masyarakat aktif mendukung gerakan ini dengan memastikan semua balita dan ibu hamil mengunjungi posyandu secara rutin.

"Kepada seluruh masyarakat, saya minta agar bulan ini gerakan serentak penanganan stunting dijamin kehadirannya. Pastikan semua balita, ibu hamil, dan ibu menyusui rutin mengunjungi posyandu. Masyarakat juga harus mengingatkan sesama untuk aktif dalam mendukung program ini," kata dia. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)
DPRD Kab. Sukabumi28 September 2024, 17:54 WIB

DPRD Sukabumi Turut Berduka, Desak KBRI di Suriah Selidiki Kematian TKW Asal Cikakak

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, meminta KBRI di Suriah agar melakukan penyelidikan terkait penyebab kematian Sri Erni Juniarti (40), seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi
Budi Azhar Mutawali, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)