Perda Sejak 2013, Kurang Personel Hambat Pengawasan Jam Operasional Truk di Sukabumi

Kamis 20 Juni 2024, 12:02 WIB
Truk pasir dan sepeda motor yang terlibat kecelakaan di Jalan Siliwangi, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 19 Juni 2024. | Foto: Istimewa

Truk pasir dan sepeda motor yang terlibat kecelakaan di Jalan Siliwangi, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 19 Juni 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi Asep Sumantri mengatakan keterbatasan personel menjadi salah satu kendala dalam pengawasan jam operasional truk atau angkutan barang. Pernyataan ini disampaikan menyusul dua kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan besar tersebut.

Asep mengungkapkan aturan jam operasional angkutan barang termuat dalam Perda Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Sukabumi. Peraturan daerah tersebut menentukan batas waktu operasional bagi angkutan barang hasil tambang, kontainer, dan angkutan air minum dalam kemasan (AMDK).

Menurut Asep, angkutan-angkutan barang ini seharusnya beroperasi pada malam hari. "Operasional truk mulai pukul 19.00-05.00 WIB. Jadi tidak boleh beroperasi pada jam sibuk pagi dan sore," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Rabu, 19 Juni 2024.

Lebih rincinya, pada Pasal 6 Ayat (3) Perda Nomor 17 Tahun 2013 disebutkan, huruf a) penetapan waktu operasi angkutan barang jenis barang hasil tambang, kontainer, dan angkutan air minum dalam kemasan dari luar daerah yaitu jam 19.00 s.d. 05.00 WIB.

Kemudian huruf b) penetapan waktu operasi angkutan kontainer dan air minum dalam
kemasan dalam daerah yaitu jam 10.00 s.d 16.00 WIB dan 19.00 s.d 05.00 WIB. Lalu huruf c) barang hasil tambang sebagaimana dimakud dalam huruf a, diangkut
dalam kondisi kering. Perda ini berlaku sejak 2 Desember 2013.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kronologi, Daftar Luka Pemotor Wanita di Sukabumi Tewas Terlindas Truk

Asep menyebut Dishub rutin mensosialisasikan aturan itu melalui surat dan pengawasan operasional kendaraan. Pengawasan dilakukan di beberapa titik seperti di wilayah Cibolang, Benda, Jampangtengah, dan Cikembar.

"Bagi kendaraan yang melintas di luar jam operasional, kami tunda operasinya. Namun, keterbatasan personel Dishub dan kurangnya kepatuhan dari pengemudi angkutan menjadi kendala dalam pengawasan," kata dia.

Asep mengungkapkan dalam waktu dekat akan ada razia kendaraan besar yang dilakukan dengan berkoordinasi bersama kepolisian.

Baca Juga: Enam Hari Empat Pemotor Tewas di Jalanan Sukabumi, Dua Terlindas Truk

Diketahui, dalam enam hari terakhir, empat kecelakaan lalu lintas terjadi di jalanan Kabupaten Sukabumi. Tragisnya, empat nyawa melayang dalam rentetan peristiwa tersebut dan seluruhnya adalah pengendara sepeda motor. Dua korban meninggal dunia akibat terlindas truk. Berikut rangkuman kejadiannya:

14 Juni 2024

Laki-laki berinisial MN (50 tahun) tewas terlindas truk di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Lebak Jaya RT 03/07 Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024 sekira pukul 07.00 WIB.

19 Juni 2024

Terbaru, wanita berinisial NHS (33 tahun) tewas di tempat setelah terlindas truk pasir di depan UPTD Puskesmas Cicurug, tepatnya di Jalan Siliwangi, Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 19 Juni 2024 sekira pukul 07.30 WIB.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)
DPRD Kab. Sukabumi28 September 2024, 17:54 WIB

DPRD Sukabumi Turut Berduka, Desak KBRI di Suriah Selidiki Kematian TKW Asal Cikakak

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, meminta KBRI di Suriah agar melakukan penyelidikan terkait penyebab kematian Sri Erni Juniarti (40), seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi
Budi Azhar Mutawali, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)