Sempat Kejang, Kronologi Bocah 9 Tahun Tewas Diduga Keracunan Makanan di Sukabumi

Rabu 12 Juni 2024, 00:10 WIB
Ilustrasi. Bocah 9 tahun di Sukabumi tewas diduga akibat keracunan makanan. | Foto : Ilustrasi Pixabay

Ilustrasi. Bocah 9 tahun di Sukabumi tewas diduga akibat keracunan makanan. | Foto : Ilustrasi Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang anak perempuan yakni N (9 tahun), meninggal dunia diduga karena keracunan makanan usai mengikuti acara syukuran pra pernikahan salah seorang warga di Kampung Cimanggir RT 002/001 Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Minggu 9 Juni 2024.

Nyawa bocah asal Desa Mekartanjung, Kecamatan Cirugkembar, Kabupaten Sukabumi, itu dikabarkan tak tertolong usai dirujuk ke RSUD Sagaranten pada Senin 10 Juni 2024 malam.

Direktur RSUD Sagaranten Hikmat Gumelar mengatakan, pasien anak tersebut setiba di rumah sakit kondisinya memang sudah memburuk.

"Sempat dibawa ke Rumah Sakit Sagaranten, cuman karena memang kondisinya di awal sempat ke puskesmas dulu. Sebelum ke puskesmas, anak (N) sudah kejang-kejang, Puskesmas kebetulan mungkin saat itu naskesnya juga lagi terbatas, dirujuk ke rumah sakit makin memburuk keadaannya, disini tak tertolong," kata Hikmat kepada awak media, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Status KLB, Dinkes Sukabumi: Korban Keracunan Kasus Sagaranten 122 Orang, 1 Meninggal

Menurut Hikmat, penyebab kematian korban diduga akibat keracunan makanan. Pasalnya, hingga saat ini belum ada laporan yang diterima pihaknya bahwa korban memiliki penyakit penyerta.

"Dugaan (penyebab) memang ada kesamaan gejala (mual, muntah hingga diare), kita menduga dari keracunan makanan tersebut. Hanya saja mungkin entah kondisinya lagi jelek atau gimana, pasien tersebut memang keadaannya juga anak-anak, jadi daya tahan tubuhnya tidak seperti orang dewasa," kata Hikmat.

"Sampai saat ini belum (ada dugaan karena penyakit penyerta) masih diduga karena keracunan makanan," pungkasnya menambahkan.

Baca Juga: Ini Menu Diduga Penyebab Keracunan Makanan di Sagaranten Sukabumi

Sementara itu, Camat Curugkembar Asep Mulyadi mengatakan, bahwa korban meninggal dunia di ruangan UGD RSUD Sagaranten pada Senin 10 Juni 2024 malam sekitar pukul 23.15 WIB.

"Sebelumnya korban dirujuk dari puskesmas Curugkembar sekitar pukul 20.30 WIB ke RSUD sagaranten," kata dia.

Menurut Asep, korban saat ini sudah dibawa oleh keluarga ke Kampung Cikeuyeup Desa Sukakerta Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur untuk dimakamkan.

Adapun terkait update data warga Curugkembar yang jadi korban keracunan massal hingga Selasa (11/6/2024) pukul 22.00 WIB, lanjut Asep, total tercatat berjumlah 56 orang. Dengan rincian 27 orang dirawat di Puskesmas Curugkembar kemudian yang dirujuk ke RSUD Sagaranten berjumlah 10 orang (termasuk yang meninggal).

"Sedangkan yang sudah pulang berjumlah 19 orang. Untuk kondisi mereka yang masih dirawat mulai berangsur angsur membaik, mudah mudahan secepatnya pulih kembali," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik
Sehat05 Oktober 2024, 10:00 WIB

Ternyata Bisa Menjaga Mood! 6 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.
Ilustrasi. Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Sumber : Pexels/Pixabay
Nasional05 Oktober 2024, 09:37 WIB

Survei Indikator: 75 Persen Masyarakat Indonesia Puas terhadap Kinerja Jokowi

Ada penurunan dari survei Indikator Politik terhadap kinerja Jokowi.
Presiden Jokowi di IKN. | Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Inspirasi05 Oktober 2024, 09:00 WIB

Loker Sebagai Waiters di Salah Satu Resto Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sebagai Waiters di Salah Satu Resto Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik)
Nasional05 Oktober 2024, 08:00 WIB

5 Oktober 2024 HUT TNI ke-79, Mengenal Sejarah Kelahirannya dan Tema Tahun Ini

Peringatan HUT TNI mengingatkan kita akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus selalu menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
Dalam peringatan HUT TNI ke-79 ini, TNI terus bertransformasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. (Sumber : kopassus.mil.id.).