Korban Berhamburan! Netizen Ingatkan Jam Operasional Truk di Jalur Sukabumi-Bogor

Rabu 19 Juni 2024, 15:05 WIB
Pemotor di Cicurug Sukabumi tewas terlindas ban truk muatan pasir, Rabu pagi (19/6/2024) (Sumber: istimewa)

Pemotor di Cicurug Sukabumi tewas terlindas ban truk muatan pasir, Rabu pagi (19/6/2024) (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Belum sepekan, dua nyawa pemotor melayang tergilas ban truk besar di jalan nasional Sukabumi-Bogor, khususnya di wilayah Cicurug Kabupaten Sukabumi. Netizen beraksi mengingatkan pemerintah daerah dan aparat kepolisian soal aturan jam operasional truk-truk besar tersebut.

Belum sepekan, dua nyawa pemotor melayang dengan bagian tubuh hancur berhamburan tergilas ban truk saat melintas di jalan nasional Sukabumi - Bogor, di kawasan Cicurug. Keduanya tewas di lokasi kejadian, setelah terjatuh dari motor dan akhirnya terlindas ban truk.

Rabu pagi, (19/6/2024) sekira pukul 07.30 WIB, seorang ibu rumah tangga berinisial NHS (34 tahun) tewas terlindas truk pasir saat melintas Jalan Raya Siliwangi Cicurug. Polisi menyebut korban mengendarai sepeda motor Honda Beat bernopol F 6465 UAS yang melaju dari arah Bogor menuju Cicurug.

Sesampainya di tempat kejadian perkara, sewaktu melintasi jalan lurus, diduga hilang kendali motor sehingga korban terjatuh ke sebelah kanan jalan. Pada saat bersamaan, dari arah berlawanan melaju truk Hino muatan pasir yang dikemudikan oleh AF.

"Kendaraan sepeda motor yang dikendarai NHS mengenai bagian samping kanan truk Hino dan terjatuh hingga terlindas oleh truk tersebut," jelas Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Sukabumi, Ipda M Yanuar Fajar.

Akibat kecelakaan ini, NHS meninggal dunia dengan luka parah di bagian kepala, fraktur pada kaki kanan dan kiri, fraktur pada tangan kanan dan kiri, fraktur pada bagian punggung, serta luka jejas pada bagian perut.

NHS merupakan warga Kampung Caringin, Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, namun berdomisili di Perumahan Bumi Mutiara Indah, Desa Babakan Jaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Enam hari sebelumnya, Jumat 14 Juni 2024, pria berinisial MN (50 tahun) tewas terlindas truk di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Lebak Jaya RT 03/07 Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 07.00 WIB.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Sukabumi Ipda M Yanuar Fajar mengatakan kecelakaan berawal ketika MN yang mengendarai sepeda motor Honda Revo nomor polisi F 2437 VT melaju dari arah Cicurug menuju Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Korban kemudian diduga berusaha mendahului truk Hino.

"Korban melintasi jalan lurus dan berusaha mendahului truk Hino dari sebelah kiri jalan," ujarnya.

Fajar menyebut MN tidak dapat menguasai laju kendaraannya saat mencoba mendahului atau menyalip truk. Akibatnya, dia terjatuh ke sebelah kanan jalan dan mengenai bagian ban belakang truk Hino tersebut.

"Akibat kejadian ini, pengendara motor Honda Revo meninggal di lokasi dengan cedera kepala berat," kata dia. MN merupakan warga Kampung Babakan, Desa Babakan Jaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, berstatus wiraswasta.

Dari dua peristiwa terbaru ini, publik khususnya kalangan netizen meminta pihak berwenang untuk memperketat aturan jam operasional kendaraan besar (truk), khususnya di jalan raya Siliwangi Cicurug. Fakta yang disorot adalah waktu kejadian dari peristiwa terbaru, yaitu pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB, saat kawasan itu mulai ramai dengan berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, sekolah, dan pasar.

Netizen mengingatkan pihak berwenang soal aturan jam operasional kendaraan berat di jalan raya. “Korban uda banyak? Pemerintah tutup mata apa gimana ini.. tolong lahh atur lagi regulasi jam operasional mobil2 besar.” tulis pemilik akun ahmadrizal_16 di kolom komentar berita kecelakaan terbaru di Cicurug.

Melansir dari berbagai sumber, pemerintah kabupaten sukabumi sudah memiliki payung hukum yang mengatur jam operasional truk besar, agar tidak beroperasi di waktu jam sibuk (tertentu). Aturan tersebut berlaku untuk lintasan jalur Kabupaten Sukabumi, maupun di ruas jalan raya provinsi hingga jalan nasional.

Baca Juga: Setang Kena Bak Truk, Pemotor Wanita Tewas Terlindas di Cicurug Sukabumi

Kabupaten Sukabumi punya Peraturan Daerah (Perda) 17 tahun 2013 Tentang Pengawasan dan Pengendalian Lalu Liintas dan Angkutan Jalan Umum. Aturan ini, mengatur jam operasional angkutan berat, truk-truk sumbu tiga sumbu.

Dalam aturannya, truk memang dilarang melintas di jam sibuk, khususnya pagi hari. Perda itu mempertegas waktu operasional truk besar, mulai pukul 10.00 WIB sampai sampai pukul 05.00 WIB pagi, setiap harinya.

Disini Dinas Perhubungan diberikan amanat untuk melakukan pengaturan di lapangan. Artinya jika ada kendaraan angkutan barang maupun truk tiga sumbu beroperasi di jam sibuk pagi dan sore hari, Dishub bisa memberhentikan kendaraan tersebut, dan meminta untuk menepi di sejumlah kantong parkir yang tersedia, hingga waktu operasional datang.
di Kabupaten Sukabumi.

Selain itu polisi juga bisa melakukan tindakan penilangan. Terutama pada kendaraan berat maupun truk tiga sumbu yang nekat beroperasi menerobos jalan raya di waktu jam-jam sibuk.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kronologi, Daftar Luka Pemotor Wanita di Sukabumi Tewas Terlindas Truk

Berikut jam operasional kendaraan berat yang diatur dalam Perda 17 tahun 2013 Tentang Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Umum di Kabupaten Sukabumi

Pukul 19.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB : Operasi angkutan barang jenis barang hasil tambang, kontainer dan angkutan air minum dalam kemasan dari luar daerah

Pukul 10.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB : Waktu operasi angkutan kontainer dan air minum dalam kemasan dalam daerah
Barang hasil tambang diangkut dalam kondisi kering

Sedangkan kantong parkir kendaraan berat untuk menunggu waktu operasional berada di Jalur Lingkar Selatan Cibolang, Cisaat dan terminal Benda Cicurug.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)