Petani di Geopark Ciletuh Sukabumi Suarakan Pembangunan Irigasi Curug Awang

Selasa 18 Juni 2024, 09:41 WIB
Curug Awang di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: tripadvisor.co.id

Curug Awang di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: tripadvisor.co.id

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Awang di Geopark Ciletuh Sukabumi, selain memiliki potensi wisata, juga dapat menjadi sumber pengairan untuk lahan pertanian. Curug ini berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

"Kecamatan Ciemas adalah salah satu lumbung pangan di Sukabumi selatan. Demi mengoptimalkan produksi pertanian di Geopark Ciletuh Sukabumi, terutama di Desa Tamanjaya dan Mekarsakti, perlu ada daerah irigasi (DI)," kata tokoh warga setempat, Taopik Guntur, Selasa (18/6/2024).

"Saat ini kita bisa melihat area persawahan di desa tersebut tidak bisa ditanami. Beda dengan persawahan di Desa Ciwaru, masih bisa ditanam karena kebutuhan air dipasok dari aliran irigasi," tambah Taopik yang merupakan calon legislatif (caleg) terpilih.

Taopik menyebut alasan petani ingin ada DI adalah karena selama ini sekitar 1.400 hektare lahan pertanian mengandalkan air hujan. Akibatnya, mereka hanya dapat menanam padi dua kali setahun dan pada masa tanam kedua sering kekeringan.

Baca Juga: Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Ribuan hektare lahan itu juga tidak terjangkau oleh DI Cimarinjung maupun DI Cikanteh yang saat ini sudah terbangun. "Harapan petani ke pemerintah pusat adalah bisa memanfaatkan Curug Awang aliran Sungai Ciletuh sebagai sumber pengairan ke Desa Tamanjaya dan Desa Mekarsakti," ujarnya.

Menurut Taopik, jika dibangun DI dari sumber Curug Awang sekitar empat kilometer, maka seluruh area persawahan di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi akan dapat ditanami tiga hingga empat kali dalam setahun. Ini pun akan menambah jumlah DI.

"Jadi ada tiga daerah irigasi yang mendukung pertanian dan satu bendung Ciletuh yang sedang dalam perbaikan konstruksi menelan biaya kurang lebih Rp 30 miliar. Bendung Ciletuh itu mengairi lahan pertanian di Desa Cibenda, Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, dan beberapa desa di Kecamatan Ciracap. Kami berharap dengan adanya kunjungan Menteri Pertanian ke Geopark Ciletuh bisa melihat dan mendengar kebutuhan petani jangka panjang, bukan hanya seremonial," kata dia.

Diketahui, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menghadiri panen raya jagung dan singkong di lahan food estate, Kecamatan Ciemas, Selasa, 4 Juni 2024. Panen raya ini hasil kerja sama Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pertanian.

"Dulu sempat ada program pipanisasi di Curug Awang yang dilaksanakan Kostrad, namun gagal. Ini aspirasi dan harapan petani di kawasan Geopark Ciletuh kepada pemerintah pusat agar ada pembangunan irigasi dengan anggaran pusat karena tidak bisa mengandalkan APBD Kabupaten Sukabumi," ujar Topik.

Sebagai informasi, kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau lengkapnya Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Arena08 Juli 2024, 20:00 WIB

Petinju Ryan Garcia Dipecat WBC Usai Hina Islam dan Ras Kulit Hitam

Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial.
Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial. (Sumber : Instagram/@kingryan).
Sukabumi08 Juli 2024, 19:51 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor di Warungkiara Sukabumi, Ini Wilayah Terdampak

Berikut wilayah terdampak gangguan air akibat adanya perbaikan pipa utama yang bocor oleh Perumdam TJM Cabang Cikembar di Warungkiara Sukabumi.
Petugas Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cikembar saat memperbaiki pipa utama yang bocor di Warungkiara. (Sumber : Istimewa)
Life08 Juli 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari: Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh.
Ilustrasi Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh. Wanita sedang tidur | Foto : istockphoto.com
Sukabumi08 Juli 2024, 19:15 WIB

Cerita Anak Sebelum Ayahnya Ditemukan Tak Bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi

Berikut cerita anak Odit (74 tahun) pria lansia yang ditemukan tak bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi. Korban dilaporkan sempat hilang sebulan.
Anak korban, Azis (36 tahun) saat diwawancara di pemakaman belakang RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi08 Juli 2024, 19:14 WIB

Tingkatkan Kenyamanan, Dinas PU Sukabumi Perbaiki Jalan Pelita Palabuhanratu

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan di ruas jalan Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu.
Perbaikan di ruas jalan raya Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupatem Sukabumi | Foto : Dok. PU / Ilyas Supendi
Sehat08 Juli 2024, 19:00 WIB

5 Cara Mudah dan Murah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Life08 Juli 2024, 18:30 WIB

10 Cara Mengatasi Anak Usia 5 Tahun yang Tidak Mau Sekolah, Begini Langkahnya Bund!

Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.
Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.(Sumber : Freepik.com@pvproductions)
Life08 Juli 2024, 18:00 WIB

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Muharram yang Dianjurkan untuk Umat Muslim

Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi08 Juli 2024, 17:45 WIB

Bertahun-tahun Pinggir Jalan Ruas Jampangtengah-Kiaradua Jadi Pembuangan Sampah Liar

Pemdes setempat kini sudah memasang spanduk larangan buang sampah di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi tersebut.
Sampah menumpuk di pinggir jalan provinsi Kampung Ciembe Desa Padabenghar Jampangtengah Sukabumi. Pemdes setempat pasang spanduk larangan buang sampah. (Sumber : Istimewa)
Film08 Juli 2024, 17:30 WIB

Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection

Connection merupakan drama korea bergenre crime thriller dari SBS yang tayang pada 24 Mei 2024 dan telah berakhir 6 Juli 2024, dengan jumlah 14 episode. Berhasil meraih rating 14,2%
Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection (Sumber : Instagram@/sbsdrama.official)