Telan Dana Rp24 M, Petani Ciracap Minta BBWS Sosialisasikan Perbaikan Irigasi Ciletuh Sukabumi

Rabu 19 Juni 2024, 21:10 WIB
Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Para petani dari lima desa di Kecamatan Ciracap, yaitu Desa Pasirpanjang, Ciracap, Mekarsari, Purwasedar, Cikangkung, dan Gunungbatu, meminta pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS Citarum) Provinsi Jawa Barat dan pelaksana perbaikan Bendung Ciletuh, untuk melakukan sosialisasi adanya perbaikan bendung di wilayah mereka.

Dari informasi yang diperoleh, sebelumnya pada tanggal 21 Mei 2024, pihak BBWS Citarum dan pelaksana kegiatan perbaikan jaringan Irigasi Ciletuh, PT. Sangkuriang Karya Semesta, telah melaksanakan sosialisasi di Desa Cibenda Kecamatan Ciemas, dihadiri Forkopimcam Ciemas dan Ciracap. Nilai perbaikan bendung Ciletuh disebutkan menelan biaya sebesar Rp 24 Miliar, dari APBN.

Para petani menganggap sosialisasi juga perlu dilakukan di wilayah Kecamatan Ciracap dengan pertimbangan bahwa penerima manfaat aliran air irigasi Sungai Ciletuh lebih banyak luas lahannya dibandingkan dengan dua desa di Kecamatan Ciemas, yakni Desa Cibenda, dan Desa Sidamulya.

"Harapan dari para petani agar pihak BBWS Citarum dan PT. Sangkuriang sebagai pelaksana kegiatan perlu mengadakan sosialisasi di Wilayah Kecamatan Ciracap," kata MY (50 tahun) warga Kalapasatangkal, Desa Ciracap, kepada sukabumiupdate.com, Rabu 19/6/2024.

Baca Juga: Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Pertanian di 2 Kecamatan Terancam

MY menjelaskan, sosialisasi sangat penting karena tidak semua petani mengetahui tentang perbaikan irigasi yang sedang berlangsung, yang tentunya bisa mempengaruhi pasokan air yang sangat dibutuhkan petani terutama saat musim kemarau ini, saat ini usia tanam kebanyakan baru 1 bulan. "Petani harus mengetahui bahwa saat ini sedang ada pekerjaan perbaikan jaringan irigasi," jelasnya.

Diketahui, dari data yang diperoleh dari BPP Pertanian Kecamatan Ciracap, luas lahan pertanian yang mengandalkan pasokan air dari Irigasi Ciletuh mencapai kurang lebih 2.072 hektar, sedangkan untuk dua desa di Kecamatan Ciemas, luas lahannya hanya 1.360 hektar.

Kepala Desa Ciracap, Sopandi, atau yang akrab dipanggil Badong, mengatakan bahwa dirinya hadir dalam sosialisasi awal perbaikan Irigasi Ciletuh bersama Mitra Cai di kantor Desa Cibenda. Saat itu ia mengaku mengusulkan kepada BBWS Citarum untuk melakukan sosialisasi di Kecamatan Ciracap.

"Kami mengusulkan untuk melakukan sosialisasi di Wilayah Kecamatan Ciracap agar apa yang menjadi usulan atau keinginan petani bisa langsung disampaikan," terangnya.

"Kami dan Mitra Cai, sudah menyampaikan kepada petani, akan dilaksanakannya perbaikan irigasi," tambahnya.

Baca Juga: Dinas PU Sukabumi dan PUPR Mulai Bergerak Tanggulangi Kerusakan Irigasi Ciletuh

Sementara itu, Kepala Desa Pasirpanjang, Mamat Slamet, mengakui bahwa pihaknya tidak mendapatkan undangan sosialisasi. "Kami tidak hadir karena tidak dapat undangan, padahal saluran Irigasi Ciletuh juga masuk di Wilayah Desa Pasirpanjang dan sangat dekat dengan Desa Cibenda," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa ada sekitar 261 hektar lahan pertanian di Desa Pasirpanjang yang selama ini mengandalkan pasokan air dari saluran Irigasi Ciletuh. "Kurang lebih ada 261 hektar lahan pertanian yang selama ini mengandalkan pasokan air dari saluran Irigasi Ciletuh," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life08 Juli 2024, 18:30 WIB

10 Cara Mengatasi Anak Usia 5 Tahun yang Tidak Mau Sekolah, Begini Langkahnya Bund!

Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.
Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.(Sumber : Freepik.com@pvproductions)
Life08 Juli 2024, 18:00 WIB

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Muharram yang Dianjurkan untuk Umat Muslim

Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi08 Juli 2024, 17:45 WIB

Bertahun-tahun Pinggir Jalan Ruas Jampangtengah-Kiaradua Jadi Pembuangan Sampah Liar

Pemdes setempat kini sudah memasang spanduk larangan buang sampah di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi tersebut.
Sampah menumpuk di pinggir jalan provinsi Kampung Ciembe Desa Padabenghar Jampangtengah Sukabumi. Pemdes setempat pasang spanduk larangan buang sampah. (Sumber : Istimewa)
Film08 Juli 2024, 17:30 WIB

Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection

Connection merupakan drama korea bergenre crime thriller dari SBS yang tayang pada 24 Mei 2024 dan telah berakhir 6 Juli 2024, dengan jumlah 14 episode. Berhasil meraih rating 14,2%
Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection (Sumber : Instagram@/sbsdrama.official)
Entertainment08 Juli 2024, 17:15 WIB

Istri Song Joong Ki, Katy Louise Saunders Dikabarkan Sedang Hamil Anak Kedua

Pada 8 Juli 2024, ada kabar gembira mengenai istri dari aktor Song Joong Ki, Katy Louise Saunders dikabarkan sedang hamil anak kedua dan tengah menanti kelahiran anaknya itu.
Istri Song Joong Ki, Katy Louise Saunders Dikabarkan Sedang Hamil Anak Kedua (Sumber : Istimewa)
Keuangan08 Juli 2024, 17:09 WIB

BPR Sukabumi Ekspansi Kredit ke Pabrik dan UMKM di Parungkuda

Perumda BPR Sukabumi Cabang Parungkuda tengah melakukan ekspansi kredit yang menyasar pabrik dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Parungkuda
M. Ramdan Maulana, Plt Kepala Perumda BPR Sukabumi Cabang Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Musik08 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tersemogakan Keisya Levronka yang Baru Dirilis, Sudah Dengar?

Yuk Intip Lirik Lagu Tersemogakan dari Keisya Levronka yang Baru Dirilis, Sudah Dengar Belum Updaters?
Lirik Lagu Tersemogakan Keisya Levronka yang Baru Dirilis, Sudah Dengar (Sumber : Instagram @keisyalevronka)
Food & Travel08 Juli 2024, 16:40 WIB

Indonesia Banget! Mirip Pasar, Ternyata Ada 20-an Warung di Gunung Gede Pangrango

Jadi selalu sediakan uang cash saat melakukan pendakian agar memudahkan proses transaksi beberapa warung tersebut.
Parorama dan lokasi kamping serta warung-warung makanan dan minuman di sepanjang jalur pendakian gunung gede pangrango (Sumber: @basecamp_gununggedeviaputri & @bbtn_gn_gedepangrango)
Film08 Juli 2024, 16:30 WIB

Ada Sweet Home 3, Berikut 8 Rekomendasi Drama Korea di Bulan Juli 2024

Drama korea yang akan tayang di bulan Juli memiliki berbagai cerita unik dan sudah pasti akan menarik perhatian sampai ramai dibicara begitu tayang. Salah satu drakor yang dinanti pada bulan ini adalah Sweet Home 3.
Ada Sweet Home 3, Berikut Rekomendasi Drama Korea di Bulan Juli 2024 (Sumber : Instagram @/tvn_drama, @/netflixid, @/sbsdrama.official)
Sukabumi08 Juli 2024, 16:25 WIB

Identitas Mayat di Saung Cibadak Sukabumi Dikenali, Makamnya Dipindahkan Keluarga

Makam mayat pria yang ditemukan di saung dekat kebun singkong di Cibadak, Kabupaten Sukabumi akhirnya dipindahkan atas permintaan keluarga.
Selepas makamnya digali, jenazah Odit dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan di Cigombong Bogor. (Sumber : Istimewa)